Produsen Lain Banyak Ke MPV, Suzuki Happy Dengan Ignis

28/01/2018| Mobilmo.com

Semua produsen otomotif, semua pihak yang berkecimpung dalam industri otomotif di Indonesia dan hampir semua orang tahu kalau Indonesia adalah pasar menggiurkan untuk segmen multi purpose vehicle (MPV). Dalam beberapa tahun mobil muti guna atau mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang itu menjadi primadona dan sangat mendominasi. Persaingan di segmen ini juga cukup ketat. Tahun 2018 awal disaat kebanyakan merek fokus pada mobil penumpang, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) justru meluncurkan varian baru Ignis Sport Edition. Muncul pertanyaan apakah Suzuki tidak lagi fokus pada MPV?

Peluncuran Suzuki Ignis Sport Edition, 26 Januari 2018

Baca : Donny Saputra, selaku Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencoba memberikan tanggapan. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Suzuki bukan soal masalah fokus atau tidak fokus, tapi lebih pada soal strategi. Tiap produsen memiliki strateginya masing-masing dalam berkompetisi. Tidak harus sama satu dengan yang lain. Di saat pasar roda empat sedang gandrung pada MPV, Suzuki tidak harus ngikut meluncurkan MPV. “Tidak sama seperti produsen lainnya, dan tidak harus sama yang lain main apa kita mainnya beda. Strategi peluncuran produk, tipe, segmen itu berbeda beda,” tutur Donny kepada media di sela-sela peluncuran varian baru Ignis di Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Ignis Sport Edition tampak samping belakang

Donny menggambarkan kalau sebuah permainan tidak harus dilakukan pada kolam yang sama sebab titik tumpu tiap merek berbeda-beda. “Kemudian istilah saya titik tumpu masing masing merek berbeda. itu yang mendasari, kenapa kita tidak bermain di kolam yang sama,” tambahnya. Terlepas dari pembahasan soal strategi, peluncuran Ignis Sport Edition menumbuhkan sebuah harapan, Suzuki yakin kalau varian baru Ignis tersebut bakal diterima konsumen Indonesia sebab berbagai ubahan yang dilakukan sudah melalui tahap riset mendalam. “Yakin banget. Yakin bisa diterima dengan baik di konsumen Ignis, karena ubahan yang kita lakukan ini kita dapat dari hasil riset,” tutur Donny.

Suzuki Ignis di pameran otomotif IIMS 2017

Ignis adalah model city car terbaru yang diluncurkan April 2017 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Sukses memikat pengunjung pameran, Ignis juga sukses dalam penjualan. Hingga akhir tahun 2017 penjualan Ignis mencapai lebih dari 14.000 unit. Angka ini sekaligus mengangkat posisi Ignis ke peringkat ke 3 model Suzuki terlaris setelah Ertiga dan Carry Pick Up. Baca :

International