Mitsubishi Bakal Mulai Ekspor Xpander Rabu, 25 April 2018

24/04/2018| Mobilmo.com

Bila tak ada halangan, Mitsubishi Bakal Mulai Ekspor Xpander Rabu, 25 April 2018

Hingga saat ini, peminat terhadap mobil sejuta umat Mitsubishi Xpander masih cukup besar. Antrean yang sudah panjang tetap panjang, konsumen harus menunggu tiga sampai empat bulan untuk memerima kiriman unit yang dipesan.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk memangkas lamanya masa tunggu. Salah satunya dengan meningkatkan volume produksi di pabrik yang sebelumnya hanya 5.000 unit, menjadi 8.000 unit, lalu menjadi 10.000 unit.

Xpander turut memberikan sumbangan besar penjualan Mitsubishi di pameran IIMS 2018

Meski demikian, bukan berarti angka 10.000 unit ditujukan semua untuk pasar domestik. MMKSI memproyeksikan sebagian kecil dari kapasitas produksi untuk dikirim macanegara alias ekspor. Sekitar 25 persen bakal mulai dikirim ke luar negeri yang akan dimulai pada Rabu, (25/4/2018) dengan negara tujuan pertama adalah negara ASEAN.

Baca : Ekspor Xpander Dimulai April 2018, Filipina Jadi Tujuan Pertama

Kaitannya dengan rencana ekspor Xpander oleh MMKSI, apakah itu tidak menimbulkan kekecewaan bagi konsumen yang unitnya belum diterima? Bukankah pasar ekspor belum rampung, mengapa harus ke mancanegara dulu?

Imam Choeru Yahya selaku Head of Sales and Marketing Group PT MMKSI menjawab pertanyaan tersebut di sela-sela pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, apa yang dilakukan MMKSI tentang ekspor Xpander ini sudah diinformasikan kepada publik sejak pertama kali diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 silam di BSD City Tangerang Banten.

"Jadi memang sudah rencana awal kita, awalnya produksi 80.000 itu sekitar 60.000 untuk domestik, dan 20.000 lagi buat ekspor," tutur Imam di Hall A JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, tempat Mitsubishi memamerkan model yang dibawa ke pameran IIMS 2018, Senin (23/4/2018).

Peminat Xpander yang terus mengalir tiap hari bikin antrean makin panjang

Informasi mengenai rencana ekspor Xpander juga selalu disampaikan oleh tenaga penjual di dealer-dealer resmi Mitsubishi di seluruh Indonesia kepada calon pembeli. Hal itu dilakukan agar konsumen mengerti keadaan dan tidak keberatan dengan rencana ekspor ini.

"Memang sudah diagendakan, dan baru sekarang-sekarang ini kita bisa melakukan ekspor. Pasar domestik tetap menjadi prioritas utama kita," tutur Imam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mitsubishi berencana mengeskpor Xpander sejak awal tahun 2018. Namun, karena membludaknya permintaan pasar domestik, rencana itu harus ditunda. Akhir April 2018 jadi waktu Mitsubishi mulai ekspor Xpander dengan Filipina menjadi negara tujuan pertama sebelum ke negara-negara ASEAN yang lain.

Baca juga : Pesanan Dalam Negeri Terus Mengalir, Ekspor Xpander Ditunda

Mitsubishi Xpander sukses menduduki tahta mobil sejuta umat

Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

International