Akankah New Suzuki Ertiga Hadir di Indonesia Tahun Depan?

29/10/2017 | Mobilmo.com

Rivalitas antara beberapa merk mobil jenis MPV di Indonesia memang dirasa semakin ketat. Sejauh ini, Toyota dan Daihatsu dianggap sebagai duo yang menguasai pasaran MPV Indonesia dengan Grand Avanza Veloz, dan juga Xenia. Kedua mobil keluaran perusahaan raksasa Jepang ini telah berhasil menyabet beberapa penghargaan dan juga secara konsisten selalu merajai bursa otomotif. Namun, hal ini tidak membuat Suzuki tinggal diam. Untuk membuktikan kemampuannya dalam bersaing di pasar tanah air, Suzuki dikabarkan tengah menggarap proyek terbarunya, yakni New Suzuki Ertiga. Benarkah kabar tersebut? Jika benar, seperti apa desain dan spesifikasinya? Simak informasi selengkapnya! Benarkah Ertiga Akan Diremajakan?

Memang benar bahwa kabar terbaru dari dunia otomotif Indonesia adalah Suzuki Ertiga akan meluncurkan generasi terbarunya sekitar tahun 2018 mendatang. Seperti yang dikatakan oleh Manager Pemasaran dari PT Suzuki Indomobil Sales yaitu Donny Saputra, tahun ini Suzuki tengah menggarap MPV generasi terbaru  yang rencananya akan turut meramaikan pasaran Indonesia tahun depan. Meskipun tidak mengungkapkan secara detail, Donny membenarkan bahwa Ertiga yang saat ini tengah dikembangkan, akan diluncurkan pada semester pertama tahun 2018. Seperti Apa Tampilannya? Pada tahun 2015 lalu, kendaraan MPV produksi Suzuki ini memang pernah di facelifted. Agaknya Ertiga memang sengaja diberikan beberapa kali peremajaan dan pembaruan desain facelift agar dapat terus eksis di tengah gempuran rival-rival MPV nya yang juga meramaikan pasar Indonesia. Namun, banyak pihak menilai bahwa tampilan mobil model tersebut tidak jauh berbeda dari generasi terakhirnya, dengan tujuh tempat duduk yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012. Bagi yang penasaran dengan tampilannya, sosok dari Suzuki Ertiga model terbaru sebenarnya sudah mulai bermunculan di Internet. Namun, desain tersebut bukanlah gambar yang secara resmi dirilis oleh perusahaan pembuatnya. Gambar-gambar tersebut sebenarnya hanyalah ilustrasi dari pengamat otomotif untuk menjawab rasa penasaran dan antusiasme dari penggemar mobil MPV di tanah air.

Suzuki Ertiga terbaru dikabarkan akan memiliki tampilan yang lebih sporty, dengan beberapa perubahan pada bagian grill depan dan lampunya. Namun untuk konsep, kemungkinan tidak akan ada banyak perubahan. Performa mesinnya juga kemungkinan akan tetap tangguh seperti sebelumnya, minimal menggunakan mesin dengan kapasitas 1400 cc dengan empat silinder. Mampukah Ertiga Bersaing Dengan Avanza dan Xenia? Jika ditinjau kembali, sebenarnya Ertiga merupakan satu-satunya mobil yang berhasil menembus dominasi dari Avanza milik Toyota dan Xenia milik Daihatsu, ketika diluncurkan pertama kali lima tahun yang lalu. Namun, setelah setengah dekade berjalan, popularitas Ertiga dinilai menurun, sehingga pasar kembali dikuasai oleh toyota dan Daihatsu yang secara konsisten mempertahankan popularitasnya.

Mungkin karena inilah Suzuki Ertiga merasa “terdesak” untuk segera memperbaharui penampilan dan performanya, agar dapat terus “hidup” di pasar MPV tanah air. Namun, tantangan juga hadir dari dua rival baru Suzuki Ertiga, yaitu Wuling Confero dan juga Mitsubishi Xpander. Sepertinya, tahun depan merupakan tahun yang istimewa karena penggemar otomotif akan menyaksikan persaingan seru antara mobil-mobil dari perusahaan-perusahaan ternama yang berlomba menunjukkan taringnya di dunia otomotif.