10 Tips Tepat Merawat Mesin Mobil Manual

06/12/2017 | Mobilmo.com

Bagaimana sih cara merawat mesin mobil manual dengan tepat? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin mobil manual. Pada dasarnya mobil manual dikenal sebagai alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik itu dalam bentuk kendaraan pribadi atau bahkan angkutan umum sekali pun. Sebagai alat transportasi yang tidak lepas dari aktivitas harian, tentunya keadaan mesin mobil pun wajib untuk Anda perhatikan, pasalnya jika mesin mengalami masalah maka kendaraan yang Anda miliki pun tentunya tidak akan berumur lama. Untuk itu, agar kendaraan Anda dapat bertahan jauh lebih lama, serta memiliki performance yang bagus, maka cobalah untuk mengikuti beberapa tips tepat dalam merawat mobil manual di bagian bawah ini :

  1. Pengecekan bagian starter mobil

Langkah pertama dalam merawat mesin mobil manual adalah mencoba menyalakan kendaraan tersebut, jika mobil tidak dapat dinyalakan maka dapat dipastikan ada yang bermasalah di dalamnya, baik itu dari suplai pada bahan bakar yang kurang, terdapatnya udara atau bahkan masalah yang ditimbulkan dari bagian filter yang kotor.

  1. Penggantian oli

Penggantian oli secara rutin menjadi hal yang wajib untuk dilakukan, hal ini umumnya dilakukan ketika mobil tersebut telah menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km.

  1. Pengecekan radiator (coolant)

Radiator berfungsi sebagai penetral panas pada mesin mobil. Karena itulah pastikan untuk selalu memeriksa bagian yang satu ini, pasalnya jika radiator berada dalam keadaan kosong, maka mesin pun akan mengalami overheat dan menjadikan mobil rusak.

  1. Melakukan pembersihan filter karburasi

Jika mobil sulit untuk dinyalakan, maka periksalahan filter karburasi yang dimilikinya, dan pastikan untuk membersihkan bagian tersebut, sehingga kotoran yang menempel dapat dilepas dengan mudah.

  1. Pengecekan timing belt

Timing belt yaitu bagian yang berfungsi dalam meneruskan roda gigi menuju bagian internal mesin. Karena itulah jika mobil menghasilkan suara bising, maka dapat dipastikan bahwa mobil tersebut mengalami kerusakan di bagian timing belt yang dimilikinya.

  1. Pemeriksaan knalpot

Pemeriksaan knalpot menjadi bagian wajib pasalnya knalpot membantu pembuangan gas sisa yang dihasilkan oleh kendaraan.

  1. Penggantian spare part

Jika kendaraan yang Anda miliki mengalami kerusakan pada beberapa komponen yang dimilikinya, maka pastikanlah untuk segera menggantinya dengan menggunakan spare part original. Selain dikenal lebih berkualitas, spare part yang original tentunya lebih sesuai dan tahan lama untuk digunakan.

  1. Penarikan gas yang dilakukan dengan sangat kuat

Memacu mobil yang Anda miliki dengan kecepatan tinggi dipercaya mampu menghilangkan kerak-kerak yang terdapat di bagian dalamnya. karena itulah tidak ada salahnya untuk memacu kencang mobil Anda untuk beberapa saat.

  1. Tune up yang dilakukan secara rutin

Proses tune up berkaitan dengan pemeriksaan mesin mobil manual secara utuh, hal ini sebaiknya Anda lakukan secara rutin di bengkel resmi yang dimilikinya, sehingga pemeriksaan pun dapat dilakukan dengan lebih tepat.

  1. Tangki bensin yang dipenuhi  

Hal yang satu ini kerap kali dianggap sepele. Namun kebiasaan orang yang tidak mengisi penuh tangki bensin yang dimilikinya justru akan menimbulkan kerak atau pun kotoran pada bagian yang tidak terkena cairan bensin, karena itulah sebaiknya Anda biasakan untuk mengisi bensin dengan penuh bagi kendaraan atau mobil manual yang Anda miliki.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari 10 tips tepat dalam merawat mesin mobil manual yang dapat Anda ikuti dan coba lakukan dengan lebih mudah.