Spesifikasi Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021 : Tipe Termurah Bisa Jadi Pilihan

27/05/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Segmen mobil SUV (Sport Utility Vehicle) menjadi salah satu penyumbang penjualan pihak APM mobil di Indonesia. Oleh sebab itu dari pihak produsen mobil menghadirkan mobil terbarunya dalam segmen SUV. Salah satunya adalah Toyota yang menghadirkan Raize dengan beberapa pilihan tipe dapat dipilih. Adapun salah satu keunggulan yang dimiliki adalah penggunaan turbo padahal mesinnya tergolong kecil.

Mobil ini merupakan kembaran dari daihatsu Rocky, tidak dipungkiri bahwa kedua mobil tersebut sama seperti sebelumnya yakni kolaborasi Toyota-Daihatsu. Pada segmen kali ini Kami akan membahas mengenai Toyota Raize 2021 untuk tipe terendahnya yakni Raize G 1.0 M/T One Tone. Dengan harga termurah tentunya dibandingkan lainnya dari segi fitur yang diberikan terbilang kalah. Daripada penasaran, mari kita simak ulasan lengkapnya.

2. EKSTERIOR TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Sisi Depan Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Wajah gahar seakan siap menerjang apa yang ada didepannya

Pada saat melihat bagian depan ketangguhan akan tampak dengan sudut yang tegas. Dimana grill yang diberikan mengandalkan desain trapesium yang saat ini seakan sudah menjadi corporate identity pada mobil besutan Toyota. Headlamp mengandalkan LED crystal multi reflector dipadukan dengan penggunaan fog lamp model halogen. Sementara di bagian bumper juga tampak menarik dengan adanya lubang udara yang menyatu dengan grille.

Sisi Samping Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Gambar ini menunjukkan sisi kanan dan depan Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Tidak terlalu banyak aksen krom yang diberikan

Menuju ke sektor samping, di bagian atas sudah diberikan talang air yang sangat berguna di musim hujan. Sementara window list menggunakan warna hitam belum diberikan aksen warna krom. Spion sewarna dengan bodi yang sudah diberikan lampu sein. Aksen krom akan ditemukan pada handle pintu yang sudah diberikan akses smart key pada 2 pintu bagian depan.

Krom lainnya di sisi samping pada bagian fender depan tepatnya emblem tulisan TURBO. Over fender menggunakan warna hitam doff yang menjadi ciri khas untuk sebuah crossover. Sebagai sebuah SUV, ground clearancenya tergolong tinggi yakni 200 mm. Roda menggunakan pelek ukuran 17 inci two tone polis dipadukan dengan ban berprofil 205/60 R17.

Sisi Belakang Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Tampilan gahar dan sporty berkat desain yang diberikan

Sektor belakang tampilan cukup menarik dan gagah. Bagian atas terdapat Shark Fin, rear spoiler  dan High Mount Stop Lamp. Rear defogger belum diberikan tapi rear spoiler sudah ada. Untuk desain lampu belakang adalah LED bar dengan lampu sein paling luar. Aksen krom terdapat pada logo Toyota, emblem tulisan Raize, G dan ada juga emblem tulisan 50. Kemudian lampu plat nomor mengandalkan bohlam dan terdapat kamera mundur di bagian bawah logo Toyota.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Kabin Depan Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Kabin modern buat tidak mudah bosan ketika memandangnya

Ketika masuk ke bagian interior akan dihadapkan dengan tampilan yang modern. Dengan penggunaan konsol tengah yang dibuat sedikit maju dapat difungsikan sebagai sandaran untuk tangan. Layar MID dapat memberikan informasi yang berhubungan dengan aktivitas kendaraan seperti speedometer, tachometer, sisa bahan bakar dan lainnya.

Bahan dashboard adalah hard plastik, head unit layar sentuh yang dapat digunakan untuk mengiperasikan radio, audio, USB, Bluetooth dan T-Link. Di bagian kisi-kisi AC terdapat list silver dipadukan dengan AC model digital berjejer dengan tombol start/stop button. Terdapat pula power outlet 12V dan  pengisi daya 2,1 A. Di bagian kiri  terdapat laci penyimpanan tertutup, airbag, kisi-kisi AC dan cop holder yang dapat disembunyikan. Pada bagian atapnya terdapat sun visor kiri dan kanan sudah ada kaca. Lampu baca menggunakan bohlam dan di dekatnya terdapat indikator passenger seat belt.

Kemudi mobil menggunakan warna hitam, silver dan krom di bagian logo Toyota. Mengandalkan 3 palang dengan pengaturan hanya Tilt saja. Tombol di kemudi adalah audio steering switch pada bagian kiri dan kanan. Radius putar yang dimiliki adalah 5.1 m. Di bagian kanan terdapat tombol stability control dan juga cup holder yang dapat disembunyikan. Sedangkan untuk Power Window yang sudah auto untuk sisi pengemudi saja. Spion sudah menggunakan elektrik mirror dan elektrik retract serta auto folding.

Jok Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Gambar ini menunjukkan jok Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Jok nyaman ketika diduduki baik untuk baris belakang

Pada bagian jok mobil mengandalkan fabrik yang mempunyai aksen warna merah. Headrest adjustable yang dapat diatur ketinggian sehingga dapat disesuaikan dengan postur pengemudi. Bahan jok mobil adalah fabric yang nyaman saat diduduki. Kapasitas penumpang 5 orang termasuk pengemudi dengan kabin belakang cukup lega baik dari segi headroom ataupun legroom. Jok belakangnya tidak memiliki aksen warna merah seperti jok depan, akan tetapi untuk headrest terdapat 3 buah adjustable.

Bagasi Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Sebagai SUV 5 penumpang, kabin yang dimiliki cukup lega. Apalagi saat jok belakang dilipat, tentunya barang bawaan bisa lebih banyak. Di bagasi ini terdapat lampu bagasi dan tempat penyimpanan toolkit di sebelah kanan. Pada lantainya dapat diturunkan sehingga lebih dalam, bisa juga dipasangkan di atas rata dengan lantai. Ban serep berada di bagasi mobil di bawah lantai yang tertutup.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Fitur cukup mendukung kenyamanan berkendara meskipun tipe termurah

Salah satu fitur wajib pada mobil baru keluaran 2021 adalah APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Mobil ini juga sudah dibekali APAR dengan posisi di depan jok penumpang depan yang ditata dengan rapi. Sebagai hiburan terdapat head unit yang bisa juga digunakan sebagai layar melihat belakang melalui kamera mundur. Head unit nya ini dapat digunakan untuk mengoperasikan radio, T-Link, M-Toyota, USB dan Audio yang bisa dihubungkan melalui Bluetooth.

Berhubungan dengan keamanan dan keselamatan, mobil Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021 telah dibekali dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Fitur lain yang diberikan adalah Vehicle Stability Control, Hill Start Assist dan Seatbelt Warning. Adapun fitur lain yang diberikan adalah Dual Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Terdapat pula Rear Parking Camera, Rear Parking Sensor, Alarm dan Immobilizer.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel : MPV Keluarga Bisa Dukung Aktivitas Keseharian

5. OPERASI TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021

Mesin gunakan turbo buat performanya mumpuni

Di bagian mesin Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021, pihak Toyota memberikan mesin berkode 1KR-VET dengan 3 silinder Turbo In-line 12 Valve DOHC with VVT-i. Mesin tersebut mempunyai kapasitas 998 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 98 Ps dan torsi puncaknya adalah 14.3 Kgm. Mesin tersebut berpadu dengan penggunaan tangki yang mempunyai kapasitas 36 liter dengan sistem bahan bakar EFI (electronic Fuel Injection). Salah satu keunggulan dari mobil ini adalah dengan kapasitas 998 cc tapi telah dibekali dengan turbo. Transmisi yang digunakan adalah manual 5 speed berpadu dengan penggunaan suspensi MacPherson Strut bagian depan dan belakang Torsion -Beam.

>>> Lihat Juga, Spesifikasi Toyota Kijang Innova G Luxury Facelift AT 2020 : Mobil Dengan Captain Seat Buat Penumpang Nyaman 

6. SPESIFIKASI TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021:

DIMENSI

Panjang

4030 mm

Lebar

1.710 mm

Tinggi

1.635 mm

Ground Clearance

200 mm

Jarak Pijak Depan

1.475 mm

Jarak Pijak Belakang

1.470 mm

Wheelbase

2.525 mm

HANDLING & SUSPENSI

Sistem Rem Depan

15' Ventilated Disc Brake

Sistem Rem Belakang

Leading - Trailing Drum Brake

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion - Beam

Ukuran Ban

205/60R17

MESIN

Tipe

1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i

Daya Maks

98 Ps/ 6000 Rpm

Torsi Maks

14.3 Kgm/ 2400 – 4000 Rpm

Kapasitas Silinder

998 cc

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection (EFI)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Menggunakan mesin kecil tapi sudah dibekali dengan turbo

Setir hanya dapat diatur Tilt saja

Tampilan gagah dan juga modern baik di eksterior maupun interior

Head unit belum support Apple CarPlay dan Android Auto

Tipe terendah tapi fitur hiburan cukup mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Apabila berbicara soal harga, yang kami informasikan adalah dari laman resmi Toyota. Nah harga Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021 adalah Rp. 219.900.000 per Mei 2021. Dimana setiap kota kadang terdapat perbedaan sedikit karena dipengaruhi beberapa faktor, begitupun dengan program promo yang diberikan.

9. VIDEO TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

10. KESIMPULAN TOYOTA RAIZE G 1.0T M/T ONE TONE 2021

Bagi Sobat yang ingin mempunyai sebuah SUV dengan dimensi bodi yang lebih kecil dibandingkan Toyota Rush maka Raize jawabannya. Sama-sama besutan Toyota dengan harga yang kompetitif. Apalagi dengan turbo yang diberikan membuat performanya mumpuni siap untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Dari segi tampilan juga tidak kalah modern dengan para pesaingnya. Ketangguhan dan desain sporty dipadukan sehingga terlihat lebih maskulin. Bagaimana, apakah Sobat tertarik dengan mobil Toyota Raize G 1.0T M/T One Tone 2021?

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International