Review Toyota HiAce Premio 2019

30/09/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Toyota HiAce tentu sudah tidak asing bagi Anda pecinta otomotif mini-van. Model mobil ini selalu mengedepankan ukuran muat banyak dan tentunya hal ini masih terlihat dari generasi awal sampai saat ini.

Foto Toyota Hiace 1967 - generasi pertama Toyota Hiace

Toyota HiAce generasi pertama, diproduksi mulai 1967

Di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 BSD, TAM menunjukkan Toyota HiAce Premio 2019 ke publik dengan tampilan yang lebih modern, elegan dan tentunya dilengkapi dengan banyak kelebihan. Sekarang ini, konsep mini-van dari Toyota HiAce lebih mendekati mini-bus, tapi dengan tampilan kombinasi antara All Purpose Vehicle (APV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV) jika dilihat sekilas saja dari luar.

Saat pertama kali meluncur di Jepang pada Maret 2019, mobil menjadi sangat populer untuk dipakai untuk tujuan traveling dan sebagai car house. Banyak artis yang menggunakan mobil ini mengisinya dengan berbagai perlengkapan tour. Jadi mereka tidak perlu pulang ke rumah untuk mengambil perlengkapannya. Sebagai rumah kedua, mobil ini bisa jadi alat transportasi yang baik bagi Anda yang sering berpergian jarak jauh.

Foto Toyota Hiace Premio 2019 saat tampil di GIIAS 2019

Toyota HiAce generasi kelima, makin modern

2. EKSTERIOR TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Toyota HiAce Premio 2019 bisa dibilang mendapatkan upgrade tampilan yang paling drastis daripada banyak mobil mini-van dan mini-bus di pasaran. Tampilan pada mobil ini lebih menekankan bentuk elegan dan juga tampilan yang mewah. Sebagian bodi dari mobil ini diberi sentuhan chrome agar terlihat lebih mengkilap dan juga premium.

Mobil ini sudah sangat berbeda tampilannya dari model Toyota HiAce H200 yang sebelumnya beredar di pasar Indonesia. Perbedaan tampilan ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Untuk memastikan Anda lebih mengerti tentang perbedaan eksteriornya, mari melihatnya dari beberapa sisi yang berbeda!

Eksterior Toyota HiAce Premio 2019 : Bagian Depan

Foto menunjukkan bagian depan Toyota Hiace Premio 2019

Tampilan Toyota HiAce Premio lebih menarik dibanding versi sebelumnya

Untuk mendapatkan tampilan mobil yang seakan–akan kelas atas, Toyota memasang grill dan bumper yang lebih besar. Selain itu, bumper dan grill ini memiliki outline yang tegas layaknya mobil limosin. Di beberapa detail tampilan depan ini, Anda juga bisa melihat penggunaan lempengan chrome yang memantulkan cahaya dan gambar layaknya cermin.

Bentuk tampilan depan mobil ini sepertinya dibuat lebih kotak – kotak dengan kontras sudut yang jelas. Walaupun begitu, tampilan mobil ini tetap terlihat modern karena ada sentuhan detail yang membuatnya terlihat mulus di beberapa sisi. Penggunaan lampu yang besar dengan detail reflector membuatnya seakan – akan memiliki berlian di dalam lampu ini.

Eksterior Toyota HiAce Premio 2019 : Bagian Samping

Foto Toyota HiAce Premio 2019 tampak dari samping

Toyota HiAce Premio meletakkan mesin di bagian depan sehingga mobil tambah panjang

Karena mengambil konsep elegan dan mewah, tampilan samping dari Toyota HiAce Premio 2019 ini memiliki gaya minimalis. Walaupun terkesan datar, beberapa outline seperti pintu, kaca dan juga rail pintu geser memberikan detail yang cukup untuk membuat tampilan tidak monotone.

Dari samping, Anda akan melihat jelas tampilan mobil mini-van ini mirip dengan limosin. Dimensi panjang dari mobil ini tentunya sengaja dibuat agar orang – orang nyaman mengendarai mobil ini. Walaupun panjang, posisi roda sudah diposisikan agar lebih stabil. Posisi roda ini juga cukup seimbang dan tentunya membuat tampilan tidak terlalu aneh, mengingat beberapa mini-van terlihat ganjil dengan roda kecil tapi ukuran mobilnya panjang.

Eksterior Toyota HiAce Premio 2019 : Bagian Belakang

Foto Toyota HiAce Premio 2019 tampak dari belakang

Toyota HiAce Premio 2019 tampak besar dilihat dari belakang

Sama seperti tampilan samping, Anda akan melihat konsep minimalis pada bagian belakang. Di belakang, Anda hanya akan melihat posisi lampu yang lebih vertikal dan memeluk sisi luar eksterior mobil ini. Selain itu, detail lain yang cukup menarik terlihat pada bagian – bagian chrome yang digunakan untuk memberi detail yang lebih premium. Kombinasi desain minimalis dan sentuhan detail ini membuat bagian belakang Toyota HiAce Premio 2019 terkesan mewah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

 

 

 

3. INTERIOR TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Eksterior dari mobil ini terlihat minimalis namun modern, namun Anda akan mendapatkan kesan berbeda jika melihat interiornya. Sepertinya pihak Toyota lebih mengedepankan interior Toyota HiAce Premio 2019 untuk memberikan value lebih bagi para pembelinya dari pada desain mewah. Mari bahas bersama satu per satu bagian interior mobil ini agar dapat menilai lebih jelas tentang mobil ini!

Interior Toyota HiAce Premio 2019 : Kabin

Foto kabin depan Toyota HiAce Premio 2019

Kabin Toyota HiAce Premio 2019 punya kombinasi 3 warna

Bagian kabin dari mobil ini tentu saja luas, tapi hal yang paling mencolok adalah tampilannya. Mobil ini memiliki sentuhan warna 3 jenis yaitu abu – abu, krem dan juga hitam. Kombinasi warna ini tentu memberikan nuansa minimalis tapi mewah dan elegan. Bagian sisi kanan dan kiri pada kabin juga dilengkapi bantalan busa di beberapa tempat untuk membuat para penumpang lebih nyaman.

Interior Toyota HiAce Premio 2019 : Dashboard dan Setir

Foto Dashboard Toyota HiAce Premio 2019

Tidak terlalu banyak tombol di bagian dashboard

Selanjutnya mari melihat area dashboard dan area kemudi. Untuk area setir, tampilan pengendali mobil ini masih tergolong sederhana tanpa ada tombol fitur apapun. Begitu pula dengan area dashboard, tidak ada head unit touch screen bawaan pabrik. Walaupun begitu Anda bisa menambahkan sendiri sesuai pesanan. Untuk hal yang ada secara basic, Anda hanya akan melihat beberapa control panel untuk AC dan juga laci yang tentu sangat standar.

Interior Toyota HiAce Premio 2019 : Jok/Kursi

Foto konfigurasi kursi Toyota HiAce Premio 2019

Muat penumpang penuh pun kabin Toyota HiAce Premio 2019 masih lapang

Pada mobil ini, kursi bisa dilepas dan disesuaikan sesuai kebutuhan. Untuk bentuk yang standar, semua kursi penumpang disusun secara baris layaknya pada bus dengan maksimal penumpang 11. Tapi dari segi kualitas material, tempat duduk ini tentunya lebih nyaman. Setiap kursi juga memiliki alat pengatur masing – masing untuk menyesuaikan posisi duduk.

Bagi Anda yang menginginkan tampilan lebih mewah lagi, Anda bisa memesannya sendiri konfigurasi yang diinginkan, termasuk kapasitas maksimal yang Anda inginkan.

Interior Toyota HiAce Premio 2019 : Bagasi

Foto Bagasi Toyota HiAce Premio 2019

Bagasi Toyota HiAce Premio 2019 bisa diakses dengan mudah karena bukaan pintu yang sangat besar

Ruang bagasi Toyota HiAce Premio 2019 bisa dibilang lebih vertikal dibandingkan horizontal. Walaupun terkesan sempit jika semua jog diisi, Anda perlu ingat bahwa bagian kursi ini bisa dilepas dengan mudah. Jika perlu tempat menyimpan barang yang lebih luas, tentu bagasi ini bisa dibuat lebih besar sesuai kebutuhan.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Jika eksterior dan interiornya sudah cukup menarik, apa Toyota HiAce Premio 2019 juga dibekali fitur keselamatan dan kenyamanan yang oke? Mari lihat bersama apa yang ditawarkan Toyota pada mobil ini!

Fitur Toyota HiAce Premio 2019 : Fitur Keselamatan

Ilustrasi Fitur keselamatan Toyota HiAce Premio 2019 - ABS

Ada sistem ABS, pengereman jadi lebih aman

Untuk fitur keselamatan pada Toyota HiAce Premio 2019, Anda akan mendapatkan alat modern seperti air bag yang sudah standar. Selain itu pada setiap kursi sudah dilengkapi sabung pengaman individu yang tentunya membantu keselamatan penumpang.

Keselamatan juga dipastikan dengan memasang Supplemental Mirror yang memperluas pandangan pengemudi. Selain fitur pengendara ini, Anda juga mendapatkan Telescopic & Tilt untuk ruang penyimpanan tambahan di bagian depan. Tempat ini bisa dijadikan tempat alat darurat saat ada kejadian yang tidak diinginkan.

Fitur keamanan berikutnya lebih berfokus pada fitur keamanan aktif yaitu Vehicle Stability Control (VSC). Fitur ini memberikan alat pengaman otomatis yang aktif saat Anda mengontrol rem. Jika aktif, alat ini akan mengatur rem pada roda secara individu. Alat ini akan membantu Anda saat mengalami understeer atau oversteer.

Fitur lain tentunya memastikan keamanan Anda adalah Anti-lock Braking System (ABS) dan Hill-Start Assist (HSA). Kombinasi semua sistem keamanan ini, memastikan Anda aman berkendara jarak jauh dengan Toyota HiAce Premio 2019 ini.

Fitur Toyota HiAce Premio 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto Setir Toyota HiAce Premio 2019

Toyota HiAce Premio 2019 minim fitur hiburan

Sayangnya semua fitur keamanan ini tidak disamai dengan fitur hiburannya. Untuk kebutuhan ini, Anda tidak mendapatkan sistem audio ataupun layar panel media. Tentu Anda bisa menginstall hal ini dengan biaya tambahan, tapi jika beli baru Anda tidak akan mendapatkan fitur hiburan apapun.

>>> Cetak SDM Berkualitas, 63 Siswa Lulus Dari Toyota Indonesia Academy

5. OPERASI TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Foto menunjukkan Mesin Toyota HiAce Premio 2019

Untuk performa, mesin yang dipakai Toyota HiAce Premio 2019 cukup mumpuni

Saat Anda mengendarai mobil ini, Anda akan mendapatkan respon yang baik. Karena Toyota HiAce Premio 2019 menggunakan 1GD-FTV 4 silinder, tenaga yang keluar dari mesin ini tentunya membuat mobil memiliki akselerasi cepat dan lembut.

Mobil ini sayangnya hanya tersedia dengan transmisi manual. Walaupun begitu alasan penggunaan transmisi ini adalah untuk memastikan konsumsi bahan bakar tetap rendah. Menurut informasi yang didapat dari Marketing Director Toyota-Astra Motor menyatakan akan ada kemungkinan mobil ini mendapatkan transmisi auto saat solusi pengurangan konsumsi bahan bakar bisa diselesaikan.

Mobil ini lebih fokus pada mobil penumpang, jadi tidak heran pengalaman berkendara di tempat duduk belakang mobil ini sangat baik. Selain tidak bising dan getaran terasa minimal, mesin yang halus memastikan Anda tidak akan terganggu walaupun kendaraan sedang dipacu cepat.

>>> Sudah Punya MPV dan SUV, Wuling Segera Bawa LCGC?

6. SPESIFIKASI TOYOTA HIACE PREMIO 2019

 

DIMENSI

Panjang

5916 mm

Lebar

1950 mm

Tinggi

2280 mm

Jarak sumbu roda

3860 mm

Radius putar

6,5 m

MESIN

Tipe

4 Cylinder, In-Line, 16-valve DOHC with VNT Intercooler

Kapasitas silinder

2755 cc

Tenaga maksimum

161 hp (163 PS) @ 3.600 rpm

Torsi maksimum

450 Nm @ 1.600-2.200 rpm

Bahan bakar

Diesel

Sistem bahan bakar

Common Rail, Direct Injection

Transmisi

Manual 6 Percepatan

KAKI-KAKI

Sistem penggerak roda

Penggerak roda belakang / Wheel Drive (RWD)

Sistem kemudi

Electric Power Steering

Suspensi depan

Machperson strut (coil)

Suspensi belakang

Torsion Beam dengan Leaf Spring

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang

Cakram ventilasi

Ukuran ban

235/65R16C

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Kelebihan Kekurangan
Kabin luas dan cukup banyak penumpang Fitur hiburan minim, bahkan bisa dikatakan zonk untuk mobil dengan harga setengah miliar
Tampilan minimalis, terasa mewah dan elegan dari luar Meski tak bisa dibilang jelek, desain interior relatif standar
Fitur keamanan cukup baik dan tentunya membuat penumpang menjadi sangat aman Bahan plastik pada dashboard membuat Anda harus meluangkan perawatan lebih jika ingin tampilan selalu mewah.
Tenaga cukup besar dan lancar dalam akselerasi Radius putar panjang

8. DAFTAR HARGA TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Foto Toyota HiAce Premio 2019 tampak dari samping depan

Dibanding minibus lain, Toyota HiAce Premio 2019 lebih layak digunakan sebagai kendaraan travel

Toyota HiAce Premio 2019 adalah satu-satunya varian HiAce yang dijual di Indonesia. Oleh Toyota Astra Motor (TAM) mobil ini dijual dengan harga Rp 516.600.000 On The Road DKI Jakarta (September 2019). Untuk wilayah dan waktu yang berbeda, harga bisa saja berbeda atau lebih mahal.

9. VIDEO TOYOTA HIACE PREMIO 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA HIACE PREMIO 2019

Dari bahasan di atas, Anda tentu sudah tahu gambaran dari mobil ini. Toyota HiAce Premio 2019 lebih ditujukan untuk penggunaan banyak penumpang ataupun keperluan berkendara jarak jauh. Untuk penggunaan sehari-hari dalam kota atau dengan sedikit penumpang, mobil lain tentu lebih baik. Satu saran jika Anda membeli mobil ini, segera install beberapa fitur hiburan agar Anda dan penumpang tidak kesepian.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • 03/10/2019 | Abdul

    Review Toyota Alphard 2015 : Mobil MPV Premium Untuk Keluarga Indonesia

    Ketika mendengarkan MPV (Multi-purpose Vehicle), apa yang bakal terbayang dalam benak Sobat? Ya, mobil berbodi bongsor dengan kapasitas besar. Spesifikasinya yang mumpuni pun membuat MPV jadi salah satu jenis mobil yang difavoritkan masyarakat Indonesia, terutama bagi target yang membutuhkan family car. Toyota Alphard 2015 adalah satu dari sekian MPV dengan reputasi terbaik di Tanah Air. Berikut kami ulas Spesifikasi Toyota Alphard 2015.

  • 02/10/2019 | Fatchur Sag

    Review Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

    Jika Anda butuh MPV untuk keluarga dengan tampilan menarik dan juga fitur yang cukup lengkap, Toyota Sienta bisa jadi pilihan. Toyota Sienta versi 2019 memiliki penampilan paling menarik daripada generasi sebelumnya. Selain itu model Toyota Sienta Q CVT merupakan model paling premium dan transmisi CVT adalah transmisi otomatis paling populer saat ini di pasaran.

  • 02/10/2019 | Abdul

    Review Toyota Agya 2016 : City Car Kekinian Dengan Harga Terjangkau

    Dominasi Toyota yang cukup kuat di Indonesia tak terlepas dari produk-produknya yang berkualitas. Di kategori LCGC mereka berani meluncurkan Toyota Agya. Hasilnya pun tak mengecewakan, sebab Agya berhasil menjadi salah satu mobil ramah lingkungan dengan angka penjualan tinggi. Lantas apa saja spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Toyota Agya 2016 yang membuatnya sukses menarik perhatian?