Review Toyota Etios Valco G 2013: Sudah Tak Dijual, Tapi Masih Jadi Incaran

31/05/2019 Franky Pratama Review Toyota

Bagi Anda yang mengikuti jejak mobil Hatchback di Indonesia, tentu sudah tak asing lagi dengan Toyota Etios Valco. Mobil mungil dengan performa Handling lincah dan sudah memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Namun sayang, takdir berkata lain, mengingat mobil berharga terjangkau seperti Low Cost Green Car (LCGC) semakin memadati Tanah Air, membuatnya mundur. Meski begitu, ada hal penting akan kelebihannya yang menarik diketahui dalam review Toyota Etios Valco G 2013.

1. PENGANTAR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Review Toyota Etios Valco G 2013 - Di negara asalnya, Toyota Etios hadir dalam dua Line-Up yakni sedan empat pintu dan Hatchback. India adalah negara pertama yang merasakannya di tahun 2010, dilanjutkan di Brazil pada tahun 2012 dan kemudian Indonesia setahun setelahnya.

Nama Etios sendiri terinspirasi dari kata Yunani “Ethos” yang dimaknai sebagai semangat, ide dan karakter. Itulah setidaknya harapan Toyota terhadap Etios. Perlu diketahui juga bahwa namanya memiliki sebutan berbeda seperti Etios Liva di India dan Etios Valco di Indonesia.

Selama prosesnya, takdir berbicara lain. Toyota Etios Valco hanya bertahan selama 5 tahun saja di Indonesia, bersamaan dengan PT. Toyota Astra Motor (TAM) yang menghentikan penjualannya di Januari 2018.

Toyota Etios Valco berdiri sebagai Hatchback ringkas yang memiliki harga lebih terjangkau dari Toyota Yaris

Toyota Etios Valco hanya bertahan selama 5 tahun

Memang tak dipungkiri, Toyota Etios Valco berada di bawah kakaknya yakni Toyota Yaris. Kala itu, masyarakat Tanah Air yang menginginkan Hatchback namun tidak memiliki dana lebih, Toyota Etios Valco dirasa mampu menjawab hal tersebut. Harga barunya dipatok Rp. 150 jutaan, selisih jauh dengan Toyota Yaris yang berada di angka Rp. 250 jutaan.

Kehadiran segmen baru yakni mobil LCGC, yang notabene berdiri di bawah Rp. 150 jutaan, membuat Toyota Etios Valco tak bisa bersaing ketat. Tercatat ada beberapa pesaing yakni Datsun Go, Honda Brio, Daihatsu Ayla hingga Suzuki Karimun Wagon R. Menanggapi hal tersebut, akhirnya Toyota memberhentikan penjualan Etios Valco dan lebih menonjolkan adiknya yakni Toyota Agya, sebagai sesama Hatchback.

Meski penjualan sepanjang tahun 2017 hanya tercatat 655 unit, hal tersebut dinilai cukup positif. Setidaknya, mobil Hatchback satu ini masih diminati oleh masyarakat Tanah Air. Memang tak dipungkiri, jika berbicara masalah Handling, mobil satu ini memiliki performa sangat baik. Tertarik untuk membelinya? Ada baiknya Anda memahami lebih dulu akan kelebihannya dalam review Toyota Etios Valco G 2013.

2. EKSTERIOR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Perlu diketahui, model satu ini menawarkan tiga pilihan yakni Etios Valco E, G dan TOM’S. Namun, di artikel review kali ini, Mobilmo akan membahas lebih dalam mengenai varian G. Alasannya cukup sederhana, karena tipe G sudah menghadirkan fitur lengkap, sedangkan versi TOM’S hanya mendapat ubahan dari sisi eksterior saja. Berikut penilaian kami terhadap desain eksterior Toyota Etios Valco G 2013.

Review Toyota Etios Valco G 2013: Eksterior Depan

Jika diamati dari wajah depannya, tampilan Etios Valco G terasa cukup mewah. Hal ini bisa diamati dari segi Grille dengan dua palang krom, menyambungkan dua lampu utamanya, Multireflector Halogen. Tambahan menarik juga hadir dari fitur Fog Lamps alias lampu kabut, yang belum dimiliki oleh varian terendahnya, Etios Valco E.

Eksterior Depan Toyota Etios Valco G 2013 sudah dilengkapi dengan Grille mewah dan lampu Halogen

Fascia depan sudah dilengkapi lampu kabut khusus varian G

Review Toyota Etios Valco G 2013: Eksterior Samping

Berkat Sporty Aerokit, bodi sampingnya terlihat cukup stylish dan juga ringkas. Hal tersebut nyatanya terlihat sangat serasi ketika dipadukan dengan pelek Alloy Wheel berukuran 15 inci. Sementara itu, kami menemukan kekurangan yakni pada kaca spion yang masih standar saja, tidak ada fitur pelipatan dan hal menarik lainnya.

Eksterior Toyota Etios Valco G 2013 terlihat menarik berkat penggunaan Sporty Aerokit

Bodi sampingnya sendiri sudah dilengkapi ban berukuran 15 inci dengan pelek Alloy

Review Toyota Etios Valco G 2013: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, Toyota Etios Valco sudah menghadirkan Rear Lamp dengan nuansa sporty kekinian. Sekilas melihat, tak kalah apik dengan kakaknya, Toyota Yaris. Adapun mobil Hatchback mungil ini, dibekali lekuk bodi aerodinamis yang diklaim oleh Toyota, mampu memberi kestabilan dan kenyamanan lebih dalam berkendara.

Eksterior Belakang Toyota Etios Valco G 2013 dilengkapi dengan lampu Rear Lamp berdesain modern

Bodi belakang sendiri sudah dihias dengan Rear Spoiler minimalis

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Soal kelegaan kabin, mobil ini menyediakan dimensi Wheelbase sebesar 2.460 mm. Hal tersebut sudah dirasa cukup untuk menampung lima orang dalam kabin interior Toyota Etios Valco G 2013.

Review Toyota Etios Valco G 2013: Dashboard

Jika berbicara masalah fitur, semua hal dikemas standar namun sudah sangat menyenangkan. Mungkin hal minus dari kami terletak pada desain dashboard yang didominasi warna hitam dan terasa sedikit membosankan jika dipandang berlama-lama. Namun perlu diketahui, ini hanya masalah selera setiap orang saja.

Dashboard Toyota Etios Valco G 2013 dilengkapi dengan fitur AC dan panel audio 2 DIN

Dashboard sendiri sudah hadir dengan fitur standar, meski dominasi warna hitamnya terkesan monoton

Hal menarik ditengarai dari panel audio 2DIN yang sudah didukung 4 speaker. Suara yang dihasilkan sudah cukup lumayan menghibur, menemani Anda dan seluruh penumpang dalam perjalanan.

Review Toyota Etios Valco G 2013: Setir

Kemudi setirnya memiliki desain yang standar namun sudah dibekali tombol pengaturan audio. Tentu hal ini sangatlah cocok bagi anak muda saat ini, terkesan praktis dalam mengoperasikan musik favorit. Mengingat harganya yang terjangkau, hal ini sudah menjadi fitur menarik tersendiri.

Setir Toyota Etios Valco G 2013 dihias apik dengan logo kebanggaan dan dominasi warna hitam

Menariknya, kemudi setir sudah dibekali tombol pengaturan audio

Review Toyota Etios Valco G 2013: Kursi

Menariknya, kursi menggunakan bahan kulit sehingga penumpang mendapatkan kenyamanan lebih. Bahkan, penataan kursi juga tergolong cerdas, ruang kaki cukup nyaman dan cukup lega. Dengan dimensi bodi yang ringkas, nyatanya mobil ini masih sanggup menampung hingga lima orang sekaligus.

>>> Info menarik lainnya:

4. FITUR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Tentu membeli mobil bukanlah perkara mudah, mulai dari kecocokan masalah selera desain luar, kenyamanan kabin hingga fiturnya. Nah, di segmen ini, Mobilmo hendak menjelaskan lebih lanjut mengenai fitur Toyota Etios Valco G 2013.

Review Toyota Etios Valco G 2013: Fitur Keselamatan

Dari aspek keselamatan, Etios Valco terbilang cukup minim hanya mengandalkan Dual SRS Airbag sebagai fitur keselamatan utama. Namun tak langsung menilai begitu saja, kami malah lebih tertarik pada teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Hal inilah yang banyak dilirik oleh penggemarnya, bahkan banyak digunakan sebagai ajang Slalom. Cukup menarik, bukan?

Fitur Keselamatan Toyota Etios Valco G 2013 dilengkapi dengan ABS, EBD dan Security Alarm

Inilah fitur keselamatan yang ditawarkan pada Etios Valco G

Hal menarik lainnya juga ditemui pada Adjustable Rear Seat Headrest yang mana fungsinya tergolong penting. Pasalnya, jika terjadi tabrakan, kepala penumpang belakang bisa terpental dan mengakibatkan cedera serius. Namun untungnya, Etios Valco sudah menghadirkan Headrest dan bahkan telah didukung fitur Adjustable.

Review Toyota Etios Valco G 2013: Fitur Hiburan

Seperti yang sudah dijelaskan pada segmen dashboard, fitur hiburannya mengandalkan panel audio 2 DIN yang terintegrasi dengan 4 speaker. Kualitas suaranya sudah cukup menghibur untuk menemani Anda selama perjalanan jauh. Namun jika ditilik lebih detail, kekedapan kabinnya terasa kurang mumpuni sehingga suara bising dari luar bisa mengganggu kenyamanan bermusik Anda.

Fitur Hiburan Toyota Etios Valco G 2013 dilengkapi dengan panel audio 2 DIN yang terintegrasi dengan 4 speaker

Meski terkesan standar, namun panel audionya dirasa sudah cukup mampu menghibur selama perjalanan

Hal menarik yang kami dapati juga dalam segi penyimpanan. Ya, pasalnya Toyota Etios Valco sudah menghadirkan Interior Cooler Inside Glove Box yang dapat menjaga minuman Anda supaya tetap dingin. Di sisi lain juga tersedia Card Holder, Utility Pocket, Bottle Holder dan Coin Holder. Hal ini yang dirasa cukup membantu bagi pengendara dan penumpang.

>>> Jangan lupa untuk menyimak ulasan menarik dari mobil Toyota lainnya

5. OPERASI TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Untuk urusan jantung pacu, operasi mesin Toyota Etios Valco G 2013 mengandalkan 1.2 Liter DOHC. Mesin berkode 3NR-FE ini diklaim mampu menghasilkan daya maksimum hingga 80 PS setara 5.600 Rpm dengan torsi puncak 10,6 Kg.m pada putaran 3.100 Rpm.

Operasi Mesin Toyota Etios Valco G 2013 mampu menyemburkan daya hingga 80 PS

Mesinnya sendiri sudah menggunakan kapasitas 1.197 cc

Sayangnya, mobil satu hanya menawarkan transmisi 5 tingkat percepatan manual saja, tanpa ada pilihan transmisi otomatis. Padahal menurut kami, mobil Hatchback yang dinilai akan kepraktisan dan lincah, seringkali menawarkan transmisi otomatis. Hal tersebut nyatanya tidak ditawarkan pada Etios Valco.

Bisa dikatakan, mesinnya tergolong cukup halus dan lebih cocok untuk penggunaan area perkotaan saja. Jika digunakan untuk kebut-kebutan, rasanya kurang cocok mengingat dayanya yang cukupan. Bagi kami, mobil ini akan sangat nyaman dikendarai sebagai mobil sehari-hari saja.

>>> Tips membeli dan memilih mobil Toyota baru

6. SPESIFIKASI TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Nah, untuk urusan yang lebih teknis, Anda bisa mengamati tabel spesifikasi Toyota Etios Valco G 2013.

SPESIFIKASI TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.775 mm x 1.695 mm x 1.510 mm

Wheelbase

2.460 mm

Jarak Pijak Depan

1.468 mm

Jarak Pijak Belakang

1.474 mm

MESIN

Tipe Mesin

3NR-FE 1.2 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Daya Maksimum

80 PS / 5.600 Rpm

Torsi Maksimum

10,6 Kg.m / 3.300 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Stabilizer

Rem Depan

14” Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

185/60 R15 Alloy

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Sebagai pertimbangan lebih lanjut, Mobilmo juga menyampaikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Toyota Etios Valco G 2013.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Bodi ringkas dan tergolong cukup lincah meliuk-liuk di antara kemacetan kota

Kekedapan kabinnya kurang mumpuni

Fitur keselamatan sudah menyediakan ABS dan EBD

Tidak menyediakan transmisi otomatis, kurang sejalan dengan temanya sebagai Hatchback perkotaan

Kabin cukup lega dan sudah dibekali fitur hiburan standar

Tak lagi dijual dalam kondisi baru

Kemudi setir dengan tombol pengaturan audio, adalah nilai plus

-

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Sayangnya, sejak awal tahun 2018, Etios Valco tak lagi dijual dalam kondisi baru oleh PT. TAM. Namun tak perlu khawatir, pasalnya Anda masih bisa mendapatkannya dalam kondisi bekas. Berikut daftar harga Toyota Etios Valco G 2013.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA ETIOS VALCO BEKAS

Toyota Etios Valco G (2013)

Di kisaran Rp. 110 jutaan

9. VIDEO TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

10. KESIMPULAN TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Jika Anda mencari mobil Hatchback ringkas, dirancang untuk kepraktisan serta memiliki Handling lumayan, Toyota Etios Valco adalah salah satu pilihan yang berada di harga terjangkau. Saat ini, modelnya tak lagi dijual dalam kondisi baru, hanya bisa didapati dalam versi bekas saja. Buat kami, hal ini bukanlah masalah, asalkan semua komponennya berjalan normal dan kualitas kendaraan terjaga dengan baik. Apalagi, bagi Anda yang memiliki hobi modifikasi mobil, Etios Valco adalah sosok pertama dalam benak. Tertarik untuk memilikinya?

>>> Simak juga ulasan lengkap dari mobil menarik lainnya hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!