Review Toyota Camry 2016, Generasi Ketujuh Dari Sedan Unggulan Toyota

01/10/2019 | Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA CAMRY 2016

Salah satu perbedaan menonjol yang ditunjukkan lewat Toyota Camry 2016 adalah konsep facelift yang kali pertama dipamerkan pada 2015 silam. Kira-kira fitur dan spesifikasi apa saja yang diberikan Toyota buat sedan ini, ya, Sobat?

Toyota Camry diproduksi sebagai sedan dengan kesan elegan di kelasnya. Popularitasnya menjadikan Camry sebagai sedan paling laris di Amerika Serikat selama lima tahun berturut-turut, yakni dari 1997 hingga 2002. Kompetitor Toyota Camry pun tak datang dari kelas sembarangan. Misalnya saja Honda Accord yang dikeluarkan di kelas yang sama.

Toyota pastinya tak mau membuang kesempatan mereka bersama Camry. Seperti yang disebutkan. Mereka memberikan konsep facelift pada generasi ketujuh yaitu Toyota Camry 2016 dengan spesifikasi dan fitur premium. Dengan berbagai peningkatan, Camry 2016 diharapkan mampu memenuhi kebutuhan target yang datang dari kelas menengah ke atas.

2. EKSTERIOR TOYOTA CAMRY 2016

Berstatus sebagai sedan mewah mengharuskan Toyota Camry 2016 tampil memukau sejak memandang eksteriornya. Sobat akan diajak menelusuri sedan dengan desain aerodinamis dan struktur bodi yang lebih fresh. Tak hanya itu, Toyota Camry 2016 dipulas dalam warna yang lebih elegan ketimbang para generasi pendahulunya.

Review Toyota Camry 2016 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Camry 2016

Tampak depan kesan mewah dan tangguh terpancar

Di sektor penerangan, Toyota Camry 2016 dibekali headlamp jenis LED yang disatukan dengan grille. Bentuknya yang menyipit kian memberikan kesan tajam pada kendaraan. Sementara itu, grille bagian bawah dirancang dalam bentuk trapesium dengan lis krom yang membingkai sisinya. Desain tersebut berpadu dengan foglamp berbentuk bulan.

Untuk mengimbangi kesan elegan tersebut, ditambahkan sedikit lekukan ke dalam pada bumper depan yang memberikan sentuhan dinamis. Jika diperhatikan sekilas, Sobat akan menangkap ketangguhan di bagian muka dari Camry 2016.

Review Toyota Camry 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping dan belakang Toyota Camry 2016

Kesan aerodinamis terlihat dari bagian samping

Berbeda dengan bagian depan, eksterior samping Toyota Camry 2016 justru didesain dalam konsep sederhana. Meski demikian Toyota memastikan perbedaannya tak terlalu kentara dengan memberikan lekukan berlapis krom pada sisi jendela. Ada pula pelek alloy 16 inci yang menegaskan sentuhan sporty pada sedan premium tersebut.

Review Toyota Camry 2016 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Camry 2016

Desain belakang memunculkan aura sederhana namun berkesan mewah

Bagian belakang Toyota Camry 2016 juga tak terlalu macam-macam, Sobat. Toyota mempertahankan kesan elegan pada sedan ini dengan garis krom yang membentang di antara stoplamp hingga ke pintu bagasi. Untuk menguatkan identitas, terdapat logo Toyota yang bersanding dengan tulisan Camry. Bisa dibilang penempatannya tepat mengingat bagian depan Toyota Camry 2016 sudah penuh.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA CAMRY 2016

Sensasi kemewahan yang Sobat rasakan dari eksterior Toyota Camry 2016 akan berlanjut ke bagian dalam atau interiornya. Ada berbagai fitur dengan berteknologi terkini yang bisa dijajal. Tentu saja Toyota memastikan setiap komponen di dalamnya bisa bikin Sobat nyaman berkendara dengan sistem keamanan tinggi untuk menekan resiko kecelakaan.

Review Toyota Camry 2016 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dasboard dan kemudi mobil Toyota Camry 2016

Dashboard dan interior memiliki kelas premium berkat desain yang diberikan

Kesan premium dari Toyota Camry 2016 dapat langsung Sobat jumpai saat melihat dashboardnya. Betapa tidak? bagian tersebut menggunakan kombinasi aksen kayu dengan sedikit jahitan kulit hitam. Lantas di bagian atas dashboard terdapat layar sentuh berisi sejumlah perintah yang memungkinkan Anda memilih fitur untuk keamanan berkendara hingga mendengarkan musik.

Menyoal kemudi, Toyota menyematkan MID dengan layar TFT berwarna yang membuatnya atraktif sekaligus informatif. Sobat bisa lebih mudah mengontrol kecepatan atau arah melalui sistem EPS yang terpasang di sekitar kemudi. Tombol fungsional yang terdapat pada Toyota Camry 2016 juga akan memudahkan Sobat mengatur sistem audio tanpa perlu melepaskan kemudi, lho.

Review Toyota Camry 2016 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Camry 2016 bagian belakang

Bagian jok nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang lega

Kabin Toyota Camry 2016 terdiri atas dua baris jok atau kursi penumpang. Material yang digunakan sebagai pelapisnya merupakan kulit asli berkualitas tinggi. Jadi selain nyaman, Sobat juga akan merasakan sensasi premium secara maksimal dari jok Toyota Camry 2016. Kulit juga dianggap sebagai material yang tahan lama.

Review Toyota Camry 2016 : Bagian Bagasi

Toyota Camry 2016 termasuk sedan dengan bodi besar, sehingga bagasi yang disediakan lebih luas dibandingkan pendahulunya. Sebagai bayangan, bagasi pada kendaraan ini dapat menampung dua tas golf ukuran besar. Sobat pun tak perlu melipat jok baris kedua apabila hendak membawa barang dalam jumlah banyak.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA CAMRY 2016

Gambar ini menunjukkan head unit dan kemudi Toyota Camry 2016

Fitur mumpuni siap untuk memberikan keamanan dan kenyamanan

Toyota Camry 2016 mendapatkan sejumlah peningkatan pada fitur keselamatan maupun hiburan. Sobat dapat intip sistem pengeremannya terlebih dahulu. Ada fitur standar seperti ABS, EBD, dan BA yang akan memberikan pengereman maksimal hingga mencegah terjadinya ban selip. Sementara Dual SRS Airbag dihadirkan untuk mengurangi resiko cedera parah saat Sobat mengalami benturan keras.

Sabuk keselamatan atau seat belt pada Toyota Camry 2016 sudah dilengkapi teknologi Force Limiter dan Pretensioner yang bakal otomatis mengencang agar posisi Sobat tak berubah kala terlibat kecelakaan yang cukup parah. Fitur lainnya yang akan mengoptimalkan jaminan keselamatan dan keamanan adalah Immobilizer yang menjaga sedan dari kemungkinan dicuri saat ditinggalkan di garasi atau parkiran.

Bagaimana dengan fitur hiburannya? Sobat pasti tak akan jenuh selama berada di perjalanan, karena layar sentuh 8 inci yang terpasang di dashboard menghadirkan sejumlah fitur untuk menyalakan audio serta video. Pemutar musik pada Toyota Camry 2016 telah dilengkapi fitur konektivitas, sehingga Sobat bisa menghubungkannya dengan gawai lain seperti ponsel pintar. Ada pula Toyota Navigation yang dapat Sobat andalkan dalam urusan navigasi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. OPERASI TOYOTA CAMRY 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Camry 2016

Beberapa pilihan transmisi ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen

Menyoal dapur pacu, Toyota memastikan Camry 2016 mendapatkan performa terbaik agar tak kalah dengan para kompetitornya. Dalam hal ini, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut memasangkan mesin 2AR-FE 2.5L 4 silinder segaris dengan 16 katup DOHC. Mesin ini diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal sampai 181 Ps dalam putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 230 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Tenaga pada Toyota Camry 2016 bakal disalurkan melalui transmisi otomatis Sequential 6 (dengan percepatan). Sementara versi hibrida sedan mewah ini memanfaatkan mesin 2AR-FXE dengan Hybrid ILR yang disalurkan lewat transmisi otomatis CVT. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga maksimal 157 Ps pada putaran mesin 5.700 rpm dan torsi maksimal 207 Nm pada putaran mesin mencapai 4.800 rpm.

>>> Review Toyota Fortuner 2014 : Mobil SUV Tangguh Dengan Tampilan Gahar

6. SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY 2016

Tentunya dengan melihat beberap hal tentang Toyota Camry 2016 menjadi lebih paham dan bisa menjadi pertimbangan. Untuk lebih jelas bisa ,melihat tabel spesifikasi Toyota Camry 2016 di bawah ini:

DIMENSI

Panjang

4.850 mm

Lebar

1.825 mm

Tinggi

1.70 mm

Berat Kosong

1.625 kg

Jarak Poros Roda

2.775 mm

Jarak Pijak Depan

1.580 mm

Jarak Pijak Belakang

1.570 mm

MESIN

Tipe

2AR-FE 4 silinder segaris, 16- Valve, DOHC, VVT-i

Kapasitas Silinder

2.494 cc

Daya Maksimal

181 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

230 Nm / 4.000 rpm

Kapasitas Tangki

70 Liter

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Solid Disc

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Dual-Link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CAMRY 2016

Nah, dari uraian di atas, kita bisa simpulkan bahwa Toyota Camry 2016 mempunyai kelebihan pada desain eksterior serta interior yang elegan sekaligus fungsional. Performa mesinnya yang mumpuni pun ditunjang teknologi terkini yang membuatnya hemat bahan bakar. Kabin lapang adalah nilai plus lain dari sedan ini. Sementara kekurangannya terletak pada ketersediaan transmisi otomatis saja yang membuat harganya cukup mahal. Selain itu, hanya beberapa tipe tertentu yang dilengkapi fitur tambahan.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CAMRY 2016

Sehubungan dengan harga, pihak Toyota memberikan banderol yang lebih pada mobil sedan satu ini. Mengingat beberapa kemewahan dan fitur mumpuni di dalamnya serta tampilan yang menarik, sehingga hal tersebut tergolong wajar. Berikut ini merupakan daftar harga Toyota Camry 2016:

TIPE

HARGA

Toyota New Camry 2.5G

Rp. 560.000.000,00

9. VIDEO TOYOTA CAMRY 2016

10. KESIMPULAN TOYOTA CAMRY 2016

Mobil Toyota Camry 2016 bisa dijadikan pilihan buat Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan sedan dengan tampilan elegan dan berkualitas. Seperti yang sudah diketahui, pihak Toyota memberikan desain terbaru dan juga kenyamanan mumpuni pada mobil sedan besutannya. Pembaruan terus dilakukan baik dari segi eksterior maupun interior dan bagian mesinnya. Sehingga konsumen akan lebih puas saat mengendarai salah satu mobil sedan besutan Toyota.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 05/08/2019 | Fatchur Sag

    Review All New Toyota Camry 2.5 G AT 2019

    Toyota Camry, salah satu mobil sedan premium ini rutin dikembangkan Toyota sebagai pesaing dari Honda Accord. All New Toyota Camry 2.5 G AT 2019 merupakan salah satu dari 3 varian terbaru Camry yang di luncurkan pada Januari 2019 lalu disamping tipe V dan Hybrid. Secara tampilan, ketiga varian ini memiliki model dan bentuk yang hampir serupa. Berikut ini review All New Toyota Camry 2.5 G AT 2019 untuk Anda:

  • 08/07/2019 | Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • 06/12/2018 | Arfian Alamsyah

    Review Toyota Camry 2019

    Berselang bertahun lamanya, kini Camry memasuki usia 38 tahun. Banyak ubahan yang terjadi dan kini kami akan mengulas Toyota Camry 2019 yang konon akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Kami sajikan dalam review Toyota Camry 2019.