Review Land Rover Range Rover Evoque 2019

26/11/2018 Padli Nurdin Review Land Rover

Setelah lebih dari dua tahun spy shots terkuak di mana-mana, generasi kedua Land Rover Range Rover Evoque 2019 akhirnya mendapatkan panggungnya di Inggris. Meskipun dari luar terlihat memiliki kemiripan dengan saudara tuanya, Range Rover Velar, tetapi perubahan teknologi serta fitur yang baru membuat mobil ini terkesan lebih mewah untuk dikendarai.

1. PENGANTAR LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019 - SUV premium ini akhirnya memulai debutnya. Crossover kompak yang menjadi menghadirkan kesan kendaraan premium yang sporty. Benar-benar baru, Land Rover Range Rover Evoque 2019 mengadopsi desain yang ramping dan minimalis, namun tetap mempertahankan bentuk umum dan tampilan model yang sama dengan generasi pertamanya delapan tahun lalu.

Gambar Land Rover Range Rover 2019

Desain terbaru Land Rover Range Rover 2019

Memang, SUV ini telah lebih dulu menghadirkan kesan sporty nan elegan. Tak heran mobil ini menjadi kendaraan favorit yang dimiliki oleh banyak pemain bola terkenal yang berlaga di Premier League. Mulai dari Daniel Sturridge, Balotelli ketika masih berseragam Manchester City hingga Raheem Sterling yang sekarang mengikuti jejaknya pindah ke City.

Mobil dengan nama panggilan Range Rover Evoque ini merupakan mobil crossover kompak dari Jaguar Land Rover yang pertama kali diperkenalkan pada North American International Auto Show Januari 2008. Telah diproduksi sejak Juli 2011 dalam versi tiga pintu dan lima pintu, mobil ini mendapatkan penggerak dua roda dan empat roda.

Gambar Land Rover Range Rover generasi pertama

Land Rover Range Rover Evoque di North American International Auto Show 2008

Nah, jika dibandingkan dengan penantang lain di segmen ini, Evoque seperti ingin menunjukan pengendaraan kelas premium dengan berbagai teknologi canggih keluaran Range Rover. Mari kita simak review Land Rover Range Rover Evoque 2019 dari Mobilmo.com bagi pembaca sekalian.

2. EKSTERIOR LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Dilihat dari luar, eksterior Land Rover Range Rover Evoque 2019 adalah evolusi halus dari Evoque asli mendapatkan pengaruh dari saudaranya yang lebih tua, Velar. Bagian tubuh 13 persen dibuat lebih kaku dari pendahulunya sehingga membuat tingkat kebisingan dan getaran berkurang secara signifikan. Bagian tubuh dibuat diet sehingga kekurangan bahan alami 33 kilogram dengan daur ulang yang digunakan dalam pembangunannya untuk mengurangi dampak lingkungan.

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Land Rover Range Rover 2019

Tampilan depan Land Rover Range Rover 2019

Pengenalan lampu depan dan lampu LED ramping yang baru pada eksterior depan Land Rover Range Rover Evoque 2019 menekankan bahasa desain baru kendaraan tersebut. Bagian yang dulunya digunakan untuk menaruh lampu kabut menjadi ventilasi untuk masukan udara lebih banyak dengan lampu kabut dibuat lebih ke bawah. Gril dibuat lebih besar dengan lengkungan pada sisi samping dan di tengah menambahkan tampilan mulus front-end.

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Land Rover Range Rover 2019

Tampilan samping Land Rover Range Rover 2019

Eksterior samping Land Rover Range Rover Evoque 2019 terlihat lebih minimalis tanpa lekukan yang membuatnya terlihat ‘bersih’. Evoque menawarkan roda 21 inci yang secara proporsional besar untuk kendaraan dengan ukuran ini, sementara tubuh yang lebih panjang membantu memperpanjang wheelbase sebesar 21 mm, menyediakan Evoque beberapa ruang penumpang belakang yang sangat dibutuhkan.

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Land Rover Range Rover 2019

Tampilan belakang Land Rover Range Rover 2019

Untuk bagian buritan, Eksterior belakang Land Rover Range Rover Evoque 2019 mendapatkan proporsi dramatis yang diperkuat oleh bahu yang lebar. Lampu belakang masih tersambung pada sisi samping meskipun dibuat lebih tipis dengan dua pembagian, sisi samping dan pintu belakang.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini:

3. INTERIOR LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Dibandingkan semua komponen mobil, interior Land Rover Range Rover Evoque 2019 mendapatkan perbaikan terbesar dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan sistem yang baru, ruang kabin dibuat lebih lapang karena Premium Transverse Architecture yang memberikan dimensi baru pada bagian dalam. Hampir semua tombol di tenag telah digantikan dengan layar sentuh. Beberapa tombol utama tetap ada untuk mengimbangi desain interior yang dibuat sangat futuristik.

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019: Dasbor

Gambar dasbor Land Rover Range Rover Evoque 2019

Dasbor Land Rover Range Rover 2019

Dibuat sama dengan model Range Rover yang lebih besar, dasbor Land Rover Range Rover Evoque 2019 akan menggunakan dua layar interface touchscreen untuk iklim kontrol dan hiburan selama berkendara dengan sepasang roda pengendali multiguna yang ditanamkan di layar bawah. Pengaturan yang sama dengan kluster instrument pengemudi interaktif juga disediakan. Namun saya, belum ada pilihan untuk tampilan head-up display.

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019: Kemudi

Gambar kemudi Land Rover Range Rover Evoque 2019

Kemudi Land Rover Range Rover 2019

Kemudi Land Rover Range Rover Evoque  2019 menggunakan desain yang mirip dengan Range Rover dengan beberapa tombol untuk pengaturan fungsi dan teknologi berkendara. Kesan futuristik juga terlihat dari desain kemudi yang dibuat sama seperti bayangan Anda untuk mobil masa depan. Jika Anda merasa dua layar infotainment tidak cukup kluster instrument menghadirkan layar digital raksasa, melengkapi total tiga layar di dalam kabin.

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019: Kursi

Gambar kursi Land Rover Range Rover Evoque 2019

Kursi Land Rover Range Rover 2019

Bahan kursi Land Rover Range Rover Evoque 2019 dibuat kursi ramah lingkungan yang berbeda ditawarkan sebagai pengganti kulit. Salah satunya adalah kain tekstil yang berasal dari kayu putih dan yang lainnya adalah campuran wol Kvadrat. Kursi baris kedua dibuat dengan perbandingan 40/20/40 sedangkan kontrol kursi depan sudah mendapatkan pengaturan 16 arah dengan ionisasi udara kabin. Land Rover menawarkan kepada pelanggannya kombinasi material yang menciptakan “ruang yang tenang dan tentram, memastikan kenyamanan penghuninya.”

Review Land Rover Range Rover Evoque 2019: Bagasi

Gambar bagasi Land Rover Range Rover Evoque 2019

Bagasi Land Rover Range Rover 2019

Seperti yang dijelaskan di atas, Premium Transverse Architecture yang merupakan campuran logam terbaru dari Land Rover memberikan lebih banyak ruang bagi penumpang, terutama di bagian belakang. Ruang bagasi Land Rover Range Rover Evoque 2019 dibuat enam persen lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Menjadi 610 liter dan bisa meluas hingga 1.430 liter dengan kursi belakang dilipat.

>>> Berita Land Rover juga bisa Anda dapatkan di Mobilmo.com:

4. FITUR LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Dengan investasi hampir £ 1 miliar (hampir Rp 20 triliun), tidaklah mengherankan bagaimana fitur Land Rover Range Rover Evoque 2019 ditagih untuk menghasilkan berbagai paket kenyamanan tingkat VVIP. Salah satunya disebut dengan Premium Transverse Architecture untuk memungkinkan Land Rover mempertahankan proporsi yang sama dalam merentangkan poros roda untuk membebaskan lebih banyak ruang pada kabin.

Teknologi tubuh Land Rover Range Rover Evoque 2019

Range Rover Evoque 2019 lebih dari sekedar wajah cantik karena Land Rover telah menjejali banyak teknologi dalam crossover mewahnya. Dengan tombol yang terletak di bagian bawa spion belakang, kamera di atas akan menunjukan apa yang ada di belakang mobil, menyediakan bidang pandang 50 derajat, meningkatkan visibilitas dalam kondisi cahaya rendah.

Teknologi MHEV Land Rover Evoque 2019

Meskipun tidak terlalu mengesankan, Evoque baru menggunakan apa yang disebut teknologi ‘kap transparan’ yang sudah dipratinjau pada tahun 2014. Secara resmi disebut ClearSight Ground View dan memberikan pengemudi pandangan 180 derajat dari tanah langsung ke infotainment layar sentuh. Dengan kata lain, pengemudi pada dasarnya dapat melihat melalui kap mobil yang akan berguna ketika melalui ruang sempit atau melewati medan yang sulit.

Gambar pengendaraan Land Rover Range Rover Evoque 2019
Land Rover Evoque siap dibawa ke medan berat hingga berair

>>> Klik sini untuk simak harga dan promosi mobil lainnya

5. OPERASI LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Sistem operasi Land Rover Range Rover Evoque 2019 mendapatkan tenaga 246 daya kuda yang dihasilkan oleh mesin 2.0 liter empat silinder dan tambahan dari mesin mild-hybrid 48 volt didukung transmisi sembilan percepatan otomatis. Sehingga total keluaran SUV premium ini menjadi 296 daya kuda. Membuatnya menjadi lini produksi pertama Land Rover yang mengusung pengoperasian mild hybrid.

Gambar mesin Land Rover Range Rover Evoque 2019

Mesin Land Rover Range Rover Evoque 2019​

Yang menarik dari fitur baru ini adalah ketika Evoque 2019 melambat hingga mencapai 17 km/jam, maka mesin akan menyimpan energi yang bisa terbuang ketika pengereman dan menggunakannya untuk membantu mesin mendorong mobil saat akan melaju dari keadaan berhenti. Sedangkan pengemudian all-wheel-drive merupakan standar untuk mobil, tetapi dilengkapi dengan kemampuan untuk secara mulus beralih dari penggerak roda depan.

Gambar pengendaraan off-road Land Rover Range Rover 2019

Sistem Terain Response siap dibawa off-road

Selain itu, Evoque juga menggunakan sistem Terrain Response generasi kedua yang dapat secara otomatis mendeteksi jenis permukaan yang Anda lalui. Sehingga membuat Evoque mampu mengarungi sungai atau kolam hingga kedalaman 60 centimeter, hampir 10 centimeter lebih dalam dibandingkan generasi sebelumnya. Artinya apa? Anda bisa membawa mobil ini melalui medan berlumpur hingga sungai di medan off-road.

>>> Tanda Peringatan Kerusakan Katalitik Konverter Knalpot Mobil

6. SPESIFIKASI LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Masih sedikit yang bisa diketahui dari spesifikasi Land Rover Range Rover Evoque 2019, namun berikut beberapa informasi detail yang Mobilmo.com sampaikan untuk Anda.

Dimensi Land Rover Range Rover Evoque 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.368 mm x A/N x A/N

Wheelbase

2.681 mm

Ground Clearance

212 milimeter

Bagasi

610 liter

Mesin Land Rover Range Rover Evoque 2019

Tipe Mesin

2.0 liter 4 silinder + mesin mild hybrid 48 volt

Daya Maksimum

246 dk + 50 dk

Torsi Maksimum

148 Nm + 100 Nm

Transmisi

Sembilan percepatan otomatis

Penggerak Roda

All-wheel-drive

Kaki-Kaki Land Rover Range Rover Evoque 2019

Suspensi Depan dan Belakang

A/N

Rem Depan dan Belakang

A/N

Velg

21 inci

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Dilansir dari beberapa sumber, Mobilmo.com akan mengungkapkan beberapa kelebihan dan kekurangan Land Rover Range Rover Evoque 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar lebih mulus dengan tampilan baru

Harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil lain pada segmennya

Desain kabin yang lapang dengan nuansa futuristik

Dengan desain kompak, headroom terkesan kecil untuk penumpang dewasa di kursi belakang

Dipenuhi teknologi canggih terbaru dari Land Rover untuk kenyamanan berkendara, hingga pengemudian off-road

 

8. DAFTAR HARGA LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Masih belum ada kejelasan tentang harga Land Rover Range Rover Evoque 2019. Land Rover sendiri mengatakan bahwa mereka akan mengungkapkan harga dan kapan penjualan dilakukan di Chicago Auto Show bulan Februari tahun depan. Jika dibandingkan dengan generasi terdahulu, versi 2019 berkisar antara $ 40.000 (sekitar Rp 600 jutaan) hingga $ 60.000 (hampir mencapai Rp 900 juta) untuk pasar Inggris. Dibawa ke Indonesia? Harganya mungkin bisa melonjak hingga dua kali lipat.

9. VIDEO LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Baru saja diperkenalkan, intip bagaimana Land Rover memperkenalkan SUV barunya dalam video Land Rover Range Rover Evoque 2019 yang menarik perhatian.

10. KESIMPULAN LAND ROVER RANGE ROVER EVOQUE 2019

Desain futuristik seperti menjadi tagline untuk Land Rover Range Rover Evoque 2019 yang akan dipamerkan dan dipasarkan tahun depan. Mulai dari tampilan luar yang dibuat minimalis, tampilan mulus juga bisa dilihat dari interior dan kabin yang lebih lapang. Fitur teknologi dan sistem keamanan canggih menjadi penutup yang manis untuk mobil ini.

Gambar perjalanan Land Rover Range Rover 2019

Land Rover Range Rover 2019 siap dibawa berpetualang

"Evoque baru menghadirkan keserbagunaan dan kehalusan yang dibutuhkan untuk kehidupan kota modern, sambil tetap menyediakan kemampuan segala medan yang diharapkan pelanggan kami dari Land Rover," kata chief engineer Pete Simkin. "Kami telah merekayasa Evoque baru dari bawah ke atas, meneliti setiap elemen untuk memastikan kami melebihi harapan pelanggan."

Mungkin anda ingin baca

  • Review Renault Kwid 2016
    Review Renault Arfian Alamsyah

    Review Renault Kwid 2016

    12/06/2019

    Bisa dibilang inilah mobil dengan merek Eropa yang paling murah di Indonesia, harganya juga enggak sampai Rp 120 jutaan, lantas apakah dengan hargannya yang murah sekali membuat Renault Kwid model 2016 ini layak untuk dimiliki.

  • Review Lexus UX 250H 2019 : Mobil Crossover Kelas Premium
    Review Lexus Abdul

    Review Lexus UX 250H 2019 : Mobil Crossover Kelas Premium

    10/06/2019

    Sudah setahun lebih sejak debut pertamanya di New York Auto Show 2018. Mobil ini masuk dalam segmen kompak crossover yang ditujukan pada anak-anak muda. Untuk UX 250h merupakan varian tertinggi, berikut review Lexus UX 250h 2019 lebih lengkap.

  • Review Renault Koleos 2.5 Signature 2019 : Mobil SUV Dengan Basis X-Trail

    Review Renault Koleos 2.5 Signature 2019 : Mobil SUV Dengan Basis X-Trail

    09/06/2019

    Renault Koleos 2.5 Signature 2019 merupakan mobil yang baru saja dihadirkan di Indonesia. Mobil ini merupakan hasil perpaduan antara kemewahan khas Eropa dan ketangguhan khas Jepang. Sehingga menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Daripada penasaran, berikut ini merupakan review Renault Koleos 2.5 Signature 2019.