Review Nissan Rogue 2017: SUV Premium dengan Harga Kompetitif

16/12/2017| Mobilmo.com

Nama Nissan di kancah percaturan otomotif memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, produsen mobil asal Korea Selatan ini kerap memberikan penyegaran lewat katalog-katalog yang dirilisnya ke pasaran. Tak hanya katalog yang beragam, Nissan juga kian agresif di pasar otomotif dunia dengan mengakusisi 34 persen saham dari Mitsubishi. Dengan akusisi tersebut, praktis, Nissan memiliki “jalur khusus” untuk merilis varian anyarnya lebih dulu dibandingkan dengan sister company-nya tersebut. Seakan mendapat angina segar, kesempatan tersebut tak disia-siakan dengna merilis katalog dari segmen SUV yakni Rogue 2017. Ada apa yang menarik dari SUV ini? Silahkan membaca tulisan review Nissan Rouge 2017 ini. 

PENDAHULUAN NISSAN ROUGE 2017

Nissan Rogue sejatinya bukan nama asing dalam katalog Nissan. Mobil ini memiliki banyak nama di berbagai negara. Untuk pasar Jepang, SUV ini mengusung nama Nissan Dualis. Indonesia sendiri menamai mobil ini Nissan X-Trail. Sementara pasar Amerika menyebut SUV ini dengan nama Rogue. Di seri teranyarnya ini, Rogue coba menawarkan berbagai spesifikasi anyar baik dari sisi interior, eksterior maupun lainnya. bagaimana tampilan baru dari SUV ini? Langsung saja kita ulas bersama dalam tulisan review Nissan Rouge 2017 ini. 

EKSTERIOR NISSAN ROUGE 2017

Melalui tampilan eksterior Nissan Rogue 2017 nampak lebih gagah,berani dan sporty dari sebelumnya. Nissan, selaku produsen juga memberikan berbagai sentuhan guna membuat katalognya ini terlihat lebih fresh.

  • Desain bagian depan

Dari sisi depan misalnya, lampu utama berukuran besar dengan sentuhan LED DRL coba dihadirkan guna memaksimalkan penerangan, terutama pada malam hari. Bagian grill juga dibuat lebih garang dengan rongga udara yang dibuat lebih besar dari sebelumnya. Selain itu aksen chrome berbentuk V juga disematkan pada bagian grill guna memberikan kesan gagah pada mobil ini. Sebagai pelengkap, logo kebesaran Nissan juga tersemat di bagian tengah guna pancarkan identitas. Selain itu, bagian bumper dengan desain besar disematkan guna memperkokoh bagian depan dari mobil Ini. Tak hanya itu, disematkan pula variasi penyaring udara berwarna hitam di tengah guna menambah kesan aerodinamis serta fog lamp beserta rumahnya guna memberikan pencahayaan ekstra. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula fitur light and rain sensor dan camera sensor. Cukup lengkap bukan bagian depan dari Rogue?
  • Desain bagian samping

Sementara pada bagian samping, Nissan memberikan desain meliuk pada sisi ini guna memberikan perbedaan dibanding seri sebelumnya yang cenderung datar. Penambahan lengkung juga secara tidak langsung menambah sisi sporty dari SUV ini. Agar tetap terlihat gagah, velg dengan aksen gun metal berukuran 18 inci juga dihadirkan untuk memperkuat kaki-kaki.

  • Desain bagian belakang

Bergerak ke bagian belakang, Rogue memiliki tampilan yang cukup mirip dengan kompetitornya yakni Toyota Harrier. Dari sisi lengkung hingga desain stop dan rear combination lamp sekilas nampak 11-12. Sebagai pembeda, Nissan coba menyematkan bumper berukuran besar dengan aksen chrome demi mempertegas kesan kokoh di sisi belakang. Tak berhenti sampai disitu, pabrikan asal negeri matahari terbit ini juga menyematkan power back door serta sensor camera pada bagian belakang guna menunjang aktivitas parkir kendaraan. Secara overall, sisi eksterior Rogue jelas berbeda dengan seri sebelumnya dan Nissan selaku pabrikan, cukup jitu untuk “me-refresh” salah satu katalognya ini.

INTERIOR NISSAN ROUGE 2017

Dari sisi interior, produsen asal Jepang ini juga coba menghadirkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi para penggunanya dengan menyematkan ruang yang cukup signifikan di bagian kabin. Hal tersebut tercermin berkat lebarnya leg room dan head rest yang disematkan. Bahkan seluruh kursi yang disematkan juga berdesain low fatigue. Dengan desain kursi yang demikian, tak heran jika mobil ini memang didaulat sebagai comfort oriented dan sangat pas untuk dipacu pada perjalanan jauh. Tak hanya kenyamanan, bagian kursi juga terlihat cukup mewah berkat warna-warna leather yang disediakan seperti hitam, cream dan cokelat. Pecinta otomotif bebas memilih varian tersebut sesuai dengan seleranya masing-masing. Tak hanya elegan dari sisi warna, bahan yang disematkan juga merupakan kualitas terbaik. Disamping pilihan warna, kualitas kedap suara pada bagian kabin juga patut diacungi jempol. Pasalnya, Nissan Rogue memang memiliki ruang akustik yang baik untuk membuat suara audio menggema maksimal serta meredam berbagai noise yang dihasilkan dari luar kabin.

  • Dashboard

Bergerak ke bagian dashboard, tersemat monitor layar sentuh berukuran sedang untuk menunjang kebutuhan entertainmen serta informasi. Dari sisi entertainment, fitur seperti CD Room, Bletooth, Port USB dan lainnya telah disediakan. Sementara untuk fitur informasi, tersemat berbagai kebutuhan yang bisa dimaksimalkan seperti rear view camera hingga sistem navigasi. Cukup mumpuni bukan? Sebagai pelengkap, speaker Bose dengan kualitas terbaik juga dihairkan guna menghasilkan suara yang maksimal. Selain itu, dihadirkan pula AC Dual Zone untuk memberikan kesejukan demi menunjang kenyamanan saat perjalanan jauh.

  • Steering

Sementara pada bagian steering, tersemat fitur steering wheel integrated control yang berfungsi untuk mengaktifkan berbagai fitur di bagian panel tanpa harus memindahkan tangan pada lingkar kemudi. Bagian steering sendiri juga sudah dilengapi dengan telescopic steering yang berfungsi untuk menatur lingkar kemudi sesuai dengan kenyamanan. Bagian seat pengemudi dan penumpang depan juga telah dilengkapi dengan electric seat yang berfungsi untuk mengatur posisi kursi agar senyaman mungkin saat diduduki. Sebagai akhir, dual panel speedometer juga disematkan guna memberikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari jarak tempuh, rasio penggunaan bahan bakar dan lain sebagainya.

  • Kursi belakang

Menilik ke bagian kursi belakang, foot room dan head rest yang disediakan cukup maksimal. Meskipun demikian, leg support yang tersedia belum bisa dibilang mumpuni karena ruang yang cukup terbatas. Selain itu, guna menunjang kenyamanan, disematkan pula AC kecil di bagian tengah untuk memberikan kesejukan. Meskipun diklaim mampu menampung 7 orang penumpang, sisi kursi ketiga nyatanya cukup sempit untuk disinggahi. Baik foot room maupun head room yang disediakan terkesan sangat sempit dan tidak nyaman. Sementara di bagian bagasi, SUV ini tak bisa dibilang memiliki ruang yang mumpuni untuk menyimpan barang karena space yang disediakan cukup terbatas. Untungnya, Nissan memberikan opsi lain untuk memaksimalkan ruang yakni dengan melipat kursi di baris ketiga yang terbilang minimalis tersebut. Gimana perasaan Anda tentang interior Nissan Rouge 2017?

FITUR NISSAN ROUGE 2017

Disamping fitur yang disediakan, Nissan juga menyisipkan berbagai fitur tambahan untuk menunjang kenyamanan berkendara seperti All Wheel Drive (AWD) yang berfungsi untuk menggerakan seluruh bagian roda tanpa terkecuali. Keberadaan fitur ini sangat berguna apabila mobil dipacu di berbagai medan yang ekstrim yang sarat akan lubang dan jalan yang tak merata. Selain itu, Hill Start Assist juga diberikan guna memantapkan akselrasi saat mobil berada di tanjakan maupun turunan. Active Trace Control juga dihadirkan untuk membuat mobil stabil saat terjadi pegereman.

Sementara untuk memberikan keamanan dalam berkendara, kombinasi pengereman Anti Breaking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD) serta Brake Assist (BA) dihadirkan guna meminimalisir kemungkinan terburuk yang siap terjadi saat mobil dipaksa melakukan pengereman darurat. Selain itu, air bag juga disematkan pada sisi depan dan samping kendaraan untuk meminimalisir resiko cidera seluruh awak di bagian kabin apabila mobil mendapat benturan cukup keras dari sisi depan maupun samping.

OPERASI NISSAN ROUGE 2017

Dari sisi mesin Nissan mempersenjatai Rogue dengan mesin 2.5-liter DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder. Mesin tersebut memiliki kubikasi sebesar 2.488 cc yang mana mampu memuntahkan tenaga hingga 170  hp pada putaran 6.000 rpm. Disamping itu, mobil ini juga sanggup mengeluarkan torsi sebesar 175 lb-ft pada putaran 4.400 rpm.  Tak hanya itu, sebagai pemanis, disematkan pula Multi Poin Injection yang berfungsi untuk memaksimalkan tenaga mobil namun tetap irit bahan bakar. Disamping itu, kapasitas tangki mobil ini cukup besar yakni 60 liter. Hebatkan mesin Nissan Rouge 2017?

SPESIFIKASI NISSAN ROUGE 2017

Meskipun sudah dipaparkan di atas, namun mobilmo.com mencoba untuk membedah lebih rinci lagi apa-apa saja spesifikasi Nissan Rogue 2017.
Mesin Nissan Rogue 2017
Tipe Mesin  I-4 2.5 litres
Tenaga 170 hp @ 6,000 rpm
Torsi 175 lb·ft @ 4,400 rpm
Transmisi CVT
Dimensi Nissan Rogue 2017
Panjang 4,630 mm
Lebar 1,840 mm
Tinggi 1,715 mm
Jarak Poros Roda 2,706 mm
Jarak Pijak Depan 1,595 mm
Jarak Pijak Belakang 1,595 mm
Kapasitas Tangki 60 L
Kaki-kaki/Suspensi Nissan Rogue 2017
Suspensi Depan Macpherson strut
Suspensi Belakang multi-link
Rem Depan disc (ABS)
Rem Belakang disc (ABS)
Ukuran Ban P225/65R17
Velg 18 inci

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NISSAN ROUGE 2017

Sebaik-baiknya fitur maupun spesifikasi yang ditawarkan Nissan ntuk SUV-nya ini, sudah barang tentu ada plus minus yang mungkin saja bisa menjadi acuan para konsumennya untuk menimbang mobil ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan Rouge 2017 itu?
Kelebihan Kekurangan
Mesin yang Cukup Besar Ruang Bagasi Terlalu Kecil
Kabin yang Cukup Luas Bangku Baris Ketiga Kurang Nyaman
Fitur Lengkap AC tidak Double Blower

DAFTAR HARGA NISSAN ROUGE 2017

Nissan Rogue memiliki berbagai varian yang siap disuguhkan kepada konsumennya. Berikut adalah daftar harga Nissan Rogue 2017.
Type Harga
Nissan Rogue S Rp 317 jutaan
Nissan Rogue SV Rp 333 jutaan
Nissan Rogue Midnight Edition Rp 346 jutaan
Nissan Rogue SL RP 395 jutaan
Nissan Rogue SV Hybird Rp 333 jutaan
Nissan Rogue SL Hybird Rp 410 Jutaan

VIDEO NISSAN ROUGE 2017

Sebagai pelengkap tulisan review Nissan Rouge 2017, inilah video dari Nissan Rogue 2017. Selamat menikmati.

KESIMPULAN NISSAN ROUGE 2017

Secara keseluruhan, Rogue merupakan SUV yang cukup gagah dan sporty dari bagian luar serta nyaman dan kaya akan fitur di bagian dalam. Nilai tambah Rogue jelas tercermin dari kapasitas mesin dan iritnya pembakaran bahan bakar yang disediakan. Selain itu, mobil satu ini juga cocok dipacu di berbagai medan, entah itu perkotaan dengan kontur stop and go dan medan sulit lainnya. Dari sisi harga, mobil ini bisa dibilang cukup kompetitif karena berharga dibawah setengah miliar. Tentunya dengan harga kompetitif dan segudang fitur yang tersedia, Rogue bisa menjadi opsi terbaik para pecinta SUV untuk memajangnya di garasi rumah. Itulah sedikit review Nissan Rouge 2017 yang mobilmo.com ingin sampailan. Semoga informasi yang kami sampaikan dalam tulisan review Nissan Rouge 2017 ini bermanfaat untul sobat-sobat!  

Review mobil serupa

  • Honda Jazz 2014, Spesifikasi Dan Review Lengkap

    29/12/2017| Mobilmo.com

    Honda Jazz 2014, Spesifikasi Dan Review Lengkap

    Honda Jazz 2014 atau yang dikenal dengan Honda Jazz GK5 merupakan mobil hatcback generasi ketiga dari produk Honda Jazz. Mobil generasi ketiga ini diluncurkan untuk mengganti mobil generasi sebelumnya yang sudah 5 tahun berada di pasar Indonesia.

  • Harga Nissan X-Trail 2010, Spesifikasi Dan Review Lengkap

    29/12/2017| Mobilmo.com

    Harga Nissan X-Trail 2010, Spesifikasi Dan Review Lengkap

    Nissan X-Trail 2010 atau yang dikenal dengan Nissan X-Trail T31 with Autech Dress Up merupakan mobil SUV generasi kedua Nissan yang tetap mengusung desain body berbentuk boks. Sebagai pendatang baru di segmen SUV kelas menengah, Nissan X-Trail T31 menjadi pesaing Ford Escape, Honda CR-V, Suzuki Grand Vitara, Kia Sportage, Chevrolet Captiva, dan Hyundai Tucson.

  • Ford Focus 2008, Spesifikasi Dan Review Lengkap

    27/12/2017| Mobilmo.com

    Ford Focus 2008, Spesifikasi Dan Review Lengkap

    Ford Focus 2008 atau Ford Focus MK2 merupakan mobil generasi kedua dari Ford Focus yang mendapat banyak penambahan dibandingkan saat awal mobil generasi kedua ini diperkenalkan. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Paris Motor Show pada tahun 2004 di Perancis.

International