Review Audi RS5 DTM 2019 : Mobil Balap Paling Eye Catching Di DTM

22/08/2019| Abdul

1. PENGANTAR AUDI RS5 DTM 2019

Review Audi RS5 DTM 2019 - Audi RS5 DTM 2019 ini adalah Silhouette racing car dengan model Audi AF coupe yang sebenarnya kakak dari seri sebelumnya Audi A4. Memang sempat timbul perasaan agak skeptis dari beberapa racing enthusiast dengan munculnya jagoan baru dari Audi ini. Namun, dalam waktu seketika perasaan skeptis tersebut sirna karena Mattias Ekstrom pembalap ini mampu memberikan kejutan yang luar biasa dengan mencatat pole position dalam kejuaran balap DTM 2012.

Di tahun 2013 juga ada perubahan baru dari Audi RS5 DTM menjadi juara umum yang dilakukan oleh Mike Rockenfeller. Kemudian di tahun 2017 Audi juga menjadi juara umum berkat pembalap Rane Past yang mengendarai Audi RS5 DTM. Dan di tahun 2019 ini kabarnya Audi RS5 DTM memiliki mesin dan teknologi yang luar biasa dan diprediksi mampu masuk ke tangga jawara dalam kelas pembalap profesional.

2. EKSTERIOR AUDI RS5 DTM 2019

Review Audi RS5 DTM 2019 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil  Audi RS5 DTM 2019 tampak bagian depan

Tampak depan terkesan beringas dan berkesan mengintimidasi

Jika dilihat dari depan Audi RS5 DTM 2019 memiliki kesan mengintimidasi yang sangat kental dan sangat jauh dari kesan cantik apalagi sopan. Jika dilihat dari sisi eksterior depan memang kesan yang didapatkan seorang menunjukkan muka beringas dan galak. Dan memang antara tahun 2018  sampai 2019 ini memang ada perubahan regulasi dimana di Audi RS5 DTM 2019 ini memiliki colokan kap mesin yang memang jauh lebih besar. Dan hal ini juga alasan diizinkannya menggunakan kipas pendingin fan yang jauh lebih besar. Selain itu untuk plat nomor juga sudah tidak dipasangkan lagi. Sedangkan untuk bagian Grill dan air dam memiliki ukuran yang semakin besar karena memang memiliki fungsi untuk mengalirkan udara yang lebih baik ke mesin dan brake duct.

Review Audi RS5 DTM 2019 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil  Audi RS5 DTM 2019 tampak samping dan atas

Tampilan samping sangat berbeda dengan tahun sebelumnya

Jika anda melihatnya dari sisi samping, memang eksterior mobil balap Audi RS5 DTM 2019 ini memang agar berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana bagian front splitter atau dek dasarnya memang jauh lebih pendek sekitar 90 mm dari jenis mobil di tahun 2018. Hal ini yang membuat proses bumper to bumper menjadi lebih intens dan tentu saja lebih seru. Dan untuk bagian knalpotnya juga berubah dari regulasi yang sebelumnya. Dimana untuk tahun 2019 ini memang memiliki posisi muffler hanya ada di bagian mobil dan letakkan lebih maju dari handle pintu yang kanan. Alasannya karena regulasi DTM 2019 ini memakai mesin yang memiliki tambahan udara turbo sehingga dilengkapi dengan pipa yang jauh lebih pendek. Tujuannya adalah supaya tarikan mesin menjadi lebih mudah.

Review Audi RS5 DTM 2019 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil  Audi RS5 DTM 2019

Dengan desain yang dimiliki membuat tampilan belakan lebih proporsional

Dikatakan jika ada perubahan regulasi teknik dari DTM yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Selain karena mesinnya yang memang lebih kencang sebenarnya untuk eksteriornya diberikan dengan tampilan dengan jauh lebih bagus lagi. Dimana bagian eksterior belakangnya dilengkapi dengan adanya sayap yang didesain dengan lebih lebar jika dibandingkan dengan jenis sebelum – sebelumnya. Dan ternyata inilah yang membuat tampilan dari Audi RS5 DTM 2019 ini memang terlihat jauh lebih bagus dan eye catching dibandingkan yang jenis sebelumnya. Selain itu, ada juga tambahan diffuser yang memang letakkan jauh lebih rendah sehingga membuatnya makin beringas dan mengintimidasi pesaingnya yang lain.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR AUDI RS5 DTM 2019

Review Audi RS5 DTM 2019 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian kemudi mobil  Audi RS5 DTM 2019

Beberapa tombol diberikan untuk mendukung kendaraan untuk balap

Untuk bagian interior dashboard dan kemudi mobil ini memang memiliki bentuk setir yang memang lebih kecil jika dibandingkan yang lainnya namun ini sama sekali tidak mengganggu pembalap. Justru, mereka merasa lebih nyaman dengan kemudi mobil yang kecil ini. Bahan kemudi dari setir dari Audi RS5 DTM 2019 ini menggunakan bahan dasar dari material dengan serat karbon yang baik. Dan untuk hand grip mobil ini digunakan karet dan juga laporan dengan bahan yang  khusus tentu saja sama sekali tidak membuat pengemudi merasakan licin pada saat anda mengemudinya.

Review Audi RS5 DTM 2019 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan interior mobil  Audi RS5 DTM 2019 dan tampak pengemudinya

Posisinya juga dibuat layaknya mobil balap pada umumnya

Nah jika bicara mengenai jok mobil dari Audi RS5 DTM 2019 ini memang agak sedikit berbeda dimana jok mobil dibuat dengan ukuran yang rendah karena memiliki fungsi yang sangat baik. Dimana posisi jok mobil yang rendah ini mengisyaratkan seakan pembalap menyatu dengan aspal. Fungsi dari jok mobil ini adalah untuk memperbaiki titik dari gravitasi dimana semakin rendah dari jok mobil maka akan semakin mudah juga untuk pengemudi dalam mengendalikan mobilnya. Sehingga ini akan sangat membantu pembalap dalam mengendalikan mobilnya.

>>> Baca juga tips dan trik paling detail, dan mendalam hanya disini :

4. FITUR AUDI RS5 DTM 2019

Review Audi RS5 DTM 2019 : Fitur Keselamatan

Pada dasarnya untuk semua jenis mobil balap dan termasuk juga Audi RS5 DTM 2019 ini memang dibuat dengan dilengkapi oleh fitur keselamatan pengemudinya. Dan di mobil balap ini dilengkapi dengan beberapa jenis tombol dimana memang memiliki fungsi yang baik untuk pengemudi. Misalnya adalah ada fitur pemadam kebakaran, layar LCD yang berfungsi memberikan informasi mengenai keadaan dari kendaraan mulai dari oli, putaran mesin, lap timing, kecepatan dan masih banyak lainnya yang memang sangat dibutuhkan oleh pengemudi.

Gambar ini menunjukkan bagian dalam  Audi RS5 DTM 2019

Beberapa fitur pendukung disematkan untuk membuat pengemudi jadi juara

Review Audi RS5 DTM 2019 : Fitur Hiburan

Nah untuk fitur hiburan tentu saja Audi RS5 DTM 2019 bukan hanya ingin menyediakan mobil balap semata namun juga menyediakan fitur hiburan untuk pengemudi misalnya adalah DRS atau Drag reduction System. Ini adalah salah satu fitur yang memiliki fungsi untuk menambah kesempatan menyalip lebih halus. DRS di Mobil balap ini diatur untuk bagian belakangnya sehingga memberikan tambahan kecepatan mobil saat sedang mengejar dan memiliki lebih banyak kesempatan menyalip. Ini adalah sebuah keuntungan yang bisa dilakukan oleh para pembalap ketika menggunakan Audi RS5 DTM 2019.

>>> Berniat Beli Mobil Audi, Jangan ragu Klik Di Sini

5. OPERASI AUDI RS5 DTM 2019

Gambar ini menunjukkan mesin mobil  Audi RS5 DTM 2019

Mesin bertenaga meskipun masih banyak yang disembunyikan oleh VW AG tentang data teknis

Sebenarnya dari pihak VW AG yang merupakan pemegang grup merek dagang Audi masih merahasiakan banyak data teknis dari Audi RS5 DTM 2019. Akan tetapi untuk tenaganya tentu lebih apabila dibandingkan dengen tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan yang cukup banyak di bagian teknisnya seperti bodywork, regulasi dapur pacu, bobot kendaraan dan aerodinamika yang dimilikinya.

>>> Unik, Mobil Rasa Helikopter Dengan Modalkan Mobil Termurah Di Dunia

6. SPESIFIKASI AUDI RS5 DTM 2019

RANGKA

Panjang

4,958 mm

Lebar

1,950 mm

Tinggi

1,150 mm

Berat Kotor

980 Kilogram

Berat Dengan Driver

1,150 Kilogram

Kapasitas Tangki

120 Liter

MESIN

Tipe

Inline 4 Cylinder with petrol direct fuel injection tuned by Audi Motorsport

Kapasitas Silinder

2.000 cc

Tenaga Maksimal

> 610 Hp + 30 Hp extra with Puss-To-Pass system

Torsi Maksimal

> 650 Nm

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive

Tipe Transmisi

Semi-automatic 6-speed transmission with paddle shift

KAKI-KAKI

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc

Struktur Sasis

Carbon fiber monocoque & steel roll cage

Suspensi Depan & Belakang

Double wishbone, coil spring, with push rod system

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted rack and pinion

Struktur Bodi

Komposit

Pelek

Racing Spec, with single rachet

>>> Baca Juga, Review Audi e-tron GT 2019

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN AUDI RS5 DTM 2019

Untuk setiap produk tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangannya sendiri. Dan ini juga berlaku pada Audi RS5 DTM 2019. Sebagai salah satu merek yang sudah terkenal. Tentu saja ada beberapa sentimen dengan hadirnya mobil ini. Dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Audi RS5 DTM 2019 diantaranya:

Review Audi RS5 DTM 2019 : Kelebihan

Jika berbicara mengenai kelebihan dari Audi RS5 DTM 2019 dari segi mesin memang sangat beringas dan sangat kaya dengan torsi sehingga akan sangat kencang di jalan. Bahkan untuk dari body sudah dijelaskan juga sebelumnya jika ini adalah salah satu mobil DTM yang sangat eye catching terlepas dari kesannya yang sangat mengintimidasi. Dan yang terpenting adalah Audi A5 ini sebenarnya memiliki sejarah manis untuk di rute balap DTM sehingga tak heran jika Audi menjadi juara umum beberapa tahun terakhir ini.

Review Audi RS5 DTM 2019 : Kekurangan

Jika ada kelebihan tentu saja akan ada kekurangan termasuk di Audi RS5 DTM 2019. Ini sebenarnya tidak memiliki mesin secanggih rivalnya yang juga berasal dari jerman. Bahkan mobil ini dikatakan hanya bisa digunakan di dalam circuit saja. terlebih jika anda berencana ingin membeli mobil ini maka anda harus benar – benar menahan. Pasalnya Audi RS5 DTM 2019 tidak dijual bebas dipasaran. Sehingga anda hanya bisa melihat dan memandangi mobil ini.

8. DAFTAR HARGA AUDI RS5 DTM 2019

Untuk soal harga Audi RS5 DTM 2019 sebenarnya agak terlalu kurang gamblang. Hal tersebut dikarenakan mobil ini tidak dijual secara umum di pasran karena memang tujuannya digunakan untuk balap di sirkuit. Sehingga tidak dapat road legal di jalanan umum, untuk pengembangannya saja membutuhkan biaya yang mahal. Bahkan mobil ini nyaris tidak dapat dimiliki karena mencapai USS 1 Juta atau jika dirupiahkan mencapai Rp. 14,6 miliar. Tapi bagi seseorang yang memang super kaya bisa saja memilikinya.

9. VIDEO AUDI RS5 DTM 2019

10. KESIMPULAN AUDI RS5 DTM 2019

Jadi mobil Audi RS5 DTM 2019 tidak dijual bebas di pasaran. Akan tetapi jangan khawatir karena terdapat versi road legal untuk Audi RS5. Pertanyaannya, apakah mobil besutan Audi ini bisamenjadi terbaik pada ajang DTM? Yang mana untuk mobil ini akan menjadi penantang yang tangguh bagi BMW M4 DTM.

>>> Dapatkan informasi terbaru dan terlengkap tentang mobil lainnya dengan klik sini

Review mobil serupa

  • Review Audi RS5 DTM 2019 : Mobil Balap Paling Eye Catching Di DTM

    22/08/2019| Abdul

    Review Audi RS5 DTM 2019 : Mobil Balap Paling Eye Catching Di DTM

    Jika berbicara mengenai AUDI DTM memiliki sejarah yang cukup panjang. Kemenangan dari AUDI di DTM membuatnya saat ini tetap menjadi pilihan. Dari tahun ke tahun sejak 1990 hingga memasuki tahun 2012 Audi selalu memberikan mobil terbaiknya dengan sangat sporty dan luar biasa bagus untuk pembalapnya. Memasuki tahun 2012 sedikit mengalami perubahan dengan versi coupe nya. Namun di Audi sebenarnya ini bukan sebuah pengecualian. Hal ini karena mereka juga mulai memperkenalkan Audi A5 DTM.

  • Review Audi e-tron GT 2019

    15/01/2019| Arfian Alamsyah

    Review Audi e-tron GT 2019

    Inilah senjata baru dari Audi guna menantang kedigdayaan Tesla Model S yang mulai merajai penjualan mobil di Amerika dan juga membuat beberapa pemain lama termasuk Audi tersengal-sengal nafasnya. Inilah pendapat kami mengenai Audi e-tron GT 2019.

International