Review All New Honda Odyssey 2017

22/04/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Review All New Honda Odyssey 2017 - Orang-orang tentu tak kan menyangkal bahwa mobil berjenis MPV diciptakan demi memberikan manfaat dan ruang yang lebih dibanding kemewahan ataupun kenyamanan. Namun argumen tersebut diruntuhkan oleh Honda saat merilis All New Honda Odyssey 2017, dimana kombinasi antara manfaat serta kenyamanan bisa berjalan beriringan.

Foto All New Honda Odyssey 2017 saat diluncurkan

All New Honda Odyssey 2017 diluncurkan dengan berbagai kemewahan baru

Walaupun facelift, desainnya yang bongsor dibuat signifikan demi memberikan penampilan Odyssey yang bergaya nan elegan. Perwajahan dari mobil ini telah berubah sedemikian rupa, yang akan memberi kesegaran saat berkendara. Perubahan itu sangat terasa pada bagian interior dan eksteriornya, meskipun spesifikasi mesin dan fitur keselamatan yang dibenamkan masih sama seperti pendahulunya.

Fitur-fitur baru pun disematkan demi mempertegas nuansa keekslusifan dan kemewahan pada mobil ini. Walaupun saat ini peta persaingan antar pelaku mobil di segmen MPV Indonesia semakin ketat, tapi Honda Odyssey tetap bisa bergaung dan memiliki pasar yang cukup signifikan di tingkat lokal. Lebih lanjut, berikut review All New Honda Odyssey 2017.

2. EKSTERIOR ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Honda selalu mengeluarkan mobil dengan eksterior yang selalu tampil berbeda. Hal sama juga berlaku pada Odyssey generasi kelima ini, karena eksterior bisa dikatakan agak ekslusif untuk rata-rata mobil berjenis MPV. Secara keseluruhan, mobil All New Honda Odyssey 2017 memiliki dimensi 4830 mm x 1820 mm x 1695 mm untuk panjang kali lebar kali tingginya. Ruang kabin terasa lega karena wheelbase jarak dasar roda cukup besar, sekitar 2900 mm. Untuk memperlancar pergerakan, Honda membekali Odyssey dengan ban berukuran 215/55 R17 dan pelek 17 inchi. Deskripsi berikut ini mungkin lebih bisa menggambarkan eksterior All New Honda Odyssey 2017.

Review All New Honda Odyssey 2017 : Bagian Depan

Foto bagian depan All New Honda Odyssey 2017

Bagian depan All New Odyssey 2017, lebih menarik ketimbang versi sebelumnya

Desain eksterior depan All New Honda Odyssey 2017 tampil berbeda jika ditilik dari bentuk grill satu plat berwarna krom. Grill ini menyambungkan kedua head lamp mobil. Head lamp diapit daytime running lamp dan bentuknya memanjang. Kedua lampu depan ini menggunakan lampu LED dan dilengkapi DRL dan proyektor. Lubang udara All New Honda Odyssey 2017 berbentuk trapesium besar terbalik dengan garnis tiga plat karbon dengan warna hitam. Penyaring honeycomb ditambahkan di bagian lubang udara dan fog lamp untuk menambahkan kesan sporty yang tetap dinamis.

Review All New Honda Odyssey 2017 : Bagian Samping

Foto All New Honda Odyssey 2017 saat pintu terbuka di bagian samping

Pintu geser yang dioperasikan menggunakan tombol elektrik, memberi kemudahan akses keluar masuk kendaraan

Desain eksterior samping All New Honda Odyssey 2017 tak banyak mengalami perubahan dan nampak mirip dengan generasi sebelumnya, tetap tampak memanjang sebab dimensinya sangat besar – lebih-lebih bila dilihat dari belakang. Menariknya, pintu All New Honda Odyssey 2017 menggunakan pintu geser demi mengatasi ruang sempit saat parkir pada area sempit. Pelek alloy 17 inci yang dipasang di keempat roda turut menambah kesan sporty yang dimiliki mobil ini.

Review All New Honda Odyssey 2017 : Bagian Belakang

Foto All New Honda Odyssey 2017 dilihat dari belakang, cukup menarik

Bagian belakang All New Odyssey tidak terlalu futuristik, namun elegan

Terakhir, rear combination stop lamp dari desain eksterior belakang All New Honda Odyssey 2017 sangat panjang dengan bentuk seperti mata pisau. Bentuk ini sangat menonjolkan tampilan Odyssey secara keseluruhan. Kedua stop lamp ini dihubungkan oleh garnis berwarna krom. Kesan sporty belakang mobil ini muncul dari bentuk roof spoiler dan reflektor di bagian bumper.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Apakah desain eksterior yang dimiliki Odyssey memberi kepuasan lebih pada Anda? Pada bagian ini, kami akan berikan review All New Honda Odyssey 2017 dari sisi interior. Berbeda dengan Odyssey generasi sebelumnya, pada interior Odyssey generasi kelima ini terasa sangat menyegarkan dengan roof monitor untuk penumpang di deret bangku kedua dan ketiga. Hal ini tentu memberikan menambah tingkat kenyamanan maupun kesan modern nan mewah. Lebih jelasnya, berikut deskripsi tentang bagian interior All New Honda Odyssey 2017.

Review All New Honda Odyssey 2017 : Bagian Kabin

Foto Kabin All New Honda Odyssey 2017, dipenuhi dengan beragam fitur

Bagian depan memberikan visibilitas yang baik buat pengemudi

Kabin All New Honda Odyssey 2017 sangat lapang dan nyaman, sebab secara keseluruhan mobil ini memiliki bodi yang panjang. Material-material yang digunakan sangat mewah dan elok. Suasana kabin makin cerah dengan sunroof ukuran besar. Hal yang membuat seluruh orang akan merasa nyaman adalah kontrol iklim otomatis yang bisa disetel dari bagian dashboard. Roda kemudi memiliki desain yang apik untuk meningkatkan level kenyamanan pengemudi. Lebih jelasnya, mari kita bedah satu per satu.

Review All New Honda Odyssey 2017 : Bagian Dashboard dan Setir

Foto Setir All New Honda Odyssey 2017 dengan beberapa tombol pengaturan fungsi

Setir empat palang dengan berbagai tombol pengaturan fitur kendaraan

Generasi kelima dari Honda Odyssey memberikan dashboard dengan material kulit dan aksen kayu. Dimana kedua material tersebut digunakan memanjang sampai bagian trim pintu. Bagian tengah dashboard adalah bagian paling lengkap untuk perangkat elektronik bernama WVGA Capacitive dengan monitor touchscreen berukuran 7 inchi.

Perangkat elektronik ini yang menunjang dengan beragam fitur untuk radio AM/FM, port USB, port HDMI, bluetooth, iPod, iPhone, CD/DVD Player, dan MPQ/MP3 Player. Selain itu, perangkat juga memiliki kemampuan navigasi GPS dan dukungan terhadap sistem parkir otomatis, multi view camera assist, dan cross traffic monitor. Suhu kabin bisa diatur secara otomatis dengan menekan tombol kontrol AC yang memiliki dual zone climate control. Untuk memudahkan pengoperasian mobil dan mengoptimalkan bahan bakar, Honda menyematkan tombol one push ignition system dan tombol ECO.

Review All New Honda Odyssey 2017 : Bagian Kursi atau Jok

Foto Konfigurasi All New Honda Odyssey 2017 cukup lapang dan lega

Dengan konfigurasi 7 penumpang, seluruh anggota keluarga bisa diangkut

Kursi atau jok All New Honda Odyssey 2017 memiliki tiga baris yang bisa memuat penumpang sampai 7 orang (tidak termasuk sopir). Jok disokong dengan material berkualitas dan dikasih tambahan lapisan kulit. Pada Odyssey generasi kelima ini, kursi di deretan depan ditambahkan fitur-fitur tambahan – 4 Way Power Seat Adjuster untuk penumpang di samping sopir dan 8 Way Power Seat Adjuster untuk sopir.

Sementara itu, jok pada deret kedua dibekali Premium Cradle Seat yang diketahui sebagai kursi baris kedua terpanjang untuk mobil di kelasnya.

Review All New Honda Odyssey 2017 : Bagian Bagasi

Foto Bagasi All New Honda Odyssey 2017 yang bisa menampung banyak barang bawaan

Bagasi besar, bisa membawa barang yang benar-benar dibutuhkan

Pada bagian bagasi dari All New Honda Odyssey 2017 sangat luas. Bisa menampung dua koper dengan ukuran besar. Ketika kursi deret ketiga dilipat, maka ruang bagasi menjadi lebih luas lagi.

>>> Baca juga:

4. FITUR ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Review All New Honda Odyssey 2017 : Fitur Keselamatan

Body mobil dengan struktur G-CON + ACE membuatnya lebih aman

Struktur bodi G-CON+ACE, lebih aman buat penumpang

Tampaknya Honda tidak begitu membedakan antara fitur keselamatan antara All New Honda Odyssey 2017 versi facelift dan pre-facelift. Anda akan menemukan Complete SRS Airbags dilengkapi seat belt with pretensioner untuk menghindarkan seluruh orang yang ada didalam mobil dari risiko cedera serius ketika ada benturan. Hal baik lain yang ada untuk fitur keselamatan adalah Side Impact Beam dan Pedestrian Protection demi memberikan perlindungan ekstra, baik penumpang dan pejalan kaki. Fitur ini untuk melengkapi bodi mobil yang telah G-CON+ACE.

Untuk pengereman, mobil sudah menggunakan sistem ABS, EBD, dan BA. Sedangkan, Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist akan memberikan kontrol mobil terbaik untuk menjaga kestabilan mobil di jalanan tertentu.

Fitur keamanan mobil yang akan menghindarkan pengemudi dari kesalahan parkir atau bergerak mundur adalah fitur Multi View Camera Assist. Fitur lainnya adalah Immobilizer terpadu dengan alarm. Jadi tetap aman saat mobil tidak digunakan.  

Review All New Honda Odyssey 2017 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto roof monitor yang terdapat pada All New Honda Odyssey 2017

Penumpang bisa menikmati hiburannya sendiri tanpa harus berebut dengan sopir

Honda menyematkan fitur kenyamanan dan hiburan secara terpusat di bagian dashboard. Dimana di bagian ini, pengemudi bisa menyetel radio, musik, nonton, baik melalui bluetooth, port USB, iPod, ataupun iPhone. Semua dikendalikan dari satu perangkat bernama WVGA Capacitive dengan monitor touchscreen berukuran 7 inchi.

Sedangkan untuk penumpang baris belakang, ada Roof Monitor yang bisa menampilkan hiburan audio video dan bisa terkoneksi dengan gadged menggunakan infra red.

>>> Ulang Tahun ke 20, PT Honda Prospect Motor Bagi-Bagi Emas dan Uang Elektronik

5. OPERASI ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Foto Mesin All New Honda Odyssey 2017, sumber performa dan tenaga kendaraan

Mesin 2.400 cc memberikan tenaga besar pada kendaraan

Honda membekali All New Honda Odyssey 2017 dengan mesin 4 silinder segaris dan 16 katup i-VTEC DOHC + DBW. Mesin tersebut memiliki kapasitas 2354 cc untuk menghasilkan tenaga kuda sebesar 175 PS (172 Hp) per putaran 6200 rpm. Ketika putaran berada di kisaran 4000 rpm, mesin akan mengeluarkan torsi maksimal sampai 228 Nm. Transmisi otomatis CVT akan menyalurkan tenaga dari mesin.

6. SPESIFIKASI ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

DIMENSI

Panjang

1.820 mm

Tinggi

1.695 mm

Wheelbase

2.900 mm

MESIN

Jenis

2.4L 4 Silinder Segaris, i-VTEC DOHC, 16 Katup + DBW

Isi silinder

2.356 cc

Daya maksimum

175 PS (172 Hp) / 6.200rpm

Torsi maksimum

225 Nm / 4.000rpm

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Transmisi

CVT

SASIS DAN KAKI-KAKI

Drive Train

Front Wheel Drive

Sistem kemudi

MacPherson Strut

Suspensi depan

McPherson Strut with Stabilizer

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Solid Disc (Drum in Disc)

Ukuran ban

215/55 R17

Velg

17x7J

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Sebagai sebuah produk, All New Honda Odyssey 2017 tak terlepas dari kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini penjelasan kelebihan serta kekurangan mobil ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sensasi berkendara yang baik.

Ground clearance terlalu rendah, seperti generasi sebelumnya.

Fitur pendukung sangat lengkap.

Harganya relatif tinggi.

Hemat bahan bakar untuk ukuran mobil berkapasitas 2.400 cc

Unitnya terbatas.

8. DAFTAR HARGA ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Saat baru diluncurkan di Jakarta pada 16 Maret 2017 silam, All New Honda Odyssey 2017 dijual dengan harga Rp 715.000.000. Kini All New Honda Odyssey 2017 sudah berganti facelift terbaru dengan label New Honda Odyssey 2018. Sedangkan untuk All New Honda Odyssey 2017 sudah tidak lagi diproduksi. Namun bagi Anda yang benar-benar menginginkan mobil ini, Anda bisa mendapatkannya di pasar mobil bekas yang dijual di kisaran harga Rp 585 jutaan.

9. VIDEO ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

10. KESIMPULAN ALL NEW HONDA ODYSSEY 2017

Penampilan menarik Mesin All New Honda Odyssey 2017, jauh lebih mewah dibanding generasi sebelumnya

Tampilannya menarik dan sangat menggoda

Honda sepertinya ingin mempertahankan nuansa premium All New Honda Odyssey 2017 dengan menambahkan fitur-fitur baru dan penyegaran desain di beberapa bagian. Memang ditilik dari harganya, All New Honda Odyssey 2017 masih relatif mahal. Sehingga mungkin akan menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dengan dana pas-pasan. Namun, ketika mau memilih mobil yang mampu mengakomodir kenyamanan, kemewahan, manfaat, dan ruang lega, tanpa memikirkan soal harga, mobil All New Honda Odyssey 2017 sangat tepat bagi Anda.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review All New Honda Jazz 2020: Generasi Jazz Terbaik?

    16/11/2019| Arfian Alamsyah

    Review All New Honda Jazz 2020: Generasi Jazz Terbaik?

    Tampangnya memang bukan selera semua orang, Bahkan ia kalah sporty dari rivalnya All New Toyota Yaris 2020. Lantas, apakah Honda Jazz ini layak disebut sebagai generasi Jazz terbaik?

  • Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    17/10/2019| Abdul

    Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    Kesuksesan yang dituai Honda Brio pada 2012 silam mendorong PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia memperkenalkan Honda Brio Satya pada 2013. Lain dari versi pendahulunya, kendaraan tersebut adalah versi LCGC (Low Cost Green Car) dari city car tersebut. Nah Untuk kali ini kami akan membahas spesifikasi Honda Brio 2015, mari kita simak.

  • Review New Honda Mobilio S MT 2019

    04/10/2019| Fatchur Sag

    Review New Honda Mobilio S MT 2019

    Jika Anda ingin kendaraan dengan value tinggi tapi terjangkau, Anda tentu bisa memilih New Honda Mobilio S MT 2019. Walaupun pada versi kendaraan ini ada model RS yang lebih premium, versi S dengan transmisi manual ini tentu tidak kalah dalam memberikan kenyamanan berkendara. Jika Anda masih ragu tentang mobil ini, mari bahas bersama!.

International