Spesifikasi Toyota Rush GR Sport 2021: Tampilan Lebih Sporty Tapi Tetap Tangguh

17/08/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA RUSH 2021

Pada 9 Agustus 2021 pihak Toyota menghadirkan 4 produk GR Sport dan 1 nya adalah GR Limited. Dengan kehadirannnya membuat masyarakat bisa merasakan sensasi berkendara produk Gazoo Racing yang menyenangkan. Salah satunya adalah Rush yang mendapatkan beberapa penambahan sehingga tampilannya lebih eksklusif dan juga sporty.

Seperti yang telah diketahui, Toyota Rush merupakan sebuah kendaraan dalam segmen SUV yang mempunyai ketangguhan dan juga handal. Dengan adanya aura sporty yang lebih tentunya bisa menarik lebih banyak peminat. Lantas apa saja yang baru pada mobil SUV Toyota tersebut? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA RUSH 2021

Sisi Depan Toyota Rush GR Sport

gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Rush GR Sport 2021

Desain sporty dengan diberikan emblem GR pada beberapa tempat

Dengan adanya DNZ motorsport Toyota Gazoo Racing menjadikan tampilan depannya juga lebih sporty. Pada bagian headlamp mengandalkan teknologi lampu LED yang dapat memberikan pencahayaan sangat baik. Kemudian di bagian grillnya mengandalkan ukuran yang cukup besar dengan aksen warna krom gelap sehingga menjadikannya lebih sporty, modern dan juga dinamis.

Logo Toyota tetap disematkan pada bagian tengah grill. Adapun yang tampak baru sehingga membuat tampilannya bisa lebih sporty adalah pemberian New Outstanding Front Bumper Spoiler. Sementara itu, untuk mempermudah dalam melintasi jalanan berkabut dan hujan lebat fog lamp diberikan dengan model bulat dengan desain bentuk segitiga yang menunjukkan kegagahan mobil ini.

Sisi Samping Toyota Rush GR Sport

Gambar ini menunjukkan sisi samping Toyota Rush GR Sport 2021

Bagian moulding terlihat jelas yang menambah kegagahan dari arah samping

Ketika melihat bagian samping juga akan begitu menarik. Bagian atas sendiri terdapat roof rail dipadukan dengan talang air warna hitam yang tepat menunjukkan aura kegagahannya. Spion dan handle pintu menggunakan sewarna bodi seakan menunjukkan kesan sederhana tapi tetap macho. Pada tipe GR ini di bagian handle pintu telah diberikan Smart Entry yang mempermudah dalam membuka pintu mobil.

Di bagian bawahnya diberikan New Remarkable GR Side Body Moulding dengan ukuran cukup besar. Terdapat logo GR sebagai penanda bahwa mobil ini merupakan tipe GR Sport, hanya saja untuk panjangnya tidak sampai ke ujung. Akan tetapi berkat adanya tambahan tersebut kegagahan lebih terpancar dari arah samping.

Kemudahan juga ditawarkan dengan adanya New Auto Retractable Mirror. Sebagai penambah tampilannya lebih eksklusif dan juga penanda, bagian samping diberikan emblem GR Sport. Sedangkan pada velgnya mengandalkan 17 inci Alloy Wheel dengan desain begitu menarik menurut kami.

Sisi Belakang Toyota Rush GR Sport

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Toyota Rush GR Sport 2021

Ada tambahan pada sisi belakang segingga terlihat lebih gagah

Berlanjut ke sektor buritan, di bagian atapnya mengandalkan antena model shark fin yang menjadi ciri khas mobil tampilan sporty. Berpadu dengan spoiler with High Mount Stop lamp dan juga defogger kaca belakang serta rear wiper. Untuk lampu belakang menggunakan kombinasi LED yang terintagrasi dapat menghasilkan pencahayaan yang baik dan mudah dilihat oleh kendaraan di belakang.

Logo kebanggaan Toyota tetap diberikan pada sisi tengah berpadu dengan emblem tulisan Rush di sisi kiri dan emblem GR pada sisi kanan. Yang menarik adalah bagian bawah sendiri yang diberikan New Sturdy Rear Bumper Spoiler sehingga membuat tampilannya lebih berani dan juga tangguh.

>>> Spesifikasi Toyota Ipsum 1999 : Mobil 90-an Punya Double Sunroof

3. INTERIOR TOYOTA RUSH 2021

Kabin Depan Toyota Rush GR Sport

Gambar ini menunjukkan kabin depan Toyota Rush GR Sport 2021

Tampilan dashboard terlihat eksklusif

Di bagian interior mempunyai tampilan gagah dan juga modern yang dapat memberikan kenyamanan ketika berkendara dengan lebih maksimal. Dashboard mengandalkan soft touch yang mempunyai aksen warna two tone. Desain yang diberikan membuat bagian interiornya ini tampak lebih menarik dan memancarkan aura eksklusif.

Di bagian dashboard tampak beragam fitur yang mumpuni. Bagian tengah diberikan head unit New Cutting-Edge Entertainment Unit yang fungsional. Kemudian untuk pengaturan AC mengandalan Auto A/C with Digital Display dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan.

Sisi belakang kemudi mobil diberikan New Progressive Combination Meter yang merupakan teknologi informatif memberikan beragam informasi yang dibutuhkan selama perjalanan. Desain yang dimiliki juga tampak  menarik, enak dipandang dan mudah diopersikan.

Sementara itu, pada bagian kemudi mobil mengandalkan 3 palang dengan beberapa tombol pada palang sebelah kanan dan kiri. Hanya saja untuk pengaturan kemudi hanya diberikan Tilt Steering saja, namun hal tersebut tidaklah masalah daripada tidak sama sekali.

Jok Mobil Toyota Rush Sport

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Rush GR Sport 2021

Jok nyaman dengan kapasitas 7 penumpang

Berhubungan dengan jok mobil, kapasitas penumpang adalah 7 penumpang. Hasilnya satu keluarga bisa diajak melakukan perjalanan  ke tempat yang diinginkan. Kenyamanan lebih dirasakan dengan diberikannya headrest pada setiap kursinya yang dapat diatur ketinggiannya sehingga pengemudi dan penumpang bisa duduk sesuai posturnya.

>>> Ini Dia Keunggulan Teknologi Jadul OHV Di Mesin K Series Toyota Kijang​

4. FITUR TOYOTA RUSH 2021

Fitur Kenyamanan Toyota Rush GR Sport

Gambar ini menunjukkan fitur kamera mundur Toyota Rush GR Sport 2021

Parkir jadi lebih mudah dengan adanya kamera parking belakang

Ketika membicarakan tentang fitur tentunya salah satu yang dilihat adalah hiburannya. Sobat tidak perlu khawatir, karena terdapat head unit yang mempunyai beragam pengoperasian seperti Smartphone Remote APP, Multitasking Support (Miracast/Weblink with Radio/USB/CD), DVD AVX7" with Internet, Bluetooth, Ipod/IphoneConnectivity dan Weblink (Waze Support) yang berpadu dengan 8 Surround Sound Speakers.

Kemudahan juga diberikan ketika menyalakan mesin dan mematikannya. Hal tersebut didapatkan berkat fitur Smart Start/Stop Engine Button. Keefisiensi bahan bakar juga bisa lebih didapatkan dengan adanya fitur New Idle IDS Off Switch. Rear Parking Camera juga diberikan agar lebih memudahkan pengemudi ketika melakukan parkir mundur.

Fitur Keselamatan Toyota Rush GR Sport

Gambar ini menunjukkan sistem pengereman ABS pada mobil Toyota Rush GR Sport 2021

Fitur keselamatan mumpuni mendukung perjalanan lebih tenang

Pengemudi dan penumpang tidak perlu merasa khawatir soal keselamatan saat mengemudikan mobil ini. Pihak Toyota memberikan 6 SRS Airbags yang dapat mengurangi cedera parah ketika mobil terjadi tabrakan atau benturan. Fitur lainnya yang diberikan adalah Vehicle Stability Control (VSC). Dengan adanya fitur ini bisa mencegah mobil tergelincir ketika sedang melaju. Assuring 7 Seat Belt Indicators juga diberikan yang menjadi penanda pengemudi dan penumpang dalam penggunaan sabuk pengaman.

Sistem pengeremann ABS (Anti-lock Braking System) juga turut diberikan dipadukan dengan fitur HSA (Hill-Start Assist). Bahkan sudah mendapatkan rating bintang 5 dari ASEAN NCAP dalam hal safety, jadi tidak diragukan lagi dalam kehandalan dalam memberikan keselamatan.

>>> Spesifikasi Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Ada Pilihan Varian 3 dan 7 Airbag Dengan Harga Berbeda

5. OPERASI TOYOTA RUSH 2021

Gambar ini menunjukkan mesin 1.5L milik Toyota Rush

Mesin masih sama dengan Rush model sebelumnya yaitu memakai 1.5L

Menuju ke dapur pacu Toyota Rush GR Sport, dimana mesin yang digunakan berkode 2NR-FE 4 silinder in Line 16 katup DOHC berpadu dengan teknologi VVT-i kapasitas silindernya adalah 1.496 cc.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104 Ps dan torsi puncak yang bisa dicapainya adalah 13.9 Kgm. Transmisi yang diberikan terdapat 2 pilihan yaitu manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Kemudian teknologi bahan bakar yang disematkan adalah Electronic Fuel Injection.

>>> Spesifikasi Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009 : SUV Gen 1 Facelift Pertama

6. SPESIFIKASI TOYOTA RUSH 2021

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil Toyota Rush GR Sport:

DIMENSI

Panjang

4.435 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.705 mm

Jarak Sumbu

2.685 mm

Jarak Pijak Depan

1.450 mm

Jarak Pijak Belakang

1.460 mm

HANDLING & SUSPENSI

Sistem Rem Depan

16" Disc

Sistem Rem Belakang

Tromol / Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Pegas Koil dan Stabilizer

Suspensi Belakang

5 Link dengan Pegas Koil dan Lateral Rod dan Stabilizer

Ukuran Ban

215 / 60 R17 Alloy with Machining

MESIN

TIPE

2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

Bore x Stroke

72.5 x 90.6 mm

Isi Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

104 Ps / 6,000 Rpm

Torsi Maksimum

13.9 kgm / 4,200 Rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Transmisi

5 Speed Manual/4 Speed Automatic

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA RUSH 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Rush GR Sport:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain lebih sporty dengan tampilan eksklusif

Mesin yang digunakan tetap sama dengan model sebelumnya

Fitur mumpuni baik hiburan ataupun keselamatan

Pengaturan kemudi hanya Tilt saja belum telescopic

Harga cukup terjangkau untuk sebuah kendaraan SUV

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA RUSH 2021

Berikut ini merupakan daftar harga Toyota Rush yang dilansir dari laman resmi Toyota:

TIPE

HARGA

Rush 1.5 G M/T

Rp 245.500.000

Rush 1.5 G A/T

Rp 255.200.000

Rush 1.5 M/T GR Sport

Rp 256.600.000

Rush 1.5 A/T GR Sport

Rp 266.200.000

9. VIDEO TOYOTA RUSH 2021

10. KESIMPULAN TOYOTA RUSH 2021

Sebuah mobil SUV yang mempunyai tampilan sporty siap menemani perjalanan ke tempat yang diinginkan. Biasanya mobil SUV mempunyai harga cukup mahal, namun berbeda dengan Toyota Rush yang dibanderol dengan harga terjangkau. Apalagi dengan kehadiran Toyota Rush GR Sport yang memiliki tampilan Tangguh tapi juga sporty serta eksklusif. Tentu akan bisa dijadikan salah satu pilihan saat membeli mobil besutan Toyota.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa