Spesifikasi Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009 : SUV Gen 1 Facelift Pertama

27/07/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA FORTUNER 2009

Fortuner terkenal akan dimensinya yang besar serta memiliki tampilan tangguh. Dimana pembahasan Fortuner keluaran tahun 2009 ini merupakan generasi pertama dan juga menjadi facelift yang pertama di Indonesia. Tampilannya gahar dengan beragam fitur mumpuni dan menurut kami untuk interiornya terlihat mewah terutama bagian interiornya.

Nama Toyota sendiri sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Produk-produknya banyak dipercaya untuk menemani mobilitas keseharian, begitu juga dengan Toyota Fortuner. Apalagi dari segi perawatan tergolong mudah karena sparepart mudah didapatkan dan banyak dealer resmi yang sudah tersebar di Indonesia. Seperti apakah mobil SUV Toyota yang terkenal akan ketangguhannya tersebut?

2. EKSTERIOR TOYOTA FORTUNER 2009

Sisi Depan Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Gahar dan tampak kuat ketika melihat bagian depan

Tampilan depan tampak gahar dengan lekukan yang dimilikinya. Headlamp menggunakan ukuran besar dipadukan dengan grill yang juga terlihat begitu keren yakni aksen krom pada bagian atas dan bilahnya tebal dibuat berlubang. Logo toyota ditempatkan pada sisi tengah grill. Pada bagian headlamp tampak bulat-bulat di dalamnya dengan menggunakan proyektor. Sementara di sisi bumper terdapat lubang udara cukup besar dan panjang berpadu dengan penggunaan fog lamp crystal multi reflektor.

Sisi Samping Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Gambar ini menunjukkan sisi samping Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Desain gagah dan tangguh sangat tampak dari sisi samping

Bagian samping juga tampak ketangguhannya dan kegagahan. Tidak dipungkiri saat melihatnya lebih dekat mobil Fortuner tergolong cukup besar. Mengandalkan pelek 17 inci dipadukan dengan over fender sewarna dengan bodi. Lampu sein samping ditempatkan pada bagian fender depan dan spion. Bagian fender juga mendapatkan emblem tulisan 2.7 VVT-i dipadukan dengan handle pintu yang memakai aksen warna krom. Roof rail dipasangkan pada bagian atap membuat kegagahan mobil besutan Toyota satu ini lebih maksimal.

Sisi Belakang Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Gambar ini menunjukkan  bagian belakang mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Terdapat aksen krom yang membuat tampilannya terlihat lebih mewah

Menuju ke sektor buritan, sisi atas ditemukan spoiler dipadukan dengan high mount stop lamp. Sementara itu, pada bagian kaca belakang telah diberikan rear defogger dan rear wiper yang membantu visibilitas ke belakang. Lampu belakang menggunakan warna merah dan mika bening. Terdapat ornamen aksen warna krom seakan menghubungkan lampu belakang sebelah kanan dan kiri.

Krom juga diberikan pada logo Toyota dan emblem tulisan 2.7 G pada pintu bagasi sebelah kanan dam Fortuner sebelah kiri. Bumper dibuat sedikit menonjol ke belakang yang dapat memberikan perlindungan pada kendaraan ketika ada pengendara lain menabrak dari arah belakang.

>>> Lihat Juga: Review Toyota Fortuner 2014: Mobil SUV Tangguh Dengan Tampilan Gahar

3. INTERIOR TOYOTA FORTUNER 2009

Kabin Depan Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Gambar ini menunjukkan kabin depan mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Kabin depan terlihat mewah dengan desain yang diberikan

Ketika masuk ke bagian kabin depan akan dihadapkan dengan aksen warna hitam berpadu dengan beige serta aksen wood panel. Desain tersebut menunjukkan kemewahan pada bagian kabinnya yang dapat menambah kenyamanan dalam hal tampilan yang dimiliki.

Pada dashboard sebelah kanan terdapat beberapa tombol dan tuas seperti tuas buka kap mesin, tuas tangki BBM, dimmer, tombol electric mirror serta retract dan indikator alarm. Di bagian atasnya diberikan cup holder yang dapat disembunyikan dengan kisi-kisi AC yang dapat dibuka tutup. Dashboard mobil menggunakan bahan material hard plastik yang biasa digunakan mobil pada umumnya.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Kemudi sudah terdapat beberap tombol menarik

Sisi tengah dashboard terdapat layar MID yang dapat memberikan informasi seperti jam digital, kompas, rata-rata penggunaan BBM dan lainnya. Head unit fungsional dengan tampilan keren dan beberapa tombol pada sisi kanan dan kiri. AC mobil sudah Auto Climate yang memiliki pengaturan arah semburan lengkap hingga front defogger. Terdapat pula laci penyimpanan tertutup yang biasa digunakan sebagai asbak.

Sebelah kiri dashboard terdapat AIrbag penumpang depan, tweeter, kisi-kisi AC, cup holder yang bisa disembunyikan dan laci penyimpanan tertutup ukuran besar. Kemudi mobil didesain cukup menarik dengan beberapa tombol. Sebelah kiri terdapat tombol audio steering switch dan sebelah kanan tombol pengaturan MID. Pengaturan kemudi hanya tilt saja namun telah dibalut dengan kulit sehingga nyaman ketika digenggam. Jok mobil mengandalkan bahan kulit yang bisa memberikan kenyamanan selama berada di dalam kabin mobil Toyota satu ini.

Kabin Belakang Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Gambar ini menunjukkan jok belakang mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Kabin cukup lega dengan 7-8 penumpang di dalamnya

Untuk sektor belakang dapat memberikan kenyamanan dengan legroom dan head room yang diberikan. Bagian ini juga dominan dengan warna beige. Jok depan mobil mempunyai seatbelt pocket di belakangnya baik jok pengemudi atau jok penumpang. Sisi tengah terdapat cup holder yang bisa dimanfaatkan penumpang baris kedua sebagai tempat minum. Di bagian atap terdapat pengaturan speed fan AC belakang dan lampu baca.

Jok baris kedua hanya mendapatkan headrest 2 buah dan sisi tengahnya bisa dijadikan arm rest. Begitupun pada jok paling belakang yang mendapatkan 2 headrest adjustable.  Penumpang belakang juga mendapatkan kisi-kisi AC sendiri di sisi tengah sehingga suhu AC bisa dirasakan sampai penumpang baris belakang. Sebelah kanan dan kiri jok baris ketiga terdapat cup holder 1 sebelah kiri dan yang sebelah kanan 2 buah.

Bagasi Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Kalau membahas bagasi mobil, mengingat ok mobilnya terdapat 3 baris jadi membuat bagasi tidak terlalu besar. Namun terbilang cukup karena bisa digunakan untuk membawa barang bawaan. Bila menginginkan membawa lebih banyak barang bisa dengan melipat jok paling belakang ke bagian samping. Tempat tool kit posisinya di sebelah kiri bagasi mobil yang bermanfaat saat mengganti ban serep atau masalah lainnya.

 

4. FITUR TOYOTA FORTUNER 2009

gambar ini menunjukkan head unit dan kemudi mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Fitur hiburan mumpuni seperti radio dan CD/DVD

Fitur Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009 yang diberikan salah satunya adalah head unit dan AC yang bisa memberikan kenyamanan sampai baris paling belakang. Head unit dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM, CD dan juga DVD. Sudah terdapat Aux pada fitur ini dan untuk memasukkan kaset CD dan DVD perlu menekan tombol dan monitor akan bergerak mendatar. Penggunaan fitur hiburan ini membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, mobil Fortuner keluaran tahun 2009 ini juga mempunyai banyak ruang penyimpanan di dalam kabin. Seperti cup holder, ruang penyimpanan tertutup dan ruang penyimpanan terbuka. Fitur lain yang diberikan adalah dalam hal keselamatan, dimana mobil ini telah diberikan sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Dual Airbags juga diberikan untuk mengurangi cedera parah ketika mobil mengalami benturan.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Toyota Fortuner G VNT 2014 : Mobil SUV Fitur Mumpuni Dan Nyaman​

5. OPERASI TOYOTA FORTUNER 2009

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009

Mesin bandel siap terjang jalanan segala medan

Mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009 dalam pembahasan kali ini menggunakan mesin 2.7L 2TR-FE VVT-i DOHC dengan kapasitas 2.693 cc 4 silinder in-line 16 katup DOHC. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 160 Ps dan torsi puncaknya adalah 241 Nm. Bahan bakar menggunakan bensin yang siap memberikan kenyamanan dan menemani aktivitas berkendara ke tempat yang diinginkan. Pada bagian ruang dan kap mesin telah dilakukan pengecatan, hanya saja belum ada peredam di bagian kap mesin.

>>> Lihat Juga, Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

6. SPESIFIKASI TOYOTA FORTUNER 2009

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009:

DIMENSI

Panjang

 4695 mm

Lebar

 1840 mm

Tinggi

 1790 mm

Ground Clearance

 220 mm

Wheelbase

 2750 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

 Ventilated Disc

Rem Belakang

 Drum

Suspensi Depan

 Double Wishbone

Suspensi Belakang

 4-link

Steering

 Rack & Pinion

MESIN

Engine

 2.7L 2TR-FE VVT-i DOHC

Konfigurasi

 4 in-line cylinder, 16 valve

Displacement

 2693 cc

Tenaga Maks

 160 PS / 5500 rpm

Torsi Maks

 241 Nm / 3800 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA FORTUNER 2009

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur hiburan dan kenyamanan cukup mumpuni

Susah untuk naik bagi anak-anak dan lansia

Mesin yang dimiliki bandel

Konsumsi bahan bakar terbilang cukup boros

Mempunyai ground clearance yang tinggi sehingga dapat melintasi segala medan dengan lebih baik

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA FORTUNER 2009

Untuk mobil keluaran tahun 2009 tentunya hanya bisa didapatkan dalam kondisi bekas. Adapun harga bekas Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009 berada di angka Rp. 160 juta sampai Rp. 290 jutaan. Harga tersebut tergantung dari kondisi mobil dan juga wilayah pembelian. Semakin baik kondisinya maka harga yang ditawarkan bisa semakin mahal.

9. VIDEO TOYOTA FORTUNER 2009

10. KESIMPULAN TOYOTA FORTUNER 2009

Sebuah mobil SUV yang siap memberikan pengalaman berkendara ke tempat yang diinginkan. Apalagi mobil Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2009 masuk dalam segmen SUV menjadikannya bisa melintasi segala medan, baik untuk jalanan perkotaan ataupun pedesaan. Ketangguhan dan kegagahan membuat pemiliknya terasa macho serta bergaya. Bahkan ketika seseorang dengan tubuh besar mengemudikan mobil ini terasa pas seakan sangat pantas untuk dimiliki. Meskipun begitu bukan berarti mobil ini hanya untuk orang tubuh besar saja. Tinggal sesuaikan budget yang dimiliki dan bisa membeli Fortuner dalam kondisi bekas.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa