Spesifikasi Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel : MPV Keluarga Bisa Dukung Aktivitas Keseharian

18/03/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA KIJANG LGX 2003

Mobil Toyota Kijang pertama kali dihadirkan di Indonesia pada tahun 1977. Untuk model ini dikenal dengan nama Kijang buaya dengan mengandalkan konsep kendaraan pick up dan bentuknya juga dibuat mengkotak. Pemasarannya berlangsung selama 14 tahun hingga tahun 1981. Untuk generasi kedua masih sama dalam model pick up dan desain mengkotak. Banyak dikenal oleh masyarakat dengan nama Kijang Doyok yang hadir pertama kali di tahun 1981 menggantikan generasi pertamanya.

Toyota Kijang generasi keduanya ini memang bentuknya sama-sama mengkotak, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan yang diberikan seperti kap mesin dan sisi pintunya yang memakai engsel baru. Kehadirannya sampai pada tahun 1986. Dilanjutkan generasi ketiga yang mulai dipasarkan tahun 1986 sampai 1996. Pada model ini menjadi yang pertama dengan diberikannya teknologi full pressed body. Bahkan tampilannya sudah beda dan tidak memakai model pick up tapi merujuk ke segmen MPV. Generasi ini pihak toyota menghadirkan 2 tipe yakni Super Kijang dan satunya adalah Grand Extra.

Generasi keempat hadir pada tahun 1997 sampai 2004 dan dikenal juga dengan nama Kijang kapsul. Pada model generasi kelimanya unsur aerodinamika sudah diberikan dan untuk total variannya mencapai 18 model. Desain yang diberikan dibuat lebih membulat dan diberikan beberapa pilihan mesin. Dilanjutkan generasi kelima dipasarkan pada tahun 2004 sampai 2015 dan untuk generasi keenam keluar tahun 2015 hingga saat ini.

Pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai Toyota Kijang generasi keempat varian GLX yang dikeluarkan tahun 2003. Oke, daripada penasaran mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA KIJANG LGX 2003

Sisi Depan Toyota Kijang LGX 2003

gambar ini menunjukkan sisi depan Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel

 Tampilan tangguh dan masih banyak peminatnya

Pada saat melihat bagian depan maka akan dihadapkan dengan tampilan yang modern meskipun sudah berumur lebih dari 15 tahun. Lapisan krom yang merujuk kepada aksen mewah sudah diberikan pada bagian grill. Yang mana desainnya dibuat cukup panjang dengan logo Toyota di bagian tengah. Kemudian bagian headlamp didesain seakan mengikuti bentuk grill pada bagian dalam dengan ukuran cukup besar sampai ke bagian samping.

Di bagian bawah terdapat bumper yang sisi kanan dan kiri diberikan fog lamp. Yang mana untuk desainnya dibuat model jajar genjang berpadu dengan lubang udara pada bagian tengah yang dibuat cukup panjang.

Sisi Samping Toyota Kijang LGX 2003

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel

Desain mewah dengan aksen krom yang diberikan

Menuju ke sisi samping, pada bagian ini akan dihadapkan sebuah kendaraan yang tampak lega. Sebagai mobil tahun keluaran tahun 2.000 an, tidak heran jika masih belum ada lekukan-lekukan tajam seperti mobil-mobil saat ini. Di bagian atas pelek terdapat emblem tulisan KIJANG sebagai identitas dari mobil ini. Kemudian pada sisi spion dan juga handle pintu diberikan sentuhan aksen krom.

Untuk kaki-kaki mengandalkan pelek ukuran 14 inci dengan ada warna silver. Terdapat 6 palang yang berpadu dengan desain bodinya sehingga membuat kegagahan jadi terpancar pada sisi ini.

Sisi Belakang Toyota Kijang LGX 2003

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel

Tampilan sporty tampak berkat spoiler yang diberikan

Untuk bagian belakang akan dihadapkan dengan sebuah spoiler yang didesain cukup gagah dengan diberikan high mount stop lamp dengan ukuran cukup panjang. Kaca belakang cukup besar dengan logo Toyota pada sisi bawah aksen krom berpadu dengan wiper belakang.

Kesan menarik lain pada bagian dudukan plat nomor yang mendapatkan aksen krom dibuat mengelilinginya. Sementara lampu belakang didesain vertikal dan juga pada pintu yang didesain menggunakan bentuk seperti segitiga siku-siku. Di bawah sendiri menggunakan bumper dibuat menonjol seakan bisa melindungi bagian belakang saat ada kendaraan lain menabrak dari arah belakang. Sedangkan di atas sebelah kanan terdapat emblem tulisan KIJANG dan sebelah kiri adalah LGX.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA KIJANG LGX 2003

Dashboard & Kemudi Mobil Toyota LGX 2003

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi  Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel

Perlu upgrade supaya kenyamanan bertambah seperti head unitnya

Masuk ke interior dari Toyota Kijang LGX 2003. Ketika melihat dashboard akan tampak desainnya yang masih mirip dengan generasi sebelumnya. Bahan material yang digunakan adalah plastik keras yang terkenal akan daya tahannya. Dari segi desain memang tampak membulat dipadukan dengan head unit single DIN yang dapat digunakan untuk memutar kaset dan juga radio.

Pada bagian panel instrument seperti biasa dibalik kemudi mobil. Sementara pada sisi kiri di dashboard terdapat ruang penyimpanan tertutup yang telah diberikan kunci. Kemudi mobil menggunakan 3 palang tampak polos dengan logo Toyota pada sisi tengahnya. Pada setirnya nyaman saat digenggam sehingga pengendaraan mobil ini cukup menyenangkan.

Jok Mobil Toyota Kijang LGX 2003

Gambar ini menunjukkan jok Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel

Headroom dan legroom cukup lega buat nyaman penumpang

Menuju ke sisi jok mobil, untuk jok pengemudi mobil dapat diatur naik turun dan juga maju mundur. Sementara headrest yang diberikan sudah bisa diatur ketinggiannya. Kursi mobil besutan Toyota ini mengandalkan 3 baris dan dapat menampung sampai 8 penumpang. Kenyamanan bisa dirasakan oleh penumpang belakang berkat ruang yang terbilang lapang baik ruang kepala atau ruang kaki.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR TOYOTA KIJANG LGX 2003

Gambar ini menunjukkan head unit Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel

Fitur masih jadul karena hanya radio dan tape

Pada bagian fitur Toyota Kijang LGX 2003 terbilang kurang. Hal tersebut sangatlah wajar bila dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran jaman sekarang yang sudah dibekali dengan teknologi dan fitur yang modern dan canggih. Sebagai hiburan, mobil ini dibekali dengan head unit single DIN yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio dan kaset saja. Meskipun begitu, jika memilikinya Sobat bisa melakukan penggantian dengan head unit model layar sentuh.

Kenyamanan juga diberikan di dalam kabin mobil berkat penggunaan AC double blower. Sobat juga akan menemukan kisi-kisi AC mobil di atas baris kedua sehingga penumpang belakang juga bisa merasakan AC dengan pengaturan dari depan.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota

5. OPERASI TOYOTA KIJANG LGX 2003

Gambar ini menunjukkan mesin Mobil Toyota Kijang LGX 2003 Diesel

Mesin hemat konsumsi bahan bakar

Menuju ke sektor performa yang dimiliki Toyota LGX 2003. Mesin yang diberikan di dalamnya adalah mesin diesel konvensional dengan kapasitas 2.444 cc. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 82 Hp dan torsi puncaknya adalah 160 Nm. Torsi dan tenaga yang dihasilkan disalurkan ke bagian roda belakang dengan mengandalkan sistem transmisi manual 5 percepatan . Salah satu kelebihan yang dimiliki mobil ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang terbilang hemat. Meskipun ada yang berpandangan bahwa tenaga yang dimiliki mobil ini terasa kurang.

>>> Baca Juga, Ini Alasan Mengapa Karburator Toyota Kijang Diminati Para Mekanik

6. SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG LGX 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Toyota Kijang LGX 2003:

DIMENSI

Wheelbase

2.650 mm

Panjang

4.495 mm

Lebar

1.670 mm

Tinggi

1.560 mm

RODA MOBIL

Velg

14 inci

Ukuran  Ban

195/70 R14

MESIN

Mesin

4-silinder diesel

Kapasitas

2.444 cc

Tipe Transmisi

Manual 5-speed

Sistem Penggerak Roda

Roda Belakang

Tenaga Maksimal

82 Hp @ 4.200 rpm

Torsi Maksimal

1600 Nm @ 2.400 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA KIJANG LGX 2003

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Kijang LGX 2003:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai kabin yang lapang dan dapat menampung cukup banyak penumpang

Getaran mesin dapat dirasakan sampai bagian kabin

Berkat penggunaan mesin diesel membuatnya hemat konsumsi bahan bakar

Fitur yang diberikan tergolong kurang jika dibandingkan dengan mobil saat ini baik dari keselamatan ataupun hiburan

Harga juga terbilang stabil dan mempunyai suku cadang yang cukup mudah didapatkan

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA KIJANG LGX 2003

Sebagai mobil keluaran tahun 2000 an, mobil ini menjadi salah satu kendaraan yang harganya terbilang bertahan. Bagaimana tidak, untuk harga Toyota Kijang LGX 2003 dalam kondisi bekas berada di angka Rp. 70 juta hingga Rp. 100 jutaan. Namun harga juga bisa ada perbedaan tergantung dari wilayah pembelian dan juga kondisi mobilnya.

Yang perlu diperhatikan adalah saat membeli mobil. Pengecekan harus dilakukan dengan teliti karena umurnya yang sudah tua. Seperti pengecekan pada bagian eksterior, interior dan mesinnya. Jangan lupa mengecek keaslian dan kelengkapan dokumen mobilnya.

9. VIDEO TOYOTA KIJANG LGX 2003

10. KESIMPULAN TOYOTA KIJANG LGX 2003

Masuk dalam segmen MPV Sobat bisa memiliki mobil ini sebagai kendaraan keluarga. Apalagi bagi yang dananya pas-pasan dan ingin mempunyai sebuah kendaraan untuk bepergian bersama keluarga. Dengan fitur yang tergolong kurang Sobat bisa melakukan beberapa perubahan seperti head unit diganti dengan model lebih modern. Toyota Kijang LGX 2003 menggunakan mesin diesel dan hemat konsumsi bahan bakar, sehingga saat bepergian akan lebih ramah di kantong.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International