Review Daihatsu Hi-Max 2016

31/03/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR DAIHATSU HI-MAX 2016

Review Daihatsu Hi-Max 2016 - Saat ini dunia usaha Indonesia masih terus berkembang. Para pelaku usaha harus menyediakan layanan terbaik untuk kegiatan operasional. Mobil yang dikhususkan untuk kelas dunia usaha boleh dibilang masih kurang dilirik para pelaku industri otomotif besar Indonesia. Kalaupun ada, maka persentasenya sangat sedikit dibanding mobil penumpang.

Seperti Daihatsu, dari 9 model yang dipasarkan di Indonesia hanya ada 2 mobil niaga berupa pick up yaitu Gran Max PU dan Hi-Max. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan baik dari sisi desain, dimensi hingga spesifikasi mesin. Hal ini bisa dimaklumi mengingat segmentasi konsumen yang disasar juga berbeda.

Daihatsu Gran Max PU ditujukan untuk mengangkut lebih banyak barang dengan bobot yang lebih berat. Sementara pick up Daihatsu Hi-Max yang sama-sama untuk angkutan barang sangat cocok dikendarai di wilayah perkotaan Indonesia yang padat dan rapat karena dimensinya yang lebih kecil.

Foto Daihatsu Hijet 1000 Pick Up 1989

Puluhan tahun mengaspal, Daihatsu Hijet terus berkembang dan berevolusi

Daihatsu Hi-Max diluncurkan pada 10 November 2016. Menurut Tsuneo Itagaki selaku Senior Executive Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mobil ini memiliki tiga keunggulan yaitu kemampuan bermanuver di jalanan sempit sambil membawa beban, irit bahan bakar, dan harga terjangkau.

"Pick up model baru ini memiliki tiga keunggulan, yakni bodi compact dengan kemampuan manuver yang baik, mampu membawa beban yang cukup dan harga terjangkau serta irit bahan bakar," tutur Tsuneo Itagaki di sela-sela peluncuran Daihatsu Hi-Max, di Jakarta, November 2016 silam.

Selain desain asal yang berupa pick up, Daihatsu Hi-Max 2016 juga bisa dimodifikasi untuk dijadikan tempat usaha. Misalnya, dijadikan tempat berjualan tahu bulat, perpustakaan keliling, perabot rumah tangga, dan lain sebagainya. Anda yang ingin menjadikan mobil ini sebagai mobil pengangkut barang cocok banget memilih mobil ini.

Foto Daihatsu Hi-Max 2016 saat diluncurkan

Daihatsu Hi-Max 2016 diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan usaha kecil

Dengan bentuk yang tidak terlalu besar dan tenaga yang cukup, mobil ini cocok benar dipakai para pelaku usaha untuk melakukan pengantaran dan logistik dalam jarak yang tidak terlalu jauh. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dulu informasi seputar Daihatsu Hi-Max 2016. Apa yang menarik dari mobil ini, berikut ulasannya!

2. EKSTERIOR DAIHATSU HI-MAX 2016

Daihatsu Hi-Max 2016 mengambil desain Daihatsu Hi-Jet yang populer dengan tampilan depannya yang khas. Kita akan melihat dua head lampu besar yang menjadi ciri khas Hi-Jet. Mungkin desain itu untuk membuat mobil ini tampak futuristik dan gagah, sehingga dibuat desain boxy dengan bagian depan yang lebar. Untuk pilihan warna, Daihatsu Hi-Max 2016 memiliki dua pilihan yaitu Icy white dan Ultra black.

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Bagian Depan

Foto bagian depan Daihatsu Hi-Max 2016

Tampilan muka Daihatsu Hi-Max 2016 seperti memakai masker

Bagian depan mobil ini memang cukup familiar, karena desainnya merupakan gabungan dari model milik Gran Max dan Hi-Jet. Tapi, memang bentuk bagian depannya terlihat aneh, dimana bagian bemper dan grill-nya menyatu. Dengan begitu wajah depan mobil ini tertutup setengah bagiannya, seolah-olah memakai masker berwarna hitam.

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Bagian Samping

Foto bagian samping Daihatsu Hi-Max 2016

Dari arah samping Daihatsu Hi-Max 2016 sedikit tampak aneh, kepala besar bak kecil

Jika melihat desain bagian samping mobil ini secara detail, maka kita tidak akan malah makin menemukan bentuknya yang aneh dan tidak simetris. Dimana bagian depan (kepala) mobil tampak lebih menonjol, sedangkan bagian belakangnya (bak) terlihat lebih kecil. Tak ada tampilan yang mencolok di bagian samping untuk mobil pick up satu ini.

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Bagian Belakang

Foto bagian belakang Daihatsu Hi-Max 2016

Bak belakang Daihatsu Hi-Max 2016 seperti umumnya bak belakang mobil pick up

Bagian belakang menjadi salah satu bagian paling menonjol dari mobil yang dirilis tahun 2016 lalu. Dimana terdapat bak berukuran 1,935 mm dikali 1,395 mm. Bak setinggi 285 mm ini sanggup memuat berbagai barang bawaan yang tidak bisa dibawa mobil penumpang. Di sisi samping bak, terdapat kait-kait yang bisa dimanfaatkan untuk mengikat barang-barang bawaan dengan tambang atau tali.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR DAIHATSU HI-MAX 2016

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Kabin

Foto kabin Daihatsu Hi-Max 2016

Sederhana, kabin Daihatsu Hi-Max 2016 hanya untuk 2 orang saja

Ruang kabin yang dimiliki Daihatsu Hi-Max 2016 standar saja. Maklum, mobil ini memang didesain untuk mengangkut barang para pelaku usaha. Semua interior hanya dilapisi bahan plastik berwarna hitam. Seat belt menjadi andalan standar keamanan dalam berkendara. Ada dua varian Daihatsu Hi-Max 2016. Yang pertama memiliki AC dan yang kedua tidak memiliki AC. Tapi fitur lainnya tetap standar saja. Tidak ada yang berbeda, kecuali harganya yang bertambah beberapa juta.

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Dashboard dan Kemudi

Bagian dashboard mobil keluaran Daihatsu tahun 2016 ini bisa dibilang sangat sederhana. Semua bahannya terbuat dari full plastik. Di beberapa tempat dashboard ini terdapat lekukan-lekukan dummy yang hanya berfungsi sebagai penghias semata.

Foto setir Daihatsu Hi-Max 2016

Sudah ada power steering sehingga Daihatsu Hi-Max 2016 bisa lebih mudah dikendalikan

Sama seperti dashboard, pengendali kemudi juga sederhana dengan warna hitam dan logo Daihatsu di bagian tengahnya. Satu-satunya hal positif yang dimiliki bagian pengemudi ini ada fitur power steering yang memudahkan pengendalian mobil.

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Kursi / Jok

Mobil ini hanya menyediakan dua kursi / jok saja untuk pengemudi dan penumpang. Namun bicara soal kenyamanan agak sulit, karena kursi / jok ini tidak bisa diatur sedemikian rupa untuk menyamankan pengemudi atau penumpangnya (kernet). Benar-benar tegak!

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Bak Belakang

Foto Daihatsu Hi-Max 2016 mengangkut barang dagangan

Yang luar biasa, bak belakang Daihatsu Hi-Max 2016 bisa menampung banyak barang bawaan

Sebagai mobil jenis pick-up, Daihatsu Hi-Max 2016 tak memiliki bagasi. Namun terdapat bak mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut berbagai barang yang diperlukan. Dimana di bagian sisi-sisi bak ini terdapat kait yang bisa dipakai untuk mengencangkan barang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR DAIHATSU HI-MAX 2016

Daihatsu Hi-Max 2016 memang tidak didesain sebagai mobil berpenumpang. Karena itu, fitur-fitur kenyamanan, keamanan, maupun hiburan tidak disematkan sebagai fitur andalan mobil ini. Walaupun kurang memadai, Daihatsu Hi-Max 2016 tetap memiliki fitur keselamatan dan hiburan meski jumlahnya sangat minim.

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Fitur Keselamatan

Foto kursi dan sabuk pengaman Daihatsu Hi-Max 2016

Daihatsu Hi-Max 2016 minim fitur keselamatan

Daihatsu Hi-Max 2016 hanya menyematkan fitur keselamatan atau keamanan berupa seat belt untuk pengemudi dan penumpang yang berada di sebelah pengemudi. Tidak ada tambahan fitur untuk membuat nyaman atau keamanan lainnya – seperti safety air bag, brake assist, EBD (Electronic Brake Distribution), Vehicle Stability Control System, sensor parkir, dan yang lain.

Selain itu fitur-fitur seperti smart access Card entry, anti-theft device, alarm mobil, dan engine immobilizer juga tidak dibenamkan. Bisa dibilang, mobil jenis pickup memang minim soal keselamatan.

Review Daihatsu Hi-Max 2016 : Fitur Hiburan

Foto pemutar musik dan pengatur AC pada Daihatsu Hi-Max 2016

Hanya ada pemutar musik dan radio di Daihatsu Hi-Max 2016 sebagai teman perjalanan

Untuk fitur hiburan, Daihatsu Hi-Max 2016 menyematkan sebuah pemutar musik (CD) atau radio AM / FM dengan sebuah head unit 1Din. Sedangkan standarnya speaker hanya tersedia di bagian depan saja. Jika pemilik ingin mengupgradenya bisa disesuai kebutuhan atau keperluan. Tapi hal itu tentu memerlukan biaya upgrade tambahan.

>>> Klik sini untuk lihat semua mobil Daihatsu Hi-Max dijual dengan harga terjangkau

5. OPERASI DAIHATSU HI-MAX 2016

Pada mobil Daihatsu Hi-Max 2016 dibenamkan mesin 1KR-DE, 3-silinder, serta berkapasitas 1 liter. Mesin ini sanggup membuat Hi-Max bertenaga sebesar 57 Ps. Torsi maksimum yang bisa dihasilkan mobil ini adalah 85 Nm. McPherson Strut (depan) dan Rigid Axle dengan per keong (belakang) mengisi bagian suspensi dari mobil.

Foto mesin Daihatsu Hi-Max 2016

Keunggulan dimiliki Daihatsu Hi-Max 2016 berupa mesin bertenaga dan irit bahan bakar

Sedangkan Leaf Spring mengisi bagian shockbreaker. Memang itu bukan suspensi dan shockbreaker yang mewah, tapi tetap mampu memberikan kenyamanan untuk pengemudinya. Dengan catatan tidak melewati jalanan yang rusak.

Dengan kapasitas bahan bakar sebanyak 38 liter, mobil ini irit bukan main. Pernah tercatat, mobil ini bisa mencapai jarak 19 km hanya berbekal 1 liter bensin. Tentu keiritan ini menjadi nilai utama bagi Daihatsu Hi-Max 2016 yang statusnya sebagai mobil niaga.

6. SPESIFIKASI DAIHATSU HI-MAX 2016

DIMENSI

Panjang

3.395 mm

Lebar

1.475 mm

Tinggi

1.770 mm

Wheelbase

1.900 mm

Ground Clearance

160 mm

Berat Total Kendaraan

1.730 kg

BAK (BAGIAN DALAM)

Panjang

1.935 mm

Lebar

1.395 mm

Tinggi

285 mm

MESIN

Jenis

1KR-DE, DOHC, 3 Silinder segaris

Isi silinder

998 cc

Daya maksimum

57 Ps (56,2 Hp)/5000 rpm

Torsi maksimum

8,7 Kg.m (85 Nm)/4000 rpm

Sistem bahan bakar

Fuel Injection

Bahan bakar

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

38 liter

Transmisi

Manual, 5-kecepatan Maju

SASIS DAN KAKI-KAKI

Sistem kemudi

Rack & Pinion

Suspensi depan

MacPherson Strut, dengan per keong

Suspensi belakang

Rigid-axle dengan per daun

Rem depan

Disc (cakram berventilasi) dengan booster

Rem belakang

Drum, Leading & Trailing

Ukuran ban

145R13-8PR

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU HI-MAX 2016

Daihatsu Hi-Max 2016 dihadirkan dengan tujuan positif, menyediakan sarana transportasi untuk membantu para pengusaha kecil memperlancar usahanya. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan mengingat harga mobil ini juga tidak begitu besar.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Bentuk yang kecil membuatnya cocok merayap di wilayah yang cukup padat sambil mengangkut banyak barang jualan.

Beberapa fitur kenyamanan dikurangi sehingga pengemudi dan penumpangnya takkan bisa bersenang-senang selama melakukan pengantaran barang.

Cukup nyaman dikendarai karena telah dilengkapi fitur power steering yang akan membuat pengendara lebih nyaman mengendarai mobil.

Tenaga tidak besar, sehingga tidak bisa melakukan pengantaran jarak jauh seperti antar-kota.

Harga baru mobil ini tidak begitu mahal, sehingga cocok bagi para pelaku usaha yang baru merintis usahanya.

Tampilan mobil Himax juga biasa, bahkan cenderung aneh sehingga tidak cocok dipakai sebagai kendaraan pribadi

Irit bahan bakar

Harga purna jual sangat anjlok turun ke bawah. Mungkin karena mobil jenis ini digunakan untuk mengangkut barang, dan memiliki potensi untuk lebih cepat rusak dibanding mobil pribadi.

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU HI-MAX 2016

Saat ini hanya ada dua tipe Daihatsu Hi-Max 2016 yang dipasarkan di Indonesia, yaitu tipe Standar dan tipe Standar AC PS (Air Conditioner, Power Steering). Adapun harga keduanya adalah sebagai berikut.

TIPE

HARGA

Hi-Max PU 1.0 STD

Rp 102.050.000

Hi-Max PU 1.0 STD AC PS

Rp 110.050.000

Harga tersebut di atas adalah harga On The Road (OTR) Jakarta dan sekitarnya yang tertera di situs resmi Daihatsu Indonesia pada akhir Maret 2019. Untuk waktu atau daerah yang lain bisa saja berbeda dan lebih mahal. Silahkan kunjungi diler Daihatsu terdekat untuk mengetahui lebih detail seputar harga Daihatsu Hi-Max 2016.

9. VIDEO DAIHATSU HI-MAX 2016

10. KESIMPULAN DAIHATSU HI-MAX 2016

Para pelaku usaha yang membutuhkan kendaraan, dalam hal ini mobil, untuk membantu bidang usaha yang dijalankannya akan cocok membeli Daihatsu Hi-Max 2016 ini. Harga mobil ini terjangkau dan performanya pun bagus dan tak kalah daripada mobil sejenis dari pabrikan lain. Mobil ini tersedia dalam dua varian, tipe standar dan tipe standar plus AC. Tentu harga belinya juga berbeda.

Gambar Banner Daihatsu Hi-Max 2016

Jagoan Jalan Sempit menjadi jargon yang tak dimiliki kendaraan model lain

Mobil ini memang tidak berpenampilan stylish, tapi jika bicara soal bahan bakar iritnya bukan main. Mobil ini tercatat pernah sanggup mencapai jarak 19 kilometer dengan seliter bensin. Tentu keiritan ini menjadi opsi yang bagus dari sisi operasional usaha, khususnya pelaku usaha yang baru merintis usahanya.

Tingkat kenyamanan berkendara tambah mantap dengan hadirnya power steering dan AC di dalamnya. Namun, semuanya kembali pada selera dan budget masing-masing sebab mobil jenis pick up tidak hanya Daihatsu Hi-Max 2016 saja. Pabrikan lain juga ada yang memproduksi kendaraan niaga ringan berdimensi mungil yang tentu layak Anda pertimbangkan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Daihatsu Terios TX 2006 : Varian Tertinggi Lebih Banyak Fitur Di Dalamnya

    27/12/2019| Abdul

    Review Daihatsu Terios TX 2006 : Varian Tertinggi Lebih Banyak Fitur Di Dalamnya

    Terios merupakan salah satu mobil SUV besutan Daihatsu. Yang mana untuk pembahasan kali ini adalah mengenai Terios TX 2006 yang merupakan varian tertinggi. Dulunya mobil ini tergolong populer terutama untuk wilayah perkotaan. Lantas apa yang membuatnya begitu? Mari kita simak ulasannya tentang review Daihatsu Terios TX 2006.

  • Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

    27/09/2019| Fatchur Sag

    Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

    Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 hadir dengan banderol harga paling murah dan paling terjangkau. Meski demikian Anda harus mempertimbangkan masak-masak untuk membeli mobil ini. Mau tahu alasannya, simak review-nya berikut!

  • Review Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016

    25/09/2019| Fatchur Sag

    Review Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016

    Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 sangat mencolok pada harganya yang terjangkau dan punya kapasitas penumpangnya yang besar, tapi bukan itu saja kelebihan yang dimiliki. Simak ulasan lebih lengkap Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 berikut!

International