Preview Toyota C-HR EV 2020: Mobil Masa Depan Dengan Full Electric

05/06/2019 Abdul Review Toyota

Mobil listrik saat ini sedang trend, bahkan beberapa mobil terbaru baru saja diluncurkan. Bahkan adanya kabar akan kedatangan calon mobil listrik dari Toyota sudah terdengar. Untuk basis yang digunakan adalah TNGA (Toyota New Global Architecture). Daripada penasaran, berikut preview Toyota C-HR EV 2020.

1. PENGANTAR TOYOTA C-HR EV 2020

Preview Toyota C-HR EV 2020 - Jadi semakin kesini era modern sudah terlihat, seperti pada kendaraan yang mulai merambah ke mobil listrik. Bahkan beberapa produsen mobil ternama sedang berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah kendaraan yang menggunakan tenaga listrik. Untuk Toyota sendiri melakukan pengenalan untuk pasar China yakni Toyota C-HR EV 2020. Yang mana untuk maksud dari EV adalah Electric Vehicle. Mobil tersebut diperkenalkan bertepatan dengan acara Shanghai Motor Show. Akan tetapi sayangnya mobil listrik tersebut belum dilakukan penjualan karena masih dalam bentuk konsep. Namun konon penjualan akan dilakukan di tahun 2020.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota C-HR EV 2020 warna biru tampak depan

Pasar mobil listrik sedang trend di tahun ini

>>> Baca Juga, Review Toyota Prius 2019: Ikon Hybrid dengan Wajah Baru

2. EKSTERIOR TOYOTA C-HR EV 2020

Review Toyota C-HR EV 2020 : Bagian Depan

Pada bagian depan terlihat begitu futuristik dengan bumper yang memiliki bentuk sangat agresif. Terdapat lekukan yang dibuat menyiku dengan mengandalkan aksen warna hitam doff yang membuat tampilannya terlihat sangar. Sementara untuk grill Toyota C-HR EV 2020 menggunakan desain aerodinamis . Hal tersebut dikarenakan tidak terdapatnya celah yang bertugas untuk mengaliri radiator dengan udara dingin.

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota C-HR EV 2020 warna biru

Bagian depan tampak menarik dan memiliki desain aerodinamis

Review Toyota C-HR EV 2020 : Bagian Samping

Untuk bagian samping masih mempunyai tampilan yang tidak jauh berbeda dengan varian C-HR lain. Bagian bodi menggunakan desain eye catching yang dapat menarik perhatian banyak orang. Untuk perbedaan yang terlihat adalah di bagian peleknya yang tampil dengan desain yang lebih aerodinamis. Tujuannya adalah untuk membantu pembuangan dari turbulensi di balik pelek Toyota C-HR EV 2020.

Gambar ini menunjukkan bagian samping kanan Toyota C-HR EV 2020

Desain body Toyota C-HR EV 2020 hampir sama dengan C-HR varian lainnya

Review Toyota C-HR EV 2020 : Bagian Belakang

Tampilan belakang yang dimiliki terlihat cukup menarik. Lekukan-lekukannya terlihat sangat pas dan juga begitu fungsional. Hal itu karena dari pihak Toyota mengimplementasikan campuran dari desain sebuah crossover dengan cupe. Sehingga menghasilkan tampilan yang dimiliki jadi lebih melandai. Tidak hanya itu saja, terdapat pula ducktail pada bagian pintu bagasi yang dibuat kecil dapat membantu downforce ketika mobil Toyota C-HR EV 2020 diajak ngebut.

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota C-HR EV 2020

Bagian belakang memiliki lekukan-lekukan yang pas dan fungsional

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. INTERIOR TOYOTA C-HR EV 2020

Review Toyota C-HR EV 2020 : Bagian Dashboard & Kemudi

Pada dashboard Toyota C-HR EV 2020 menggunakan warna soft black dan licorice brown terlihat mendominasi seluruh bagian kabin. Bahkan aura kemewahan juga terpancar dengan adanya bahan material yang empuk dipasangkan pada bagian ini. Bahkan dengan hal tersebut membuat tampilannya terkesan lebih sporty.

Sedangkan untuk bagian kemudi Toyota C-HR EV 2020 belum ada informasi yang jelas. Namun jika dilihat memang layout di bagian interior mirip dengan Toyota C-HR yang dijual di Indonesia. Yang pasti untuk kemudinya ini memiliki diameter lingkar yang tepat dan saat digenggam akan terasa nyaman.

Gambar ini menunjukkan interior Toyota C-HR EV 2020 tampak kemudi dan dashboard

Interior didominasi dengan warna soft black dan licorice brown

>>> Klik di sini untuk mengetahui tips dan trik otomotif terbaru

4. FITUR TOYOTA C-HR EV 2020

Semakin kesini tentunya mobil akan memiliki lebih banyak fitur dengan teknologi canggih. Sama halnya pada mobil ini yang telah mengadopsi fitur Electronic Parking Braking. Yang mana dengan adanya fitur tersebut bisa membuat ECU aktif dan memberikan perintah pada sistem pengereman untuk melakukan pengereman dalam beberapa saat sebelum melakukan release. Jadi untuk cara kerjanya terjadi secara otomatis ketika pedal mobil diinjak.

Fitur selanjutnya adalah cruise control. Dengan adanya fitur ini pada Toyota C-HR EV 2020 bisa memudahkan pengendara terutama saat dalam kondisi kelelahan. Fitur tersebut dapat membantu mengurangi efek fatigue atau yang sering disebut dengan kelelahan ketika terlalu lama berkendara. Fungsinya adalah untuk memerintahkan ECU agar Throttle Position Sensor yang terdapat pada mobil listrik bisa membuka bukaan tertentu. Hasilnya mobil akan melaju dengan mulus tanpa adanya halangan walaupun pedal gas sedang tidak diinjak.

Fitur terakhir yang akan saya jelaskan adalah Electronic Regenerative brake. Dengan adanya fitur tersebut dapat energi yang dihasilkan dapat dimaksimalkan dan tidak terbuang secara cuma-cuma. Jadi energi akan diserap dan diubah menjadi  bahan bakar atau tenaga listrik.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota C-HR EV 2020 sedang dalam pameran

Mobil listrik dari Toyota ini dikabarkan akan hadir di tahun 2020

>>> Lihat Juga, Review Daihatsu Ayla 1.2 R 2018: Desain Modern nan Ergonomis Daihatsu

5. OPERASI TOYOTA C-HR EV 2020

Dari pihak Toyota Global belum memberikan informasi dengan jelas akan mobil Toyota C-HR EV 2020. Jadi masih belum jelas berapa kapasitas baterai, tenaga maksimal, torsi dan juga dinamo yang digunakan. Jadi kami belum bisa memberikan informasi tentang mesin Toyota C-HR EV 2020.

Akan tetapi yang pasti mesin yang nantinya akan digunakan bukan konvensional ataupun yang berpadu dengan mesin jenis hybrid. Namun mesin Toyota C-HR EV 2020 murni elektrik. Kalau soal transmisi perkiraannya adalah mengandalkan transmisi CVT sama seperti yang dipakai oleh mobil besutan Toyota lainnya yakni All New Prius PHV.

Untuk pelek serta ban yang dimiliki terbilang sama dengan milik C-HR pada umumnya dengan mengandalkan ukuran 17 inci. Sementara ban yang digunakan memiliki lebar 215 mm dengan ketebalan 60 mm. Untuk ban bisa saja menggunakan 2 model yaitu Bridgestone type Dueler H/P Sport dan Dunlop tipe Enasave EC300. Di bagian suspensi mengandalkan model independen yang akan dibuat lebih moderat ketika melakukan penyerapan guncangan. Bahkan dengan model tersebut, suspensi juga berfungsi untuk mengendalikan mobil sehingga lebih stabil saat melaju.

>>> Baca Juga, Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

6. VIDEO TOYOTA C-HR EV 2020

7. KESIMPULAN TOYOTA C-HR EV 2020

Jadi sebetulnya untuk informasi jelas dari Toyota C-HR EV 2020 masih belum ada keterangan lengkap. Mungkin hanya segitu saja yang bisa kami sampaikan. Akan tetapi jika melihat dari mobil Toyota C-HR yang sudah dipasarkan seperti varian standar dan juga Hybrid, tentunya mobil listrik Toyota ini akan asyik ketika diajak untuk melintasi jalanan. Kita berharap nantinya saat peluncuran di Indonesia dibanderol dengan harga yang masuk akal serta terjangkau. Untuk harga masih be;um dapat diperkirakan, namun untuk Toyota C-HR Hybrid dibanderol Rp. 523 jutaan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!