Cara merawat Mobil yang jarang dipakai supaya tetap prima

30/11/2017 | Mobilmo.com

Memiliki sebuah Mobil bisa dijadikan kebutuhan seseorang terutama di wilayah perkotaan. Akan tetapi hal tersebut tidak lepas dari kemacetan yang kerap terjadi, sehingga banyak yang memilih menggunakan angkutan umum. Dengan hal tersebut tentunya menjadikan Mobil pribadi jarang dipakai dan hanya berada di bagasi rumah. Memang hal tersebut dilakukan supaya saat akan melakukan bepergian jauh keluar kota untuk wisata dan lainnya bisa langsung digunakan. NamunĀ  merawat Mobil yang jarang dipakai juga diperlukan, supaya tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapanpun.

mencuci Mobil dilakukan secara berkala, pastikan Anda mencucinya sampai bersih pada bagian eksterior. Sementara untuk bagian interior bisa dilakukan dengan menyedot kotoran serta debu yang menempel menggunakan vacum cleaner. Jadi hal yang terpenting adalah jangan meninggalkan Mobil dalam kondisi kotor dalam jangka yang terlalu lama.

  • Memperhatikan keadaan oli mesin
  • Kondisi oli mesin yang baik merupakan salah satu langkah dalam merawat Mobil yang jarang dipakai. Jadi perhatikan volume oli mesin pada saat akan meninggalkan Mobil Anda dalam jangka waktu yang lama. Jadi dengan melakukan pergantian oli mesin ketika akan ditinggalkan dapat menjaga kondisi mesin Mobil tetap dalam keadaan prima.
    1. Melakukan pengecekan pada Ban Mobil
    Pada saat ingin meninggalkan Mobil dalam jangka waktu yang lama memeriksa kondisi ban juga perlu. Apabila ditinggalkan terlalu lama ban Mobil bisa kempes dan cepat mengalami kerusakan. Jadi apabila ingin ditinggalkan lebih baik ban Mobil ditopang agar tidak menahan beban Mobil. Untuk menopangnya bisa menggunakan benda yang keras dan tinggi seperti tumpukan balok. Tapi jangan menggunakan dongkrak karena bisa terjadi kerusakan pada dongkraknya.
    1. Mengisi bahan bakar sampai penuh
    Pada saat Anda memiliki niat untuk meninggalkan Mobil Anda dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya mengisi BBM sampai penuh. Hal tersebut bertujuan supaya tidak terdapat embun dalam tangki karena ada ruang yang kosong. Jika terdapat embun maka dapat menurunkan kualitas bahan bakar dan membuat mesin terganggu kinerjanya.
    1. Memberi ganjalan pada wiper
    Mobil yang jarang digunakan dapat menjadikan wiper dapat mengalami kerusakan. Jadi wiper yang jarang bekerja dapat juga rusak karena wiper menjadi keras sehingga mengganggu kinerja dari wiper. Untuk merawatnya bisa dengan memberi ganjalan busa supaya tidak menempel langsung ke kaca.
    1. Memastikan kondisi komponen listrik aman
    Salah satu hal yang juga rawan adalah komponen kelistrikan. Jadi jika Mobil jarang dipakai sebaiknya melepas kabel aki. Langkah tersebut mengurangi resiko hilangnya daya. Untuk melepas kabel aki didahulukan kutub negatif baru selanjutnya kabel positif. Sedangkan untuk memasang terlebih dahulu kabel positif baru negatif.
    1. Mengecek kondisi rem
    Tahap selanjutnya dalam merawat Mobil yang jarang dipakai adalah melakukan pengecekan pada kondisi rem. Jadi jika ingin meninggalkan Mobil dalam jangka waktu yang lama sebaiknya jangan mengaktifkan rem tangan. Karena jika rem tangan terlalu lama mengunci bisa menjadi lengket sehingga menyebabkan kerusakan.

  • Menutup Mobil dengan menggunakan cover
  • Dengan menutupi Mobil tentunya menghindari partikel debu yang akan masuk ke bagian Mobil melalui celah sempit. Jadi sangat disarankan untuk menutupinya dengan cover.

  • Memanaskan Mobil tiap hari
  • Adapun cara merawat Mobil yang jarang dipakai terakhir adalah dengan memanaskan Mobil setiap hari. Jadi Anda bisa memanaskan Mobil sehari cukup 4 sampai 5 menit. Luangkan waktu Anda sebentar guna melakukan perawatan tersebut.