Spesifikasi Toyota Innova Venturer 2020 : MPV Mewah Dengan Fitur Mumpuni

08/09/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA INNOVA VENTURER

Pada tahun 2020 mobil Toyota Kijang dilakukan facelift tepatnya di bulan Oktober. Perubahan yang dilakukan terlihat lebih menarik terutama pada Innova Venturer. Dimana mobil ini tampil lebih mewah dengan diberikan fitur lebih modern sehingga kenyamanan bisa didapatkan.

Hingga saat ini mobil ini masih bisa didapatkan dengan 4 pilihan varian yakni  2.0 MT, 2.0 AT mesin bensin dan 2.4 MT, 2.4 AT mesin diesel. Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi Toyota Innova Venturer 2021.

2. EKSTERIOR TOYOTA INNOVA VENTURER

Sisi Depan Toyota Innova Venturer 2020

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Innova Venturer 2021

Sebuah mobil MPV mewah untuk semua kalangan

Pada saat melihat bagian depan, salah satu yang tampak jelas adalah grill model trapezoidal yang mempunyai ukuran cukup besar. Aksen warna yang diberikan pada grill nya adalah black piano yang dikelilingi dengan warna garnish chrome memancarkan aura kemewanan pada sisi ini.

Kemudian untuk headlamp menggunakan lampu utama LED proyektor dipadukan dengan lampu jauh halogen posisi di tengah headlamp dan ada DRL pada headlamp sisi dalam. Lampu sein posisinya berada di tepian luar bawah dengan dikelilingi framing black glossy. Sementara di bagian bawah sendiri ada fog lamp mengandalkan LED.

Sebagai salah satu ciri khas yang dimiliki, dekat fog lamp diberikan add on dengan list warna black chrome.

Sisi Samping Toyota Innova Venturer 2020

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Innova Venturer 2021

Tampil bergaya dan mewah siap temani aktivitas bersama keluarga

Menuju ke sisi samping Venturer 2020, tampilannya sporty siap membuat pemiliknya tetap bergaya. Talang air sudah diberikan pada bagian kaca mobil dipadukan dengan window lane chrome.

Spion dan handle pintu mengandalkan aksen warna krom yang membuat tampilan sampingnya terlihat mewah. Velg mobil menggunakan desain two tone ukuran 17 inci. Kesan sporty juga didapatkan dengan adanya body cladding hitam yang dibuat mengelilingi fender sampai belakang.

Perbedaan antara varian mesin diesel dan bensin adalah pada bagian fender terdapat emblem tulisan Dual VVT-i warna chrome untuk mesin bensin. Sedangkan pada varian mesin diesel dibuat polis tanpa ada tambahan emblem.

Sisi Belakang Toyota Innova Venturer 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Innova Venturer 2021

Desain sporty dan terdapat cukup banyak aksen krom

Melihat sektor belakang akan muncul kesan sporty berkat penggunaan rear spoiler. Kaca belakang telah menggunakan defogger dipadukan dengan wiper belakang dan logo Toyota chrome pada bagian tengah. Antenna menggunakan model shark fin yang menjadikan kesan sporty bertambah.

Bagian stop lamp masih mengandalkan bohlam halogen biasa, jadi tidak ada perubahan dengan Ventures sebelum facelift. Garnish warna chrome di bawah kaca lebih tebal dibandingkan list chrome bawah emblem logo Toyota dengan desain lebih tipis.

Pada sisi samping kiri pintu terdapat emblem tulisan Innova dan sebelah kanan emblem tulisan Venturer yang keduanya terbalut chrome. Di bagian bumper terdapat add on yang menyambung dari ujung ke ujung menjadi tempat reflector dengan ada list black chrome. Yang baru adalah framing tempat plat nomor yang memakai warna black glossy.

>>>  Toyota Venturer 2017, Alternatif MPV Kelas Premium

3. INTERIOR TOYOTA INNOVA VENTURER

Sisi Dashboard & Kemudi Mobil Toyota Innova Venturer

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Toyota Innova Venturer 2021

Tampilan mewah pada bagian interiornya

Venturer mempunyai dashboard yang masih sama dengan sebelumnya karena tidak terlalu banyak perubahan di dalamnya. Hanya saja agar tampilannya tampak lebih mewah, pihak Toyota membuat wood panel mempunyai corak yang lebih gelap.

Pada bagian kanan dashboard terdapat tuas pembuka kap mesin dan tutup bensin. Terdapat juga tombol sensor parkir dan indikator alarm serta engine start/stop. DIberikan pula cup holder yang dapat disembunyikan berpadu dengan ksisi-kisi AC di bagian atas sendiri.

Pada sisi tengahnya terdapat jam digital berpadu dengan head unit yang memiliki beragam fitur di dalamnya. Di bawahnya ada pengaturan AC model digital Auto Climate berpadu dengan tombol stability control dan pilihan mode serta tombol ion yang merupakan fitur integrated air purifier.

Sementara untuk sisi kiri terdapat airbag penumpang depan dan laci penyimpanan tertutup dengan cooler box bagian atas dan di bawah juga ada laci penyimpanan tertutup lagi yang ada penguncinya.

Bagian kemudi mobil menggunakan lapisan kulit dengan jahitan warna merah. Kemudi bagian atas juga diberikan aksen wood panel seakan menunjukkan kemewahan di dalam mobil. Palang sebelah kiri kemudi terdapat tombol audio steering switch sementara sebelah kanan tombol pengaturan layar MID. Sedangkan pengaturan kemudinya lengkap Tilt dan Telescopic.

Sisi Jok Toyota Innova Venturer 2020

Gambar ini menunjukkan pengaturan jok pengemudi Toyota Innova Venturer 2021

Pengaturan jok pengemudi sudah electrik

Bagian jok mobil mengandalkan bahan kulit dan mendapatkan jahitan warna merah. Yang menarik adalah untuk pengaturan untuk jok pengemudi yang sudah menggunakan electric 8 arah. Sisi belakang jok pengemudi dan penumpang depan terdapat seat back pocket dan meja dengan beban maksimal 10 kg. Sisi tengahnya ada rear seat entertainment belum layar sentuh dan power outlet di bawahnya.

Salah satu ciri khas jok dari Venturer adalah penggunaan jok captain seat.Sementara untuk baris ketiga bisa diduduki 3 orang sehingga jika diisi penuh bisa untuk 7 penumpang. Bahkan headrestnya juga terdapat 7 buah yang bisa diatur ketinggiannya, jadi setiap kursi mendapatkannya.

Bagasi Toyota Innova Venturer 2020

Gambar ini menunjukkan bagasi Toyota Innova Venturer 2021

Bagasi luas apalagi jok belakang dilipat

Berhubungan dengan bagasi, kapasitas yang dimiliki terbilang cukup baik. Bahkan saat baris ketiga dalam kondisi free dapat dilakukan pelipatan  50:50. Bahkan jok belakang bisa dilakukan pelipatan ke atas yang membuatnya lebih lega. Si si bagasi kiri menjadi tempat penyimpanan headrest saat tidak digunakan.

4. FITUR TOYOTA INNOVA VENTURER

Fitur Kenyamanan Toyota Innova Venturer 2020

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Innova Venturer 2021

Fitur kenyamanan mumpuni buat perjalanan menyenangkan

DIbalik kemudi terdapat panel meter yang lengkap dengan layar MID (Multi Information Display) yang ditempatkan di bagian tengah tachometer dan speedometer. Informasi yang diberikan lengkap seperti 2 buah trip meter, odometer, konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata dan kecepatan rata-rata.

Bahkan ada juga kalkulator otomatis yang bisa memberikan informasi terkait pengeluaran ketika membeli BBM. Kemudian untuk memberikan hiburan selama perjalanan, head unit monitor layar sentuh ukuran besar diberikan di bagian dashboard. Di dalamnya terdapat fitur NFC (Near Field Communication) sehingga memungkinkan pemilik mobil mengecek saldo e-Money by Bank Mandiri.

Di dalamnya fitur ini memberikan hiburan berupa radio, USB, miracast dan juga Bluetooth. Rear Seat Entertainment juga ditempatkan pada bagian tengah kursi depan. Hanya saja pengaturannya masih belum layar sentuh. Integrated Air Purifier (Car Ionizer) atau fitur pembersih udara juga diberikan pada mobil ini.

Dengan begitu kualitas udara mengalami peningkatan karena ion negatif yang dihasilkan. Fitur ini dipadukan dengan intelligence air quality control sehingga kualitas udara di mobil bisa ditunjukkan kondisinya. Kinerjanya bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis dan terintegrasi dengan AC mobil.

Fitur Keselamatan Toyota Innova Venturer 2020

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur Toyota Innova Venturer 2021

Pengemudi dan penumpang lebih merasa aman di dalam mobil dengan fitur keselamatan yang ada

Untuk memberikan rasa aman selama perjalanan, pihak Toyota memberikan Airbags yang lengkap yakni Dual Airbag, Knee Airbag, Side Airbag dan Curtain Shield Airbags. Selain itu, fitur yang diberikan lainnya adalah VSC ( Vehicle Stability Control), Hill Start Assist dan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System)dan EBD (Electronic Braking-Force Distribution).

>>> Meluncur Awal 2017, Toyota Innova Venturer Menggeser Tipe Q

5. OPERASI TOYOTA INNOVA VENTURER

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Innova Venturer 2021

Ada 2 tipe mesin yang dapat dipilih sesuai selera

Pihak Toyota menawarkan 2 pilihan mesin pada mobil ini yaitu diesel dan bensin. Untuk varian diesel mengandalkan mesin 2GD-FTV 4 silinder segaris 16 katup DOHC, VNT.  Kapasitasnya adalah 2.393 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 149 Ps dan torsi puncaknya mencapai 360 Nm.

Sedangkan pada varian bensin mengandalkan mesin 1TR-FE 4 silinder segaris Dual VVT-i dengan kapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 139 Ps dan torsi maksimalnya adalah 183,4 Nm. Terdapat 2 pilihan transmisi yakni manual 5 speed dan otomatis 6 speed ECT dengan mengandalkan sistem penggerak roda belakang.

6. SPESIFIKASI TOYOTA INNOVA VENTURER

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Innova Venturer 2020:

DIMENSI

Panjang

4.735 mm

Lebar

1.830 mm

Tinggi

1.795 mm

Jumlah Tempat Duduk

7 Tempat Duduk

Kapasitas Tangki

55 Liter

Jarak Sumbu Roda

2.750 mm

Jarak Pijak Depan & Belakang

1.540 mm & 1.540 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam, Ladder Frame

Struktur Sasis

Monokok, IMV, C-Segment MPV

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, LSPV

Suspensi Depan & Belakang

Depan: Dual Wishbone with Coil Spring + Stabilizer

Belakang:  4-Link Rear Suspension & Lateral Road

Sistem Kemudi

Hydraulic Power Steering

Velg

Alloy, 17 Inch

MESIN

BENSIN

DIESEL

Tipe mesin 

1TR-FE, 4 Silinder Segaris, Dual VVT-i

2GD-FTV, 4-Silinder Segaris, 16 Valve, DOHC, VNT

Kapasitas Silinder

1.998 cc

2.393 cc

Tenaga Maksimal

137,5 Hp (139 Ps) @ 5.600 Rpm

147,5 Hp (149 PS) @ 3.400 Rpm

Torsi Maksimal

183,4 Nm (18,7 Kgm) @ 4.000 rpm

360 Nm (36,7 Kgm) @ 1.200 - 2.600 Rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Common Rail Direct Injection

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA INNOVA VENTURER

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Innova Venturer 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan mewah dan sporty

Pelipatan jok belakang ke atas sehingga sedikit mengurangi kapasitas bagasi

Memiliki ruang akomodasi yang sangat baik, untuk penumpang ataupun barang apalagi saat jok belakang nganggur

Belum diberikan fitur cruise control yang tombolnya biasanya di palang kemudi sebelah kanan

Fitur yang diberikan tergolong lengkap untuk menemani perjalanan

Hanya lampu utama dan fog lamp yang menggunakan LED, lampu jauh masih pakai bohlam halogen biasa

8. DAFTAR HARGA TOYOTA INNOVA VENTURER

Jika membicarakan soal harga Toyota Kijang Innova Venturer 2020 terbilang cukup menarik. Karena dengan apa yang diberikan di dalamnya harganya cukup lumayan menguras kantong. Berikut ini merupakan daftar harganya dilansir dari laman resmi Toyota:

VARIAN

HARGA

Venturer 2.0 MT Bensin

Rp 426.600.000

Venturer 2.0 AT Bensin

Rp 445.800.000

Venturer 2.4 MT Diesel

Rp 463.900.000

Venturer 2.4 AT Diesel

Rp 484.500.000

9. VIDEO TOYOTA INNOVA VENTURER

10. KESIMPULAN TOYOTA INNOVA VENTURER

Dengan kemewahan yang dimiliki dan fitur serta ruang akomodasi yang diberikan membuat mobil ini memiliki harga di atas 400 jutaan. Namun ketika membeli mobil MPV ini memang sepadan dengan harganya karena kelengkapan fitur dan kenyamanan yang ditawarkan di dalamnya untuk semua penumpang. Mobil ini sangat kokoh berkat penggunaan sasis ladder frame dan hemat BBM sehingga pemilik Toyota innova Venturer 2020 akan lebih hemat dalam pengeluaran.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa