Spesifikasi Toyota Agya GR Sport 2021 : Desain Lebih Sporty Dan Stylish

27/08/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA AGYA 2021

4 model GR (Gazoo Racing)Sport dihadirkan oleh pihak Toyota meliputi Toyota Fortuner, Agya, yaris dan Rush. Kemudian untuk tipe Limited diberikan Veloz yang dijual dengan jumlah terbatas. Dengan pembaruan yang dilakukan tampilan mobil jadi lebih sporty dan juga lebih menarik.

Pada pembahasan kali ini adalah pada Toyota Agya yang merupakan kendaraan LCGC Toyota dengan harga cukup terjangkau. Cocok dijadikan kendaraan perkotaan yang menemani aktivitas keseharian.

2. EKSTERIOR TOYOTA AGYA 2021

Sisi Depan Toyota Agya GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Agya GR Sport 2021

Tampilan depan tampak sporty dengan New Front Bumper Spoiler

Di bagian depan ini terlihat cukup sporty dengan emblem khas mobil LCGC. Ukuran grille besar dipadukan dengan headlamp yang juga mempunyai ukuran cukup besar. Pada bagian headlamp  menggunakan projector halogen dipadukan dengan lampu kabut crystal multi reflector halogen.

Adapun yang baru pada mobil ini adalah diberikan New Front Bumper Spoiler yang menjadikannya tampil lebih sporty. Untuk bumpernya terdapat taring warna gray yang berpadu dengan desain bagian depannya sehingga tampak lebih menarik.

Sisi Samping Toyota Agya GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping Toyota Agya GR Sport 2021

Sisi samping juga ada yang baru untuk mendukung tampilannya

Melihat bagian samping, desainnya juga tampak menarik. Dimana yang baru di bagian ini adalah New Side Skirt , New Design GR Sticker dan New Retractable Side Mirror. Handle pintu dan spion dibuat sewarna bodi dipadukan dengan side body moulding pada bagian pintu yang juga diberi warna sama dengan bodi.

Fender depan terdapat emblem tulisan Dual VVT-i  memakai warna krom. Velg mobil menggunakan desain two tone ukuran R14. Perpaduan desainnya menjadikan tampilannya lebih sporty yang membuat mobil ini cocok untuk anak muda.

Sisi Belakang Toyota Agya GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Agya GR Sport 2021

Bagian menonjol yang menarik di belakang adalah spoiler yang diberikan

Pada bagian buritan terdapat New rear Spoiler menggunakan warna hitam dipadukan dengan High Mount Stop Lamp. Rear wiper juga diberikan dipadukan dengan logo Toyota warna krom di bawahnya.

Untuk stop lamp menggunakan LED dengan model huruf L yang mendapatkan tepian krom. Sisi kanan pintu ada emblem tulisan Agya GR dan sisi kiri Astra Toyota. Adapun yang baru pada bagian belakangnya adalah New Rear Bumper Spoiler dan New Rear Spoiler.

>>> Review Toyota Agya 1.0 G 2013: Mobil LCGC Harga Terjangkau Perawatan Mudah

3. INTERIOR TOYOTA AGYA 2021

Dashboard & Kemudi Toyota Agya GR Sport 2021

gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Toyota Agya GR Sport 2021

Tampilan interior stylish dengan dominasi warna hitam

Ketika masuk ke bagian kabin akan dihadapkan desain interior yang stylish. Tampilannya dashboard terlihat menyenangkan dengan tombol Start/Stop Button di sisi kanan dipadukan dengan tombol electric mirror. Di bagian atas terdapat kisi-kisi AC model bulat dengan ring krom. Bahan material dashboard adalah hard plastik yang menjadi standar pada mobil.

Di sisi tengah diberikan kisi-kisi AC dipadukan dengan head unit fungsional dan AC model digital. Pada sisi kiri terdapat kisi-kisi AC bulat, airbag penumpang depan dan laci penyimpanan tertutup yang bisa digunakan untuk menyimpan barang.

Kemudi mobil memakai 3 palang dengan tombol audio steering switch pada palang sebelah kiri. Untuk palang sebelah kanan tampak polos, sedangkan di bagian tengah ada logo Toyota warna krom, SRS Airbag dan tombol klakson. Pengaturan kemudi masih fix jadi tidak ada tilt ataupun telescopic.

Jok Mobil Toyota Agya GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan jok belakang Toyota Agya GR Sport 2021

Kursi nyaman saat diduduki pengemudi atau penumpang

Jok mobil menggunakan bahan fabric yang bisa memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpang. Pengaturan jok pengemudi masih standar dan belum diberikan height adjuster. Di belakang jok pengemudi dan penumpang depan diberikan seat back pocket yang dapat digunakan untuk menempatkan barang bawaan ukuran tipis seperti buku, majalah dan lainnya.

Dapat digunakan untuk 5 penumpang di sisi belakang mendapatkan headrest adjustable pada setiap joknya. Kabin Toyota Agya dominan warna hitam yang membuatnya terlihat cukup menarik.

Bagasi Toyota Agya GR Sport 2021

gambar ini menunjukkan koper berada dalam bagasi Toyota Agya GR Sport 2021

Bagasi bisa lebih luas dengan melipat jok belakang

Pintu bagasi tidak diberikan handle dan untuk membukanya mengandalkan tuas di kanan pengemudi. Bisa juga menggunakan kunci melalui pintu bagasi. Di dalam bagasi Agya ada separator dan ukuran bagasinya cukup lega. Sementara di bawah lantai bagasi terdapat ban serep dengan velg kaleng dengan ukuran 14 inci. Jika ingin menambah kapasitas bagasi bisa melipat bangku baris kedua, hanya saja pelipatannya harus bersamaan antara kiri dan kanan.

>>> Toyota Agya 2017, Mobil LCGC Yang Laris di Pasar Indonesia

4. FITUR TOYOTA AGYA 2021

Fitur Kenyamanan Toyota Agya GR Sport 2021

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Agya GR Sport 2021

Perjalanan lebih menyenangkan dengan fitur hiburan yang ada

Untuk mendukung kenyamanan selama berkendara, pihak Toyota memberikan head unit monitor layar sentuh. Dimana pada fitur ini dapat digunakan untuk mengoperasikan Radio, Disc, M Toyota, USB dan AUX. Kemudian pada pengaturan AC menggunakan model digital yang dibekali dengan mode Max Cool. Hanya saja belum diberikan pengaturan arah semburan dan belum auto climate.

Selanjutnya adalah fitur New Engine Start/Stop Button. Pengemudi sudah tidak lagi memutar kunci kontak, akan tetapi untuk menyalakan dan mematikan mesin hanya dengan menekan tombol saja. Fitur ini sebelumnya hanya diberikan pada mobil kelas atas saja.

Fitur Keselamatan Toyota Agya GR Sport 2021

gambar ini menunjukkan baby cas seat pada jok mobil Toyota Agya GR Sport 2021

Anak-anak bisa lebih aman dan nyaman di kabin mobil

Berhubungan dengan keselamatan terdapat 2 SRS Airbags yang dapat mengurangi benturan keras bagi pengemudi dan penumpang depan ketika mengalami tabrakan. Selain itu, pada bagian samping terdapat side impact beam di dinding mobil sehingga bisa mengurangi cedera saat terjadi benturan dari arah samping.

Fitur lainnya yang diberikan adalah sistem pengereman ABS. Bahkan untuk menjaga sang buah hati supaya tetap aman terdapat fitur ISOFIX dan juga Child Safety Locks.

>>>  Baca Informasi Lain Tentang Review Toyota Agya 1.0 G M/T Facelift 2017

5. OPERASI TOYOTA AGYA 2021

Gambar ini menunjukkan bagian mesin pada mobil Toyota Agya GR Sport 2021

Mesin dibekali dengan sistem bahan bakar electronic fuel injection

Menuju ke sektor performa, dimana Toyota memberikan Toyota Agya GR Sport 2021 ini dengan mesin 1.2L NR 4 silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i. Kapasitas yang dimiliki oleh mesin tersebut adalah 1,197 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 88 Ps dan torsi puncaknya adalah 11.0 Kgm. Sistem bahan bakar yang dipakai untuk mendukung mesin mobil adalah Electronic Fuel Injection.

>>> Artikel Menarik Lain Tentang Review Toyota Agya 2016 : City Car Kekinian Dengan Harga Terjangkau

6. SPESIFIKASI TOYOTA AGYA 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Agya GR Sport 2021​:

DIMENSI

Panjang Keseluruhan

3.660 mm

Lebar Keseluruhan

1.600 mm

Tinggi Keseluruhan

1.520 mm

Jarak Sumbu

2.450 mm

Jarak Pijak Depan

1.420 mm

Jarak Pijak Belakang

1.415 mm

HANDLING & SUSPENSI

Sistem Rem Depan

13" Disc (Ventilated)

Sistem Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Pegas Koil

Suspensi Belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring

Sistem Kemudi

Rack dan Pinion dengan Electric Power Steering

Ukuran Ban

175 / 65 R14 Alloy

MESIN

Tipe Mesin

1.2L NR 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i 

Isi Silinder

1.197 cc

Daya Maksimum

88 Ps/6.000 Rpm

Torsi Maksimum

11.0 Kgm/4.200 Rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

>>>  Penjualan Toyota Agya Naik di Tengah Pandemi Virus Corona

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AGYA 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Agya GR Sport 2021​ :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan lebih sporty

Kemudi fix tidak bisa diatur

Adanya fitur untuk mendukung kenyamanan anak-anak

Tidak terlalu banyak perubahan di interior

Desain interior tampil menarik dengan fitur hiburan mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA AGYA 2021

Terdapat 2 pilihan transmisi pada Agya yakni manual dan otomatis. Harganya juga terdapat perbedaan, adapun harga Toyota Agya GR Sport manual adalah Rp 154.545.000 dan otomatis adalah Rp 173.390.000. Untuk harga tersebut dilansir dari laman resmi Toyota.

9. VIDEO TOYOTA AGYA 2021

10. KESIMPULAN TOYOTA AGYA 2021

Toyota Agya GR Sport mempunyai tampilan yang lebih sporty dan juga atraktif. Soal harga tidak terjadi perubahan dibandingkan tipe TRD Sportivo. Mobil ini cocok untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Pihak Toyota memberikan beberapa pilihan warna seperti Black, Gray metallic, Silver Metallic, White, Yellow, Orange Metallic dan Red.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa