Review Ford Focus RS 2018

04/10/2018 Metodius Getan Plue Review Ford

Sejak lama hatchback sudah digandrungi oleh masyarakat dunia, dengan desain yang kompak dan kemudahannya, hatchback mampu menjadi magnet kuat setiap orang. Hampir semua pabrikan punya hatchback andalan, tidak terkecuali Ford. Pabrikan asal Amerika ini terbilang sukses dalam melahirkan beberapa model, SUV hingga yang populer adalah hatchback. Ford Focus namanya, mobil ini diproduksi sejak tahun 1998, maka tidak heran ketenarannya bukan hanya di Amerika saja, melainkan juga Asia.

1. PENGANTAR FORD FOCUS RS 2018

Review Ford Focus RS 2018 - Mengenai kabar terbaru muncul di awal tahun 2016, dimana dalam ajang Frankfut Motor Show, Ford Focus RS meluncur untuk pertama kali. Dipeluncuran perdananya, Ford dibuat kaget, pasalnya respon pasar begitu antusias, Ford Focus RS langsung laku dipesan hingga 1.500 unit. Keunikan desain, teknologi dan juga inovasi sudah mendarah daging di Ford Focus RS, hingga menjadi suatu ciri khas hingga saat ini. Dulu di peluncuran perdana hanya memiliki beberapa varian warna, kini di tahun 2018, Ford sudah mengabulkan respon pasar atas permintaannya. Kini Ford Focus RS 2018 mendapat penampilan baru terutama dari pilihan warna Race Red yang sangat keren serta memacu adrenalin. Sekarang Mobilmo.com akan mereview lebih lengkap lagi mengenai Ford Focus RS 2018.

2. EKSTERIOR FORD FOCUS RS 2018

Perubahan total ada pada sisi eksteriornya, namun tetap menampilkan beberapa keturunan dari Ford Focus RS yang pertama. Penampilan eksteriornya kini lebih macho dengan beragam aksen hitam dan dialiri dengan banyaknya emblem RS. Ford Focus RS 2018 bisa menjadi salah satu pilihan terbarik bagi Anda yang mencari hatchback perkotaan dengan keunggulan dari eksterior dan juga tenaga yang mempuni.

Review Ford Focus RS 2018: Eksterior Depan

Ford Focus RS 2018 Mendapat Grill Besar Berwarna Hitam

Grill berbatang besar dengan emblem RS disisi kanan

Jauh lebih garang dan sporty, tampilan depannya membuat siapapun terkagum. Pertama lampu sipitnya yang menatap tajam, lampu utama ini menggunakan lampu High-Intensity discharge (HID) dengan lampu ini pencahayaan ke depan akan lebih maksimal, HID pada Ford Focus RS 2018 ini juga dilengkapi dengan fitur Autolamp (automatic on/off). Grill batang hitam besar dengan emblem RS disisi kanan menegaskan bahwa ini adalah varian ekslusif. Desain aerodinamis dari grill sporty ini membuat penampilannya menjadi lebih garang. LED signature light juga dilengkapi dengan Daytime Running Light, selain itu sebagai fitur standar fog lamp vertical menguatkan citra elegan dan sportynya.

Review Ford Focus RS 2018: Eksterior Samping

Ford Focus RS 2018 Desain Samping Begitu Aerodinamis

Bodi samping begitu aerodinamis dengan aksen warna hitam disekujur kacanya

Warna bodi samping kami nilai lebih cerah, dibalik itu aksen hitam tetap menyelimuti sisi kaca samping, spion hingga peleknya. Handle disamakan dengan warna bodi mobil, kaca spion elektrik dilengkapi dengan turning signal lamp. Lekukan dan siluet bodi tidak begitu dalam, hanya terlihat tipis, namun tetap menampilkan kesan aerodinamis Ford Focus RS 2018. Pelek memiliki desain jaring-jaring, desainnya sangat menarik dengan ukuran besar yaitu 19 inci.

Review Ford Focus RS 2018: Eksterior Belakang

Ford Focus RS 2018 Mendapat Rear Spoiler Besar

Rear spoiler dan dua knalpot dibelakang mengukuhkan bahwa Focus RS 2018 berbeda dan sangat menggiurkan

Bergerak ke belakangnya, Ford Focus RS 2018 masih terlihat sporty dengan beberapa detailnya. Rear spoiler sangat besar seperti menyerupai sayap pada hypercar dan mobil balap F1. Rear spoiler dibekali dengan high mount stop lamp, sektor lampu belakang mendapat desain melebar hingga kesamping. Emblem RS juga tetap ada di sisi kanan pintu bagasi. Windshield wiper hitam menyatu dengan  warna hitamnya kaca belakang. Dua knalpot bulat berlapis krom ditampilkan, sejajar dengan underguard warna hitam sporty.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR FORD FOCUS RS 2018

Review Ford Focus RS 2018: Dashboard

Ford Focus RS 2018 Mendapat Dashboar Hitam Yang Elegan

Dashboard Ford Focus RS 2018 di dominasi dengan warna gelap

Interior dari Ford Focus RS 2018 sedikit berbeda dari varian biasa. Tidak hanya warna hitam saja yang mendominasi melainkan ada beberapa list silver dibeberapa titiknya. Lekukan maskulin ada pada bagian dashboard atasnya terutama dibagian speedometer dan jauh lebih berisi di bagian tengah.

Review Ford Focus RS 2018: Kursi

Selain pas dibadan, kursi dari Ford Focus RS 2018 ini juga terbilang sangat keren. Kursinya dengan warna abu-abu gelap diberikan list jahitan warna biru, di baris pertama terasa pas dengan punggung karena kursi merupakan semi bucket. Soal headroom dan legroom tidak ada masalah, pasalnya ruang kabin sama sekali tidak sempit, persis dengan versi Focus sedan. Kursi RECARO Full Leather with Miko – dinamica Inserts and RS logo, ada pengaturan kursi elektrik 6 arah khusus pengemudi, serta fitur pemanas.

Review Ford Focus RS 2018: Setir

Ford Focus RS 2018 Dengan Setir Tiga Palang Yang Keren

Desain setir masih sama dengan varian Sedannya hanya berbeda pada emblem RS di tengah kemudi

Khawatir dengan posisi mengemudi? Tidak akan terjadi ketika mengendarai Ford Focus RS 2018, karena setirnya sudah Tilt & Telescopic. Material kemudi kulit ditambah dengan jahitan pada sisi tengahnnya, lupakan setir hanya berdasarkan fungsi utmanya saja, kini Ford Focus RS 2018 memiliki beberapa tombol fungsional disisi kanan dan kiri. Sebelah kiri merupakan tombol untuk pengaturan audio, bagian kanan untuk telepon serta kiri bawah pengaturan cruise control untuk membawa mobil pada kecepatan konstan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR FORD FOCUS RS 2018

Review Ford Focus RS 2018: Fitur Entertaimnent

Sempat tadi disinggung sedikit fitur multimedia yang padat disisi tengah, ada fitur entertainment berukuran 8 inci LCD touchscreen dengan Swipe Capability. Adapun Sony Branded Audio System dengan 10 speaker dan satu CD player. Fitur standar HD Radio, SiriusXM Radio dan juga ada dua smart charging USB ports.

Review Ford Focus RS 2018: Fitur Keselamatan

Sejak dulu fitur keselamatan sudah menjadi focus dari pabrikan mobil asal Eropa dan juga Amerika. Beberapa fitur keselamatan pada Ford Focus RS 2018 adalah Dual-Stage front airbag, Front-seat side-impact airbags, Seatbelt reminder, Personal Safety System, Child –Safety Rear Door Locks, Advance Trac with Electronic Stability Control (ESC), Rear View Camera, dan juga Tire Pressure Monitoring System. Selain itu ada fitur keamanan seperti Remote Keyless Entry, SecureLock Passive Anti-Theft System, dan Perimeter Alarm.

>>> Klik sini untuk simak harga dan promosi mobil lainnya

5. OPERASI FORD FOCUS RS 2018

Ford Focus RS 2018 Dengan Jantung Pacu Paling Besar

Mesin paling besar dari varian Ford Focus lainnya

Kini kita bahas dari sisi jantung pacunya, Ford Focus RS 2018 dibekali dengan mesin 2.3L EcoBoost. Tenaga yang dapat dihasilkan sebesar 350 hp pada 600 rpm. Selain tenaga yang besar Ford Focus RS 2018 juga memiliki torsi juara yaitu 350 lb.ft pada 3200 rpm. Rasio kompresi pada mesinnya adalah 9.37:1. Tenaga mesin itu disalurkan ke mobil melalui transmisi 6-speed manual.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca tulisan review mobil Ford lainnya

6. SPESIFIKASI FORD FOCUS RS 2018

Dibawah ini adalah table spesifikasi Ford Focus RS 2018.

Dimensi Ford Focus RS 2018

Panjang x Lebar x Tinggi

4.390 mm x 1.823 mm 1.472 mm

Wheelbase

2.648 mm

Berat

1.574 kg

Mesin Ford Focus RS 2018

Tipe Mesin

2.3L EcoBoost

Tenaga Maksimal

350 hp / 6000 rpm

Torsi Maksimal

350 lb.ft / 3200 rpm

Transmisi

6-speed manual

Penggerak

All Wheel Drive

Chassis Ford Focus RS 2018

Susensi Depan

Independent MacPherson struts with Reverse-L lower control arms

Suspensi Belakang

Independent short-and-long arm (SLA) with one upper and two lower control arms

Steering

Electric Power Assist rack-and-pinion streering (EPAS)

Pelek

Premium Painted Forged Aluminum with blue RS center cap logo and Michelin Super Sport

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN FORD FOCUS RS 2018

Sudah kami siapkan kelebihan dan juga kekurangan dari Ford Focus RS 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Perbedaan lebih sporty dari versi sedannya

Varian RS belum begitu populer seperti rivalnya

Mesin jauh lebih bertenaga

 

Fitur keselamatan dan entertaiment lebih baik dan lengkap

 

8. DAFTAR HARGA FORD FOCUS RS 2018

Berikut ini adalah harga untuk varian Ford Focus RS 2018.

Varian

Harga Ford Focus RS 2018

Ford Focus RS

Rp 418.000.000

9. VIDEO FORD FOCUS RS 2018

10. KESIMPULAN FORD FOCUS RS 2018

Ford Focus RS menjadi salah satu pilihan dikala publik tanah air bosan dengan beberapa varian sporty lainnya. Sebut saja varian RS dari Jazz, Ford Focus RS 2018 bisa membuat pasar Jazz RS tergerus, pasalnya pabrikan asal Amerika ini memiliki banyak sekali keunggulan, mulai dari fitur entertaiment, teknologi dan juga menggunakan mesin yang sangat bertenaga.

>>> Anda mau membeli mobil namun sedang bingung tidak tahu pilih mobil apa? Klik sini untuk simak beberapa tulisan review kami

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda Amaze 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    10/07/2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    08/07/2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    04/07/2019

    Kabar baik yang datang dari pihak Mitsubishi, yang mana mobil terbarunya New Triton 2019 baru saja dihadirkan di Indonesia pada tanggal 2 Juli 2019. Tentunya hal ini membuat para konsumen dan masyarakat yang menantikannya merasa bahagia dan ingin segera melihatnya secara langsung. Untuk mengurangi sedikit rasa penasaran sobat semua, kali ini kami berikan informasi tentang Review Mitsubishi New Triton 2019.