Menarik, Ini Strategi Daihatsu Tetap Jadi Merek Mobil Terlaris Kedua Di Indonesia

13/01/2020 | Abdul

Sebenarnya pada tahun 2019 distribusi kendaraan bermotor tidak mencapai harapan sesuai keinginan. Bahkan sampai pada bulan November baru mencapai 900 ribuan unit saja. Padahal di tahun sebelumnya, mobil Daihatsu yang dikirim ke diler dari pabrik lebih dari satu juta dalam kurun waktu 12 bulan. Menariknya adalah Daihatsu bisa bertahan menjadi merek mobil terlaris kedua di Indonesia.

Gambar ini menunjukkan logo Daihatsu di sebuah diler

Daihatsu miliki strategi untuk tetap menjadi merek mobil terlaris kedua

>>> Baca Juga, Menjadi Runner Up, Daihatsu Dukung Penuh Penjualan Toyota

Tentunya hal tersebut akan membuat banyak orang penasaran. Meskipun penjualannya kadang menurun dan kadang juga naik tapi posisi kedua tetap disabetnya. Bahkan telah 10 tahun Agen Pemegang Merek Daihatsu  menempati posisi kedua. Sementara tahun lalu menjadi yang ke 11 sehingga menghasilkan salah satu prestasi yang terbilang luar biasa.

Terdapat 3 model yang ikut berkontribusi pada penjualan mobil Daihatsu di Tanah Air meliputi Daihatsu Gran Max, Sigra dan Xenia. Ketiga model tersebut menempati porsi terbesar dalam penjualan mobil Daihatsu secara bergantian. Namun kunci sukses Daihatsu menjadi merek mobil terlaris kedua di Indonesia tidak hanya itu saja.

"Sejak Sigra diluncurkan pada 2017, maka dia langsung jadi kontributor utama kami. Gran Max yang nomor dua, dan Xenia yang nomor tiga," kata Hendrayadi Lastiyoso Selaku  Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) saat berada  di Jakarta pada Kamis, 9 Januari 2020.

Dari pihak Hendrayadi juga menjelaskan, bahwasanya untuk kunci kesuksesannya tetap berada di posisi kedua adalah dengan melakukan perluasan dalam pelayanan dan penjualan yang ditujukan untuk para konsumen dan calon konsumen.

“Tetap membangun outlet, agar kami bisa memperluas coverage sales maupun layanan purna jual,” tuturnya.

Selain itu, strategi lainnya adalah berkaitan dengan harga yang diberikan pada produknya. Hendrayadi kembali memberikan tambahan, bahwasanya sebagian besar para pembeli melakukan pembelian dengan menggunakan sistem kredit.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Xenia warna putih tampak belakang

3 model yang memperkuat penjualan mobil Daihatsu

“75 persen pola pembeliannya secara kredit. Yang paling penting adalah, kami bisa mengeluarkan paket-paket kredit yang pas, sesuai segmennya masing-masing. Kerja sama dengan leasing. Paket-paket kredit ini kelihatannya sepintas itu hal biasa, tapi itu kunci pentingnya. Itu sumber utama kami dalam penjualan,” tuturnya.

Itulah strategi pihak Daihatsu tetap menjadi merek mobil terlaris kedua di Indonesia yang bikin penasaran banyak orang.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik