Waspada, Bau Pada Mobil Yang Beresiko Tinggi Untuk Kendaraan

15/04/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Bau di dalam Mobil tidak boleh diremehkan, karena bisa saja terdapat tanda yang dapat membuat kerusakan parah terjadi. Meskipun perawatan dilakukan secara berkala, namun bukan tidak mungkin adanya masalah secara tiba-tiba yang perlu segera dilakukan penanganan.

Bau di dalam Mobil tidak boleh diremehkan, karena bisa saja terdapat tanda yang dapat membuat kerusakan parah terjadi. Meskipun perawatan dilakukan secara berkala, namun bukan tidak mungkin adanya masalah secara tiba-tiba yang perlu segera dilakukan penanganan. Salah satu hal yang dapat menjadi tanda adalah bau pada Mobil.

Munculnya bau pada Mobil yang tidak wajar bisa jadi merupakan akar permasalahan yang bisa berubah lebih besar. Oleh sebab itu sangat diperlukan pengetahuan supaya bisa dengan cepat melakukan penanganan. Munculnya bau di dalam Mobil bisa juga menjadi tanda bahwa ada komponen yang rusak atau bermasalah.

Jangan anggap sepele bau yang muncul pada Mobil

Berikut ini beberapa macam bau pada Mobil yang perlu diwaspadai dan segera dilakukan penanganan.
  1. Bau telur busuk

Saat muncul bau telur busuk Anda perlu berwaspada. Bau ini bisa merupakan tanda bahwa terdapat kerusakan pada bagian konverter katalis. Biasanya kerusakan tersebut dikarenakan kekurangan hidrogen sulfida. Dengan begitu harus segera dilakukan pengecekan pada bagian mesin, apakah ada masalah serius atau tidak.

  1. Bau karpet terbakar

Bau yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah bau karpet terbakar. Jadi bau yang menyengat pada kendaraan bisa menjadi awal dari masalah buruk pada kendaraan. Jika muncul bau tersebut dari sistem pengereman, maka perlu kewaspadaan lebih. Bisa saja terdapat kebocoran pada bagian silinder utama. Resikonya adalah terjadi masalah pada rem Mobil dan tentunya sangat berbahaya. Jadi ketika Anda mencium bau seperti karpet terbakar pada sistem pengereman segera dilakukan pengecekan di bengkel terdekat dan jangan memaksakan untuk membawanya berjalan jarak jauh.

Bau pada Mobil bisa menjadi tanda terdapat kerusakan pada beberapa komponen

>>> Baca juga, Tips Mengecek Ac Mobil Saat Muncul Bunyi Yang Mengganggu
  1. Bau Karet Terbakar

Bau yang muncul pada kendaraan bisa saja mengganggu pengemudi dan rasa penasaran datang apakah ada masalah pada kendaraannya. Salah satu bau pada Mobil yang perlu diwaspadai adalah seperti karet terbakar. Bisa saja hal tersebut timbul dikarenakan sabuk mesin selip atau terdapatnya komponen selang yang sudah longgar. Jika begitu maka akan terjadi pergesekan denganĀ  putaran katrol dan juga aksesori mesin Mobil. bila hal tersebut terjadi maka tekanan yang dilakukan oleh sabuk tidak akan merata sehingga bisa menjadi pecah atau pelat pada sabuk hilang. Biasanya masalah ini terjadi pada Mobil tua atau sudah berumur. Jika mencium bau tersebut sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dan pengecekan.

  1. Bau Bensin

Bau pada Mobil yang perlu diwaspadai adalah bau bensin. Jika muncul pada Mobil Anda sebaiknya ekstra waspada. Mengingat bensin merupakan bahan bakar pada Mobil yang mudah sekali terbakar. Biasanya bau akan muncul jika terjadi kebocoran pada tangki bahan bakar. Selain itu bisa juga kebocoran terjadi pada selang penyalur bahan bakar atau komponen lain yang berhubungan.

Apabila dirasa bau bensin muncul semerbak dan mengganggu, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah ada kebocoran atau tidak. Karena kebocoran bahan bakar bisa menyebabkan mesin Mobil cepat aus dan yang paling parah adalah Mobil terbakar.

Jika terjadi masalah segeralah dilakukan perbqaikan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya
  1. Bau sirup

Bau sirup yang muncul pada Mobil bukan berarti ada penumpang membawa minuman. Akan tetapi bau tersebut bisa pertanda bahwa terdapat masalah pada sistem pendingin mesin Mobil. jika Anda mencium bau sirup saat berkendara sebaiknya segera melakukan pemeriksaan pada radiator atau sistem pendingin mesin Mobil. biasanya terdapat tetesen air radiator sehingga menimbulkan bau tersebut. Jika benar terdapat kebocoran segera dilakukan pemeriksaan supaya Mobil dapat bekerja dengan prima.

Dengan mengetahui bau yang muncul pada Mobil yang perlu diwaspadai, maka Anda tidak perlu bingung jika mencium salah satu bau di atas. Dengan begitu Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan pemeriksaan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang waspada bau pada Mobil. semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.