Isi BBM Di Malam Hari Lebih Bagus, Mitos Atau Fakta?

22/04/2020| Abdul

Dalam dunia otomotif tidak luput dari mitos-mitos yang banyak beredar, salah satunya dalam pengisian bahan bakar. Mitos yang beredar seperti isi BBM di malam hari lebih bagus dibandingkan dengan pagi ataupun siang hari. Apakah hal tersebut benar?

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melakukan pengisian bahan bakar di malam hari

Ada mitos mengisi bahan bakar malam hari lebih bagus

>>> Baca Juga, Program Pertamina Delivery Service, Layanan Antar Sampai Rumah Konsumen

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari laman iNews pada 20/4/2020, Indra Pratama selaku Commercial Retail Fuel PT Pertamina ikut angkat bicara. Pihak Indra menyebutkan, bahwasanya untuk waktu dalam pengisian bahan bakar seperti siang atau malam hari tidak mempunyai pengaruh terhadap kuantitas dan juga kualitas BBM yang masuk tangki pada kendaraan.

"Ini mungkin lebih pada soal kebiasaan. Karena malam hari suhunya lebih rendah, jadi bensin tidak gampang menguap," ujar Indra

Informasi mengenai isi BBM di malam hari juga diungkapkan oleh Arya Dwi Paramita selaku Eksternal Communication Manager Pertamina yang senada dengan ungkapan Indra. Jadi untuk pengisian bahan bakar tidak ada waktu yang dikhususkan baik pada malam hari maupun di siang hari. Hanya saja saat melakukan pengisian bahan bakar di malam hari pemilik kendaraan tidak perlu repot untuk mengantri, itu yang menjadi pembeda.

Dari pihak Arya juga menjelaskan, bahwasanya untuk pengisian bahan bakar baik itu pagi ataupun siang hari diharapkan untuk melakukan  pengisian di SPBU yang mempunyai standar Pertamina dengan memakai kode depan 34 atau 31.

Pihaknya Arya juga memberikan saran supaya dalam pengisian bahan bakar tidak dilakukan di sembarang tempat oleh pemilik kendaraan seperti BBM yang dijual eceran di dalam botol dengan kondisi terpapar sinar matahari.

"Kita kan enggak pernah tahu kualitas dan takarannya pas atau tidak. Apalagi bensin tersebut mungkin saja sudah tersimpan lama dan tercampur zat-zat lain. Jadi sebaiknya isilah BBM di SPBU," ujar Arya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat untuk mengisi bahan bakar

Disarankan mengisi bahan bakar di SPBU

Berdasarkan informasi di atas bisa disimpulkan, bahwa isi BBM di malam hari dengan siang hari soal kualitas dan kuantitas sama saja. Jadi informasi mengenai lebih baik isi bahan bakar di malam hari hanya mitos belaka. Ditambah lagi bagi penjual bahan bakar eceran sebaiknya memperhatikan tempat menaruh bahan bakar yang dijual, letakkan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari. Apalagi saat ini sudah banyak menggunakan pom mini yang mirip milik SPBU, itu lebih aman.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Untuk Tingkatkan Pelayanan, 2 Dealer Baru Dihadirkan Distributor Jeep Indonesia

    25/01/2021| Abdul

    Untuk Tingkatkan Pelayanan, 2 Dealer Baru Dihadirkan Distributor Jeep Indonesia

    Distributor Jeep Indonesia menghadirkan 2 diler baru untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya. Untuk diler barunya tersebut meliputi Nusantara Jeep Bintaro dan JHL Auto. Bagi para pemilik yang masih mempunyai warranty aktif bisa datang langsung.

  • Mobil Baru Wajib Ada APAR, Berapa Sih Harga Apar Di Pasaran Jika Ingin Beli?

    22/01/2021| Abdul

    Mobil Baru Wajib Ada APAR, Berapa Sih Harga Apar Di Pasaran Jika Ingin Beli?

    Harga APAR mahalnya pada pertama saja karena perlu membeli tabungnya. Namun setelah memilikinya tinggal melakukan pengisian saja. Untuk 1 kg APAR dihargai Rp. 350 ribuan dan Rp. 2 jutaan untuk ukuran 9 kg. Bagi mobil yang belum ada bisa melakukan pembelian. Dengan adanya APAR maka saat ada kebakaran pada mobil yang masih kecil baik pada mobil yang ditunggangi atau mobil lain dapat dipadamkan sehingga tidak membesar.

  • Punya Strategi Khusus, BMW Astra Membuka Diler Di Kota Malang

    21/01/2021| Abdul

    Punya Strategi Khusus, BMW Astra Membuka Diler Di Kota Malang

    Kota Malang menjadi tempat BMW Astra membuka diler. Di mana sebelumnya hanya berada di Kota Surabaya, kini targetnya telah merambah ke Jawa Timur. Pihaknya mempunyai strategi khusus dalam meningkatkan penjualan di sana. Bahkan selama pandemi melanda penurunannya hanya 10% saja.

International